Begini Caranya Membangun Audiens untuk Bisnis

Membangun audience bagi bisnis -ChubbyRawit

Setelah tahu alasan dan manfaat pentingnya membangun audience sebelum meluncurkan produk, pasti Anda mulai tertarik dengan pendekatan ini. Dan pasti Anda bertanya-tanya, selanjutnya bagaimana? Caranya gimana?

Konten marketing adalah jawabannya! Konten marketing merupakan cara yang efektif dalam membangun audiens Anda bahkan sebelum Anda membangun bisnis Anda.

Nah, untuk memuaskan rasa penasaran Anda, ada 7 strategi dalam membangun audiens untuk bisnis Anda yang layak Anda coba.

#1. Strategi Konten Marketing yang Kuat

Mungkin Anda kerap mendengar pendapat bahwa konten marketing adalah salah satu batu loncatan untuk sukses dalam online marketing. Ya, memang benar dan Anda bisa memulainya dengan membuat dan berbagi konten gratis yang informatif serta berguna untuk audiens Anda.

Cara ini tak hanya ampuh untuk menarik target audiens Anda, tetapi juga berpotensi untuk menjadikan mereka sebagai pengikut alias followers setia Anda. Dampaknya, saat Anda memutuskan untuk meluncurkan produk Anda, Anda telah memiliki basis pelanggan yang sudah Anda bangun sebelumnya.

Perpaduan strategi konten marketing yang tepat dengan produk atau layanan yang kuat, akan membawa kesuksesan pada bisnis Anda. Followers Anda akan dengan mudahnya menjadi repeat customer bisnis Anda. Dalam jangka panjang, mereka bahkan bisa menjadi brand evangelist bagi bisnis Anda. Kuncinya ya ada pada strategi konten marketing yang tepat.

Baca juga, bagaimana Tips Membangun Strategi Konten Marketing.

Strategi konten marketing yang kuat akan membantu Anda dalam mengedukasi pelanggan Anda karena konten yang Anda bagikan adalah hal yang terkait dengan bisnis Anda. Oleh sebab itu, para pelanggan Anda akan tahu, menggemari serta mempercayai brand atau produk Anda saat meluncurkan produk Anda.

#2. Manfaatkan Blog

Bicara tentang strategi konten marketing yang kuat, tidak bisa dilepaskan dari keberadaan blog. Namun, Anda pasti juga bertanya-tanya, apa saja yang harus ditulis dalam blog tersebut? Joe Pulizzi, pendiri Content Marketing Institute menyarankan untuk menulis tulisan yang menggabungkan antara bidang keahlian dengan passion Anda.

Sesuaikan passion dan keahlian Anda dengan minat dan kebutuhan target audiens Anda. Penting untuk Anda menawarkan nilai tambah agar audiens Anda senantiasa tertarik untuk terus kembali kepada Anda. Jangan lupa untuk mempublikasikan posting Anda secara reguler agar pemirsa Anda memiliki sumber konten untuk dikunjungi. Jangan takut juga bila konten Anda sepi saat Anda memulai, karena memang butuh waktu untuk membangun ini. Ingat, Roma tidak dibuat dalam semalam bukan?

#3. Bangun Komunikasi dengan Audiens Melalui Komentar

Setelah berhasil membangun audiens, tahap selanjutnya adalah menjaga dan mempertahankan hubungan serta komunikasi dengan audiens. Salah satu caranya adalah dengan membiarkan audiens Anda menyuarakan pendapat mereka dengan mengomentari posting blog Anda.

Ada baiknya pula bila Anda menanggapi komentar audiens agar tercipta komunikasi dua arah. Untuk itu, pastikan fitur komentar dalam blog dalam keadaan aktif. Anda juga bisa memperoleh gagasan atau ide topik yang menarik lho dari komentar atau pendapat audiens Anda. Ini juga bisa membantu Anda berinteraksi dengan blogger lain di forum maupun media sosial.

#4. Desain Visual yang Menarik

Sama ketika kita akan memilih buku untuk dibaca, terkadang desain cover buku mempengaruhi keputusan kita. Kita cenderung akan melewatkan buku dengan desain yang membosankan. Begitu pun dengan konten marketing. Konten yang kita buat harus didesain dengan semenarik mungkin sesuai dengan karakter target konsumen kita. Tak hanya desainnya, isi kontennya pun harus tak kalah menarik. Jika target audience kita adalah remaja, maka siapkanlah konten yang memang disukai remaja. Update diri kita dengan tren-tren yang tengah muncul di kalangan remaja. Dengan begitu kita dapat memperoleh inspirasi untuk konten marketing yang akan kita produksi.

