Business

Mengapa Bisnis Harus Memiliki Website? Pentingkah? [Updated: 2020]

Chubbyrawit inhouse calendar 2020 web banner 04 39 scaled

website-bisnis

Sebagai pengusaha, dulu mungkin Anda biasa saja dengan pertanyaan, hari gini gak punya website? Anda merasa kehidupan bisnis Anda berjalan baik-baik saja kok tanpa keberadaan website. Padahal, sebenarnya pertanyaan seperti itu wajar saja, mengingat kita hidup di zaman serba digital. Rasanya, memiliki sebuah website adalah sebuah keharusan bagi sebuah bisnis.

Keberadaan website bagi bisnis yang dianggap tak terlalu penting menemukan klimaksnya saat krisis akibat covid-19 ini. Tidak ada satupun orang di dunia yang menyangka dan memprediksi virus corona ini akan datang menghantam serta memporakporandakan kehidupan. 

Pandemi covid-19 ini adalah krisis kesehatan yang serius yang berdampak penting pada rantai pasokan global, pasar di seluruh dunia, bisnis kecil dan besar untuk waktu yang tidak terbatas. Yes, we are facing the uncertainty. Ketika banyak bisnis tiarap terdampak dari virus corona, semakin memperjelas bahwa sebagai bisnis, memiliki website yang dapat menangani dan mendukung online bisnis sangatlah penting. 

Baca Juga Ini Dia Pentingnya Bisnis Go Digital Saat Krisis Covid-19

Sebelum pandemi, orang cenderung untuk mencari informasi tentang produk atau layanan yang ingin dibeli berdasarkan ulasan, user generating content serta influencer secara online.

Dengan memiliki sebuah website, berarti Anda mulai memposisikan diri Anda secara online dengan tujuan profesional serta berupaya untuk memberi kesan kepada calon pelanggan tentang bisnis Anda. Dan Anda akan mempermudah konsumen atau pun prospek Anda dalam mencari informasi tentang produk atau bisnis Anda di internet.

Namun sekarang, ditengah gaya hidup #dirumahsaja, online shopping sudah menjadi andalan. Hal ini didukung dengan data dari Bank Indonesia (BI) terdapat peningkatan jumlah transaksi pembelian lewat e-commerce pada bulan Maret 2020. Transaksi pembelian lewat e-commerce meningkat 18,1% menjadi 98,3 juta transaksi dan total nilai transaksinya meningkat 9,9% menjadi Rp 20,7 triliun.

Nilai yang tidak kecil bukan? Menggiurkan malah! Pandemi ini hanyalah salah satu trigger betapa pentingnya memiliki website untuk bisnis. Karena tak ada yang tahu apa yang akan terjadi nanti, apakah krisis ini akan berlanjut? Apakah akan ada krisis yang lainnya?

Nah, untuk Anda yang belum memiliki website, kami bisa tebak salah satu alasannya karena tidak memiliki budget khusus untuk membangun website. Betul bukan? Padahal, kata siapa bikin website itu mahal? Dalam bisnis, memiliki sebuah website adalah sebuah investasi.

Mengapa demikian?

Karena dengan memiliki memiliki website, maka semua data yang masuk akan langsung tercatat dan dari data tersebut bisa langsung dimanfaatkan untuk mendongkrak bisnis Anda.

Saat ini sudah ada banyak penyedia website gratis dan open-source yang tersedia untuk membantu desain web. Dengan keberadaan sistem pengelolaan konten ini, memungkinkan Anda untuk membangun situs bisnis kecil tanpa harus meng-hire perancang web maupun web developer (tentunya jika Anda mengerti basic coding).

Kecuali bila Anda memiliki budget khusus, dan Anda memang sudah tidak memiliki waktu untuk belajar sekaligus membangun sendiri web anda. Tentunya mempekerjakan web designer dan web developer untuk membangun website Anda secara profesional bukanlah keputusan yang salah.

Kalau Anda masih ragu, penting tidaknya website bagi bisnis Anda? Coba pertimbangkan tujuh alasan mengapa memiliki website penting bagi bisnis berikut ini.

#1. Low Cost Advertising

Semua bisnis membutuhkan marketing. Keberadaan website akan membantu Anda dalam membangun brand image Anda dan membantu membuat ikatan atau engagement yang kuat dengan existing customer maupun prospek Anda.

