social media
Posted in

Mengenal Instagram Metrics untuk Meraih Followers dan Engagement

Mengenal Instagram Metrics untuk Meraih Followers dan Engagement

Bicara tentang mengembangkan bisnis Anda di Instagram, berarti dibutuhkan pemahaman metrik Instagram untuk dapat sukses menjalankan Instagram marketing. Tapi metrik apa sajakah yang harus dilacak dan ukur serta apa pentingnya metrik tersebut bagi bisnis?

Dalam artikel ini, kami membagi empat (4) metrik Instagram yang akan membantu Anda mengembangkan akun instagram dan bisnis Anda.

#1. Engagement Rate untuk Mengetahui Performa Konten

Untuk bisa melihat metrik dan analitik Instagram, Anda harus beralih ke profil bisnis Instagram agar bisa mengakses insight dalam aplikasi Instagram. Bicara tentang metrik Instagram, melacak engagement rate Anda adalah awal yang bagus. Mengapa? Mengetahui engagement rate akan membantu Anda untuk mengetahui cara terlibat aktif antara brand dengan pengikut Anda di Instagram.

Engagement rate merupakan persentase keterlibatan yang didapatkan dari posting Instagram Anda. Instagram memang tidak akan menghitung engagement rate untuk Anda, tetapi Anda dapat memperoleh angka tentang reach dan like/komentar/save dengan mengklik bagian insight. Untuk menghitung engagement rate rata-rata pada Instagram, Anda bisa menggunakan rumus berikut dalam bentuk persentase.

Engagement rate = Engagement = (likes + komentar) / reach

Yang pasti, mengetahui engagement rate bukan hanya untuk meningkatkan jumlah likes saja. Engagement rate adalah salah satu metrik Instagram terbaik untuk dilacak jika Anda ingin mengetahui bagaimana konten Anda beresonansi dengan audiens Anda. Angka ini akan memberitahu Anda seberapa banyak followers yang tertarik dengan konten yang Anda buat dan apakah ingin berbagi serta terlibat.

Untuk meningkatkan engagement rate, Anda dapat melakukan perubahan sederhana seperti menulis caption yang menarik dan menentukan waktu terbaik untuk memposting konten.

#2. Discovery untuk Optimalkan Strategi Instagram Hashtag

Metrik discovery pada insight adalah sebuah tambang emas karena Anda dapat mengetahui dari mana audiens Anda berasal dan bagaimana mereka menemukan posting Anda. Untuk menemukannya, buka halaman profil Anda lalu klik tombol ‘View Insight’ di bawah gambar Anda, dan bilah informasi kecil akan muncul di bagian bawah layar Anda.

Selanjutnya, geser ke atas untuk menemukan lebih banyak lagi analisis yang dipisahkan menjadi dua kategori: Interactions dan Discovery. Pada metrik Discovery akan muncul angka-angka yang memberi tahu Anda berapa banyak orang yang melihat pos Anda, dan bagaimana mereka menemukannya.

Pada bagian ini Anda akan menemukan beberapa metrik seperti follows, reach dan impressions. Di bawah impressions, Anda dapat melihat jumlah total impresi yang dibagi menurut bagaimana pengguna menemukan pos Anda. Mulai dari home, hashtags, profile atau dari lainnya.

Metrik ‘from hashtags’ akan memberi tahu Anda apakah strategi hashtag Anda berjalan dan orang-orang menemukan pos Anda melalui hashtag yang mereka ikuti atau telusuri di halaman Explore! Anda dapat bereksperimen dengan hashtag dan memantau metrik Discovery untuk memberi wawasan nyata tentang hashtag mana yang berfungsi paling baik untuk profil Anda. Dan jika Anda dapat membakukan strategi hashtag Anda, Anda akan berada di jalur yang tepat untuk menjangkau audiens target Anda.

#3. Link Open Rate untuk Mengetahui Produk yang Diminati di Instagram Stories

Bila Anda menggunakan profil bisnis dan telah memiliki followers lebih dari 10rb maka Anda bisa membagikan link dalam stories Anda. Dengan Link Open rate ini juga bisa menjadi indikator produk atau layanan mana yang paling menarik bagi audiens Anda.

Untuk dapat menemukan Link Open rate, cutup mudah. Dari halaman profil Anda, ketuk ikon “bar chart” di sudut kanan atas. Kemudian arahkan ke tab Konten pada halaman Insight. Di sini, Anda harus menggulir ke bawah ke bagian Stories. Dari sini, Anda akan melihat jumlah impressions yang diterima masing-masing. Untuk melihat lebih banyak tentang Instagram Stories, klik “Lihat semua” di sudut kanan atas kotak ini. Anda dapat beralih untuk melihat metrik dengan menggunakan filter.

Di sini, Anda dapat melacak berapa banyak orang yang mengklik fitur “Swipe Up” yang digunakan bila Anda menautkan ke situs web atau halaman produk Anda. Kalau ternyata hasilnya tidak memuaskan? Jangan khawatir, ada beberapa cara yang sangat mudah untuk memperbaikinya! Trik sederhana untuk menarik perhatian ke tautan Swipe Up adalah menggunakan GIF yang terang, penuh warna, dan animasi dalam Instagram Stories Anda.

Baca juga Mengapa Harus Berinvestasi pada Instagram Ads?

#4. Reach Metrics atau Jangkauan

Mengingatkan kembali bahwa reach atau jangkauan adalah jumlah akun unik yang telah melihat pos Anda, sementara impression adalah jumlah total berapa kali pos Anda dilihat. Metrik reach adalah salah satu metrik Instagram yang dapat digunakan bila Anda ingin mengembangkan akun untuk memberitahu Anda apakah Anda menjangkau pemirsa baru di luar pengikut Anda yang ada.

Anda dapat melacak keseluruhan pencapaian Anda berdasarkan minggu dan hari di Instagram Insights dalam aplikasi Anda, dan Anda akan menemukannya di bawah tab “Discovery”. Bila Anda ingin meningkatkan reach Anda di Instagram, instagram advertising adalah cara yang bagus untuk memulai!

Sebagai social media manager, atau marketer atau bahkan pemilik bisnis memantau metrik kunci ini dari waktu ke waktu adalah sebuah keharusan. Anda pun bisa langsung menindaklanjuti beberapa perubahan kecil pada strategi Instagram sebagai salah satu cara untuk membangun audiens, meningkatkan engagement, dan melihat hasil yang nyata dalam bentuk penjualan bisnis Anda.

Anda merasa bingung karena masih ada banyak hal lain yang harus Anda pikirkan dan merasa kesulitan untuk mengelola Instagram atau social media bisnis Anda? ChubbyRawit hadir untuk membantu Anda. ChubbyRawit, digital marketing agency akan mengelola social media Anda mulai dari editorial plan, copy writing caption, posting, monitoring, evaluasi serta reporting social media Anda. Semua metrik yang dijelaskan di atas pun akan diterangkan dan dioptimasi oleh ChubbyRawit. Tertarik? Tinggalkan kontak Anda dengan mengisi formulir di bawah ini, dan konsultan kami akan menghubungi Anda untuk berdiskusi kebutuhan bisnis Anda.