Panduan Mudah Mengaktifkan Fitur Instagram Shopping

instagram-editorial-calendar

instagram-shopping

Pada artikel sebelumnya kami telah membahas tentang keberadaan fitur Instagram Shopping dan manfaatnya bagi bisnis. Nah kali ini, kami akan memberikan panduan untuk melakukan set up Instagram Shopping. 

Syarat yang Harus Dipenuhi Untuk Menggunakan Fitur Instagram Shopping

Untuk dapat menggunakan fitur Instagram Shopping, ada beberapa hal yang harus dipastikan bahwa bisnis Anda memenuhi persyaratan yang telah ditentukan Instagram. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Akun Instagram merupakan akun bisnis.
  2. Bisnis Anda mematuhi PERJANJIAN PELAPAK dan KEBIJAKAN PERDAGANGAN Instagram.
  3. Bisnis Anda memiliki produk yang memenuhi syarat, yaitu harus produk fisik.
  4. Akun Instagram Anda harus terhubung dengan Facebook Page bisnis Anda.
  5. Terhubung dengan katalog produk di Facebook. Anda dapat membuat katalog baru atau menghubungkannya katalog yang sudah ada. 

Setelah memastikan Anda telah memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Instagram, berikutnya adalah melakukan serangkaian langkah set up untuk mengaktifkan Instagram Shopping. Simak langkahnya berikut ini:

1. Konfirmasi Kelayakan

Jika bisnis Anda sudah memenuhi semua syarat yang telah ditentukan Instagram, Anda bisa menyiapkan Instagram Shopping.

2. Beralih Ke Akun Bisnis atau Kreator

Jika akun brand belum menjadi akun bisnis, ubah menjadi akun bisnis terlebih dahulu. Setelah memiliki akun bisnis, Anda bisa menambahkan informasi bisnis yang relevan, seperti jam buka toko, alamat bisnis, nomor telepon, dan tautan ke website Anda. 

3. Hubungkan ke Halaman Facebook

Ikuti langkah-langkah berikut untuk menautkan akun bisnis Instagram Anda ke halaman Facebook:

  1. Buka profil Instagram bisnis.
  2. Pilih “Edit Profil”.
  3. Di bagian “Informasi Bisnis Publik”, pilih “Halaman”.
  4. Pilih Halaman Facebook dari Halaman Anda yang akan dihubungkan.
  5. Jika Anda tidak memiliki Halaman Facebook, pilih “Buat Halaman Facebook Baru”.

Catatan: Hanya diperlukan Halaman Facebook, bukan Toko Halaman Facebook.

4. Upload Katalog Produk

Instagram Shopping didukung oleh katalog produk Anda. Ada dua cara untuk menghubungkan katalog produk ke akun Instagram Business Anda, yaitu dengan Pengelola Katalog atau Partner Platform E-Commerce:

  • Pengelola Katalog

Merupakan metode “mandiri” yang tersedia di Pengelola Bisnis Facebook.

  • Partner Platform E-Commerce

Merupakan integrasi melalui salah satu partner platform e-commerce Instagram yang telah bersertifikasi, seperti Shopify atau BigCommerce.

Baca Juga: Mengenal Website e-Commerce dan Manfaatnya untuk Bisnis Anda

5. Peninjauan Akun

Setelah menghubungkan katalog produk ke Instagram dan katalog sudah berisi produk, ajukan peninjauan akun Anda dengan mengikuti langkah-langkah berikut. Peninjauan akun biasanya memerlukan waktu beberapa hari, tetapi terkadang lebih lama.

  1. Buka profil Instagram bisnis Anda.
  2. Pilih “Pengaturan”.
  3. Daftar untuk shopping.
  4. Ikuti langkah-langkah untuk mengajukan peninjauan akun Anda.
  5. Buka “Belanja” di “Pengaturan” kapan saja untuk melihat status Anda.

Beberapa pelaku bisnis mungkin mendapatkan notifikasi bahwa diperlukan informasi tambahan untuk membuktikan kepemilikan domain website Anda. Jika Anda menerima notifikasi tersebut, ikuti langkah-langkahnya untuk menyelesaikan proses verifikasi domain agar bisa mengajukan peninjauan akun.

