Memanfaatkan Instagram untuk Bisnis, Mengapa Tidak?

Instagram untuk Bisnis - ChubbyRawit

Selain Facebook dan Youtube, Instagram merupakan salah satu jaringan sosial yang paling populer di Indonesia. Berdasarkan data dari We Are Social tahun 2018, pengguna bulanan aktif Instagram di Indonesia telah mencapai 53 juta. Bahkan pengguna aktif Instagram sudah mencapai angka 20 persen dari total populasi penduduk Indonesia. Dengan basis pengguna yang begitu besar, bukankah ini merupakan sebuah peluang besar bagi bisnis untuk memasarkan menggunakan saluran social media Instagram?

20% dari total populasi penduduk Indonesia merupakan pengguna aktif Instagram.

Dan jangan salah, Instagram juga tidak kalah dibandingkan Facebook lho. Tak hanya menawarkan pertumbuhan secara organik, Instagram juga memiliki fasilitas platform periklanan self-serve layaknya Facebook. Instagram juga bisa menjadi alternatif sumber daya potensial untuk bisnis Anda. Anda bisa memanfaatkan platform iklan Instagram dengan penargetan yang jauh lebih terarah dan detil seperti halnya Facebook.

Anda masih belum benar-benar yakin mengapa pemasaran Instagram penting bagi bisnis Anda? Simak enam alasan mengapa sebaiknya Anda mulai melirik Instagram sebagai bagian dari strategi digital marketing Anda.

1. Mendorong Penjualan

Pengguna social media memang cenderung tidak malu untuk mengikuti brand, produk hingga tokoh yang mereka sukai. Tak terkecuali dengan Instagram. Data dari Instagram mengatakan bahwa lebih dari 80 persen akun Instagram mengikuti sebuah bisnis, dengan 200 juta pengguna mengunjungi profil bisnis setiap hari. Sedangkan 60 persen pengguna mendengar tentang produk dan layanan tertentu melalui Instagram. Dan, setidaknya 30% pengguna Instagram telah membeli produk yang pertama kali ditemukan di Instagram. Jadi, kenapa tidak Anda coba dengan menambah saluran baru untuk digital marketing Anda untuk mendorong penjualan?

30% pengguna Instagram membeli produk yang pertama kali ditemukan di Instagram.

2. Konten Visual Menarik untuk Strategi Pemasaran Anda

Pengguna social media menginginkan serta sangat menyukai konten visual. Konten visual menghasilkan keterlibatan 650% lebih tinggi daripada entri teks atau tulisan saja. Ini berarti bahwa Instagram adalah platform hebat untuk melibatkan penggemar Anda dan menambah basis penggemar atau followers Anda. Berbagi konten visual merupakan cara terbaik untuk memberi tahu audiens tentang bisnis atau produk Anda serta membangun hubungan dengan calon pelanggan dan brand ambassador Anda di masa mendatang. Anda juga dapat menggabungkan citra yang Anda gunakan di Instagram ke saluran pemasaran Anda yang lain, seperti blog dan email newsletter Anda.

3. Orang Menghabiskan Banyak Waktu di Instagram

Sebenarnya, di samping Facebook, Instagram merupakan salah satu jejaring sosial terpopuler untuk waktu yang dihabiskan di platform social media. Yang berarti Anda memiliki lebih banyak waktu dan kesempatan lebih baik untuk mendapatkan perhatian audiens Anda di Instagram. Dan hashtag adalah cara terbaik untuk menyebarkan konten Anda di belantara Instagram dan memastikan konten Anda disebarkan kepada orang yang tepat. Oleh sebab itu, pastikan untuk menggunakan hashtag yang relevan dengan bisnis atau produk Anda dan yang benar-benar dicari oleh audiens target Anda. Anda juga dapat membuat iklan bertarget untuk menjangkau lebih banyak calon pelanggan, jika Anda bersedia menginvestasikan sedikit waktu dan anggaran.

4. Engagement yang Lebih Baik dengan Audiens Anda

Meski Facebook masih merupakan platform social media terpopuler, namun followers Instagram lebih cenderung untuk terlibat dan berbagi konten. Data dari Socialbaker menyebutkan bahwa brand merasakan hampir empat kali lebih banyak keterlibatan pengguna di Instagram daripada yang mereka lakukan di Facebook. Hal ini menunjukkan bahwa audiens di Instagram lebih terbuka terhadap konten bermerek atau konten bisnis daripada di platform lain. Selain itu, real engagement menjadi metrik yang paling penting bagi bisnis Anda di social media, karena real engagement akan berdampak ke penjualan riil dan tingkat kesetiaan pelanggan terhadap brand atau produk Anda.

5. Feedback dan Insight secara Real-Time

Anda mungkin sudah memantau percakapan tentang brand dan produk Anda di forum, blog, Facebook dan Twitter. Tapi tahukah Anda apa yang orang posting tentang brand Anda di Instagram? Terlepas dari apakah brand atau produk Anda sudah ada di Instagram.

Pengguna Instagram suka menggunakan Instagram untuk membicarakan produk dan layanan yang mereka pakai. Bahkan, mereka bisa memposting gambar produk yang mereka beli dari Anda, merekam video, dan saling mengomentari konten tentang brand atau produk Anda. Anda tidak boleh mengabaikan feedback dari pelanggan ini. Penting untuk memahami bagaimana pelanggan memandang brand Anda dan juga untuk mengidentifikasi pendukung brand atau produk Anda.

Selain itu, Instagram juga memiliki data analitik pengguna bisnis yang menunjukkan bagaimana kinerja konten mereka. Anda akan dapat melihat data jangkauan dan tayangan, serta data tentang demografi – lokasi dan usia – untuk setiap pos Anda. Menganalisis data demografis dan perilaku pengguna Anda akan memudahkan Anda dalam membuat konten Instagram yang melibatkan pengguna. Jadi, manfaatkanlah.

6. Kreativitas tanpa Batas

Instagram memungkinkan Anda untuk membuat konten kreatif yang tak ada habisnya. Anda bisa berbagi kisah, berkreasi, dan menciptakan identitas visual untuk bisnis atau brand Anda secara lebih real-time dan menyenangkan. Jalankan kontes, terlibat dengan penggemar Anda, dan bersikaplah konsisten. Instagram adalah platform yang menyenangkan, jadi jangan takut bereksperimen, dan tunjukkan kepribadian brand atau bisnis Anda. Selain itu, Instagram juga bisa menjadi wadah Anda untuk berbagi cerita (storytelling) seputar produk atau brand atau industri Anda. Dari perspektif bisnis, menceritakan sebuah cerita yang menarik adalah cara yang bagus untuk menciptakan hubungan emosional dengan audiens Anda.

Jadi dengan jutaan pengguna, jutaan foto dibagikan setiap hari, dan keterlibatan yang paling tinggi dibandingkan dengan platform lainnya, apakah Anda masih ragu menggunakan Instagram untuk bisnis Anda?

Baca juga Mengapa Harus Berinvestasi pada Instagram Ads?

Bila Anda sudah mulai tertarik, pasti akan ada pertanyaan lanjutan. Dan pertanyaannya adalah ‘bagaimana caranya membangun strategi pemasaran di Instagram?’. Tenang… sering-sering main ke blog ChubbyRawit, ikuti Instagram ChubbyRawit atau tinggalkan email Anda pada kotak Join Our Newsletter di kanan Anda untuk mendapatkan info selanjutnya.