Mengenal Jenis Format Instagram Ads

Saat ini, Instagram sudah menjadi social media favorit di seluruh dunia. Dan ini bukan omong kosong saja. Buktinya, data dari We Are Social per Oktober 2019 pengguna Instagram aktif di dunia telah mencapai 1 miliar. Masih dari data yang sama, per Januari 2019 pengguna Instagram aktif di Indonesia per bulannya mencapai 80% dari total pengguna social media yang sudah mencapai 150 juta. Dengan kata lain, di Indonesia ada 120 juta pengguna aktif Instagram. 

Formatnya yang mengutamakan tampilan visual serta fitur-fitur yang mampu menghasilkan user engagement tinggi membuat Instagram sudah sangat layak digunakan sebagai advertisement tools. Apalagi Instagram juga menyediakan layanan untuk memasang iklan yang bernama Instagram Ads. Ada banyak bisnis yang menggunakan layanan Instagram Ads seperti bisnis fashion, e-commerce, entertainment, fast moving consumer goods (FMCG), otomotif dan sebagainya. Pihak Instagram sendiri mengungkapkan bahwa Instagram Ads dapat membantu meningkatkan brand awareness suatu produk atau layanan.

Baca juga Mengapa Harus Berinvestasi pada Instagram Ads?

Mungkin Anda juga salah satu pengguna yang pernah terpapar oleh Instagram Ads. Nah, bila Anda perhatikan ada Instagram Ads yang muncul di feeds atau stories. Ya, Instagram Ads memang memiliki beberapa pilihan format ads yang dapat menjadi pilihan sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Semuanya memang menggunakan konten visual berupa foto maupun video, namun tampilannya bermacam-macam. Apa saja? Simak berikut ini. 

 

Jenis Format Instagram Ads

Photo Ads

 

Sesuai dengan namanya, jenis Instagram Ads ini berupa foto dalam format persegi atau landscape. Iklan foto merupakan Instagram Ads yang paling sederhana. Jika Anda memilih jenis Ads ini, Anda hanya membutuhkan satu foto saja untuk dipasang dan caption untuk memberikan foto tersebut keterangan yang lebih lanjut.

Anda bisa mempergunakan format ini baik untuk feeds atau stories Anda. Anda juga bisa memasukkan call-to-action (CTA) atau link yang mengarah ke halaman website yang diinginkan, seperti “Shop Now”, “Install Now”, “Sign Up”.

Carousel Ads

 

source: marketingland

Dengan tipe Instagram Ads ini, Anda bisa menggunakan 2 hingga 10 gambar dan atau video sekaligus. Carousel memberikan Anda pilihan untuk bisa membuat kombinasi iklan berupa video dan gambar secara sekaligus. Menarik kan? Carousel Ads biasanya digunakan oleh bisnis untuk menampilkan pilihan produk mereka atau untuk menampilkan visual art sebuah produk video game atau bisa juga untuk brand fashion yang menampilkan katalog koleksi.

Untuk membuat Carousel Ads, pastikan Anda membuatnya sekreatif mungkin. Tampilkan cerita antara gambar yang satu dengan gambar selanjutnya atau tampilkan produk yang diiklankan dengan menggunakan berbagai gambar atau video. Jenis Instagram Ads ini bisa dikatakan sangat bermanfaat karena tidak hanya untuk sekedar mengiklankan, namun juga berpotensi untuk mendapatkan calon customer. Melalui Carousel Ads ini, pelanggan bisa mendapatkan informasi lebih banyak dari sejumlah konten di yang berada pada Ads ini.

 

Video Ads

 

Jika foto atau carousel Anda rasa tidak mampu mencukupi, Anda bisa menggunakan video Ads. Dengan video ads ini Anda menceritakan bisnis dengan audio dan visual. Video ads ini memungkinkan Anda untuk menarik perhatian audiens lebih banyak. Dulu durasi untuk melakukan Video Ads hanya sampai 15 detik, namun sekarang batas maksimal video bisa sampai 60 detik. Format video yang dipakai bisa berupa persegi atau landscape, sama seperti Photo Ads. Seperti halnya tipe carousel ads dan photo ads, video ads ini juga harus dibuat sekreatif mungkin untuk menarik perhatian audiens. 

Story Ads

 

 

Instagram Ads satu ini dikenal dengan sebutan Stories Ads. Berbeda dengan 3 jenis ads sebelumnya yang selalu tampil di beranda Instagram, Stories Ads tampil dalam sederetan Instastory pengguna. Iklan muncul saat pengguna sedang melihat Instastory akun-akun yang di follow, dan biasanya muncul disaat Anda sedang melakukan perpindahan Instastory dari akun satu ke akun yang lainnya. Mengenai format yang dipakai, Stories Ads bisa dalam bentuk gambar atau video. Seperti sudah dibahas diatas, Anda juga bisa menambahkan call-to-action pada Stories Ads tersebut dengan cara swipe up pada iklan tersebut.

Instagram Collection Ads

 

 

Instagram Collection Ads dibuat untuk memudahkan orang menemukan, menelusuri, dan membeli produk dan layanan dari gawai mereka! Oleh sebab itu, setiap collection ads akan menampilkan video atau gambar utama dengan tiga gambar kecil yang menyertainya di bawah dengan tata letak mirip grid. Saat calon konsumen tap collection ads, mereka akan mengalami “instant experience” melalui smartphone di mana mereka dapat berinteraksi dengan produk atau branded content secara langsung. 

Apa yang membuat collection ads sangat efektif adalah mereka membiarkan orang melakukan konversi dari hanya sekedar mencari lalu berlanjut ke pembelian dengan cara yang benar-benar mulus dan mendalam. Konsumen cukup tap collection ads untuk menelusuri produk dan branded content Anda, tanpa meninggalkan Instagram.

Namun, untuk dapat melakukan ini, brand harus memiliki ecommerce atau mengupload seluruh catalog mereka di Facebook Shop/Facebook Page brand.

Instagram Explore Ads

Sesuai namanya, iklan jenis ini muncul pada halaman explore. Dan halaman ini merupakan salah satu tempat terbaik bagi para pengguna untuk berpetualang, belanja, dan berinteraksi dengan orang, bisnis, maupun kreator. Ada lebih dari 50 persen akun di Instagram yang menggunakan explore feeds setiap bulan, karena disinilah tempat yang mereka tuju saat ingin melihat foto dan video yang terkait dengan minat mereka dan diposting oleh akun yang mungkin belum mereka ikuti. Hal menarik lainnya adalah adanya explore dapat membantu mereka menemukan bisnis atau produk baru yang mungkin mereka sukai. Oleh sebab itu, beriklan pada halaman explore juga menjadi satu cara untuk meningkatkan brand awareness.

Secara keseluruhan, jenis-jenis ads yang ingin digunakan dapat ditentukan berdasarkan kampanye yang ingin Anda jalankan dan apa yang ingin Anda sampaikan kepada target. Apakah ingin menarik perhatian konsumen dengan menyuguhkan cerita unik dibalik bisnis atau ingin mereka sadar akan tawaran menarik yang Anda buat. Ingin tahu cara membuat Instagram Ads yang menarik? Subscribe blog ChubbyRawit agar tak terlewat artikel selanjutnya dan berbagai informasi seputar social media management, digital marketing, paid ads serta branding yang terbaru.