6. Aktifkan Fitur Belanja (Shop)

Setelah akun disetujui, Anda bisa mengaktifkan fitur Belanja. Jika fitur Belanja tidak muncul di Pengaturan, akun Anda mungkin masih dalam proses peninjauan atau belum disetujui untuk Instagram Shopping. Berikut ini cara untuk mengaktifkan fitur belanja :

  1. Buka profil Instagram bisnis Anda, lalu ketuk 
  2. Pilih “Pengaturan”
  3. Ketuk “Bisnis”, lalu ketuk “Belanja”
  4. Pilih “Katalog Produk” yang ingin Anda hubungkan ke akun.
  5. Pilih “Selesai”

7. Mulai Sematkan Label

Setelah fitur Belanja diaktifkan, Anda bisa menggunakan Label Belanja untuk menyoroti produk-produk di foto dan video yang ditampilkan di Beranda dan Cerita.

8. Label Belanja di Postingan

Untuk melabeli produk di postingan Instagram, mulai dengan mengunggah foto seperti biasanya, lalu ikuti petunjuk di bawah ini sebelum memposting:

  1. Ketuk “Tambahkan Foto”
  2. Tambahkan keterangan
  3. Ketuk “Labeli Produk”
  4. Ketuk foto
  5. Cari produk
  6. Pilih produk
  7. Ketuk “Selesai”
  8. Ketuk “Bagikan”

9. Stiker Belanja di Instagram Stories

Setelah memilih gambar untuk ditampilkan di Stories, ikuti petunjuk dibawah ini sebelum memposting:

  1. Ketuk ikon stiker di sudut kanan atas.
  2. Pilih stiker produk dari baki stiker.
  3. Pilih produk dari katalog yang ingin Anda tampilkan.
  4. Pindahkan stiker produk ke tempat yang Anda inginkan untuk ditampilkan di cerita Anda.
  5. Ubah warna teks stiker produk dengan mengetuk stiker tersebut.
  6. Bagikan cerita Anda.

10. Instagram Shopping dan Instagram Checkout

Untuk bisnis, postingan Instagram yang shoppable adalah cara yang bagus untuk menampilkan produk secara visual dan mendorong lebih banyak penjualan. Jika Instagram Shopping memudahkan pengguna menemukan produk – produk favorit mereka dengan akses cepat lalu menyimpannya ke wishlist, Instagram Checkout memungkinkan pengguna membeli produk dari merek langsung di Instagram – tanpa meninggalkan aplikasi Instagram. Dengan Instagram Checkout, pelanggan dapat mengetuk untuk melihat produk dari postingan yang shoppable dan kemudian melanjutkan ke proses pembayaran, semuanya di dalam Instagram! Yang harus mereka lakukan adalah memasukkan nama, email, informasi penagihan, dan alamat pengiriman saat pertama kali mereka check out

instagram-shopping-checkout

Kemampuan untuk mengarahkan audiens dari fase pencarian hingga keputusan membeli hanya dalam beberapa klik saja dapat berdampak besar pada rasio konversi Anda karena mampu menciptakan pengalaman yang mudah dan singkat bagi pelanggan. Selain itu, pengguna awal Instagram Checkout dapat memanfaatkan semua peluang eksposur ekstra dalam aplikasi Instagram. Tapi sayangnya, saat ini fitur Instagram Checkout masih dalam versi beta tertutup, hanya terhubung dengan bisnis yang dipilih, dan hanya tersedia di Amerika Serikat. 

Berbeda dengan Amerika Serikat, fitur Instagram Checkout di Indonesia baru bisa memfasilitasi para pemilik brand dengan menghubungkan produk berlabel ke website online store yang dipilih. Tentu saja hal ini bisa memiliki dampak positif pada meningkatnya traffic dan leads pada website atau online store brand Anda. 

Begitulah panduan singkat untuk melakukan set up Instagram Shopping. Hadirnya fitur terbaru ini pastinya akan sangat membantu brand untuk memaksimalkan penjualan produk dengan Instagram. Tertarik untuk mencoba? 

Atau Anda merasa ragu dan bingung untuk melakukan set up fitur terbaru dari Instagram ini?  No worries, ada ChubbyRawit – digital marketing agency di Jakarta yang akan selalu siap menjadi partner Anda dalam membantu dan mengatasi kebingungan atas permasalahan Anda. Konsultasikan kepada kami permasalahan, ide maupun kebutuhan bisnis Anda kepada kami, kami siap memberikan solusi terbaik bagi bisnis Anda.