Sebuah website memungkinkan Anda untuk menjangkau pasar yang sangat luas.

Website Anda adalah alat pemasaran sekaligus rumah online yang benar-benar dapat Anda kendalikan yang berbeda dengan social media.

Meskipun membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk membangun traffic yang cukup ke situs Anda, namun dari sisi biaya tak perlu diragukan lagi. Dibandingkan dengan biaya iklan pemasaran konvensional, membuat website dengan konten yang berkualitas tentu jauh lebih terjangkau.

Anda juga bisa dengan mudah bersaing dengan brand besar atau perusahaan ternama tanpa mengeluarkan banyak uang. Yang Anda perlukan adalah membuat strategi membangun website Anda dengan SEO dan konten, SEM, Social Media Management dan Paid Ads serta aktivitas Social Media Optimization (SMO) dapat membantu Anda untuk dikenali oleh pelanggan ataupun prospek Anda.

#2. Mudah Diakses oleh Konsumen

Memiliki website berarti membuka kesempatan bisnis Anda untuk berinteraksi dengan pelanggan maupun prospek Anda dimana pun dan kapan pun mereka mau. Layaknya memiliki etalase toko virtual yang online selama 24/7 dan oleh karena itu pelanggan Anda berharap dapat berinteraksi dengan bisnis Anda kapanpun dan dimanapun mereka berada.

Website Anda akan bertindak sebagai sumber informasi yang selalu tersedia untuk informasi yang seharusnya hanya dapat diakses selama jam kerja perusahaan Anda.

Untuk Anda yang memiliki budget terbatas, Anda bisa menggunakan situs professional dengan fitur basic yang mencantumkan berbagai informasi yang relevan tentang bisnis Anda.

Namun  bila budget Anda lebih, Anda bisa membuat website dengan fitur yang lebih rumit.

Terutama bila Anda memiliki bisnis berkonsep business to consumer (B2C) maka situs e-commerce bisa menjadi pilihan tepat. Selain fiturnya yang lengkap, dengan e-commerce akan memudahkan Anda dalam melayani pelanggan mulai dari pemesanan, pembayaran hingga konfirmasi pembayaran dalam satu website tersebut.

Baca Juga Mengenal Website e-Commerce dan Manfaatnya untuk Bisnis Anda

Bandingkan bila Anda tidak menggunakan website yang terintegrasi dengan sistem pembayaran online serta customer service.

Contohnya, Anda merekrut staf admin untuk menangani 3 hingga 4 akun Whatsapp atau Line. Saat pesanan membludak Anda harus menyisir rekening akun Anda satu per satu dan disesuaikan dengan pesanan yang ada di messenger tersebut. Belum lagi kalau ternyata messenger sedang error.

Pusing bukan?

Nah dengan menggunakan situs e-commerce ini, Anda memang akan mengeluarkan uang lebih banyak. Tetapi namanya juga investasi, toh Anda juga yang akan merasakan berbagai kemudahan dari penggunaan situs e-commerce ini yang imbasnya tentu saja untuk kemajuan bisnis Anda.

#3. Visibilitas

Meningkatkan visibilitas merupakan salah satu faktor utama yang membuat website menjadi penting bagi bisnis Anda. Walaupun orang mungkin sudah sering mendengar tentang perusahaan atau bisnis Anda, tapi selalu ada kemungkinan orang untuk ingin melakukan penelitian secara online terlebih dahulu, sebelum memutuskan mempergunakan produk atau layanan Anda atau bahkan sebelum berkunjung ke toko atau kantor Anda.

Untuk itu, kalau bisnis Anda memiliki offline store atau kantor, berikan peta serta petunjuk arah ke toko atau kantor perusahaan Anda di website, agar pengunjung tidak mengalami kesulitan untuk menemukan tempat Anda.

#4. Kredibilitas

Dengan membangun sebuah website berarti Anda memberi kesempatan pada bisnis Anda untuk memberi tahu konsumen mengapa mereka harus mempercayai Anda. Anda juga bisa menambahkan testimonial dan fakta pada website untuk mendukung hal tersebut.

Pasalnya, kecenderungan orang saat ini akan mencari informasi di internet untuk mengecek kredibilitasnya tentang suatu produk atau layanan sebelum memutuskan melakukan pembelian.

Bila Anda memberikan pelayanan atau produk yang baik, kabar baik dari mulut ke mulut tentang bisnis Anda kemungkinan akan menyebar. Yang pada gilirannya, memberikan lebih banyak repeat customer dan bahkan munculnya bisnis baru.

Dengan menggunakan website, Anda akan dapat terus melayani konsumen secara online dan meningkatkan kredibilitas Anda sebagai pemilik bisnis.

#5. Tak Ada Website = Kehilangan Bisnis

Di era digital saat ini, bila Anda tidak memiliki website maka Anda akan kehilangan kesempatan bagi pelanggan untuk mengidentifikasi siapa Anda dan jika mereka ingin menghabiskan uang untuk produk atau layanan Anda.

Namun, jangan lantas Anda sembarangan membuat website dan berakibat pada website Anda tampak buruk.  Memiliki website yang buruk tidak lebih baik daripada tidak memiliki website sama sekali.

Mengapa demikian?

Website yang buruk sebenarnya akan berdampak pada bisnis Anda.  Website buruk akan membuat bisnis Anda menjadi terlihat buruk. Dengan begitu banyak situs berbasis template yang tersedia saat ini, Anda tentu memiliki lebih banyak pilihan yang disesuaikan dengan bisnis atau brand Anda. Jadi, tidak ada alasan lagi website Anda terlihat buruk dan tidak profesional.

#6. Sebagai Hub Digital Marketing Anda

Coba bayangkan strategi digital marketing Anda seperti sebuah roda. Untuk bisa berjalan, strategi Anda harus memiliki beberapa jari-jari yang terhubung kembali ke satu hub atau poros di tengahnya.

Nah itulah peran website yaitu sebagai hub atau poros digital marketing Anda!

Dengan kata lain, adanya website berfungsi sebagai tempat Anda mengarahkan pelanggan serta prospek untuk mendapatkan informasi serta tempat terjadinya transaksi bisnis. Oleh sebab itu, website menjadi vital bagi sebuah bisnis karena tanpa adanya website sebagai hub, maka roda atau strategi digital marketing Anda akan hancur.

#7. Kompetitor Anda 

Well, tak bisa dipungkiri keberadaan kompetitor adalah motivasi terbesar dalam bisnis. Apalagi ditengah persaingan bisnis yang ketat tak ada salahnya bila Anda berasumsi bahwa pesaing terbesar Anda sudah memiliki website.

Dan tentu saja,

Anda tak mau kalah dari persaingan ini. Dan tak ada salahnya untuk sedikit memata-matai kiprah kompetitor sebagai bahan perbaikan bisnis. Untuk itu, Anda bisa memastikan keberadaan kompetitor Anda secara online. 

Apa yang mereka lakukan yang dapat Anda lakukan lebih baik dalam hal desain web, load time, optimisasi mesin pencari? Metode pemasaran apa yang tidak mereka gunakan? Seberapa menarik website Anda dibandingkan dengan website mereka sehingga kinerja website Anda akan meroket?

Baca Juga Pentingnya Belajar dari Kompetitor Bisnis

Jika bisnis Anda tidak atau belum memiliki website, maka Anda bisa melakukan semuanya sekaligus. Namun, harus selalu diingat bahwa sekadar membangun sebuah website bisnis belum tentu membuat Anda kompetitif.

Jangan lupa, Anda juga harus secara proaktif untuk membuat konten yang lebih baik dan berkualitas serta mampu meyakinkan pelanggan atau prospek Anda bahwa produk atau layanan yang Anda tawarkan melalui website jauh lebih baik daripada perusahaan lain.

Bila Anda mulai tertarik untuk membuat website untuk bisnis Anda, great!

Tapi, pastikan konten yang relevan, konsisten dan mudah diakses baik melalui personal computer ataupun mobile menjadi kata kunci saat memutuskan memiliki website. Selain itu, pilih tampilan yang profesional dan user friendly, agar online presence Anda kian cemerlang.

Jika Anda ingin membuat website, tapi masih bingung apa dan bagaimana memulainya, Anda bisa menggandeng digital marketing agency untuk membuatkan website bisnis yang profesional serta berdampak positif pada bisnis Anda juga tentunya.

ChubbyRawit, digital marketing agency akan memberikan konsultasi, bimbingan, serta tim pekerja dalam pembuatan website dan jasa digital marketing lainnya untuk bisnis Anda.

Hubungi kami sekarang dengan mengisi kontak Anda pada formulir di bawah ini.