#5. Email Marketing

Tahukah Anda bahwa konten yang menarik ternyata tak cukup dalam formula penulisannya saja? Faktor yang tak kalah penting adalah distribusi. Salah satu cara terbaik untuk melakukan distribusi ini adalah dengan email marketing.

Bila Anda sudah membangun blog dan basis pembaca, membuat daftar email pelanggan tidaklah sulit. Anda pastikan saja ada kolom atau tempat yang jelas bagi pembaca untuk berlangganan newsletter dari Anda.  

Selain itu, bangun hubungan yang lebih personal dengan pembaca Anda. Buat judul yang sederhana, mudah diingat namun mendorong orang untuk membuka email Anda. Selalu kirimkan email kepada pelanggan Anda saat Anda mempublikasikan postingan baru baik berupa artikel, video, e-book maupun webinar dan lain sebagainya. Batasi hanya sekali atau dua kali setiap minggu agar pelanggan Anda tidak terganggu dan berhenti berlangganan newsletter Anda.

#6. Gandeng Influencer

Siapa sih yang disebut influencer? Mereka adalah orang-orang yang dianggap berpengaruh dalam suatu bidang dan biasanya memiliki followers/subscribers/audiences yang banyak di social media. Mereka bisa siapa saja, dari kalangan seniman, entrepreneur, atau bahkan masyarakat biasa namun memiliki pengaruh yang besar kepada audience-nya. Pengaruh influencer yang besar ini dapat dimanfaatkan sebagai strategi marketing untuk menarik target konsumen, karena mereka dapat mendorong dan menginspirasi audience-nya untuk menyukai atau setidaknya meluangkan waktu untuk mencari tahu tentang bisnis kita. Gandenglah influencer yang memang relevan dengan target audience yang kita tuju untuk mengisi beberapa konten marketing yang akan kita produksi. Kita juga dapat bekerja sama dengan influencer untuk mempromosikan konten marketing kita di akun social media pribadinya.

#7 Maksimalkan Social Media

Social Media sudah menjadi santapan masyarakat sehari-hari. Bahkan Social Media bisa digolongkan ke dalam kebutuhan primer masyarakat saat ini.

Menurut data dari Hootsuite, We are Social Januari 2018 menyebut bahwa social media user di Indonesia pada Januari 2018 mencapai 130 juta orang. Besar sekali bukan potensi yang bisa Anda garap melalui media sosial ini?

Pengguna Social Media di Indonesia pada Januari 2018 telah mencapai 130 juta orang.

Nah, bagi Anda yang sedang membangun audiens, social media dapat Anda manfaatkan untuk membuat konten Anda menjadi viral. Membagikan konten ke berbagai media sosial seperti Facebook, Instagram, LinkedIn, Pinterest dan lain sebagainya akan meningkatkan kesadaran brand dan visibilitas.

Lihat penawaran terbatas dari kami, Promo Paket Social Media Management.

Selain itu, keberadaan social media bisa menciptakan peluang bisnis baru. Oleh sebab itu, bangun followers Anda di media sosial selaras dengan strategi konten Anda.

Ada beberapa tips dalam membangun audiens di media sosial ini.

  • Jangan Hanya Jualan

Maksudnya adalah jangan hanya mempromosikan konten Anda saja. Anda juga harus menjawab, berdiskusi serta berbaur dengan followers Anda. Anda bisa mengadakah sesi tanya jawab di website Anda dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh followers Anda.

  • Kontes Media Sosial

Anda bisa membangun audiens dengan mengadakan kontes media sosial. Kontes ini bisa berupa giveaway atau marketing gimmick lainnya. Selain menarik perhatian audiens, Anda juga bisa berpeluang untuk meningkatkan followers Anda dengan kontes ini.

Walaupun tidak mudah, namun membangun audiens adalah tugas rutin untuk bisnis apapun. Sebagai pengusaha, Anda dituntut untuk menjangkau audiens yang lebih banyak lagi untuk memperluas jangkauan pasar Anda.

Yang harus Anda ingat, jangan pernah mencoba memaksa atau tidak jujur dalam melakukan pendekatan kepada audiens Anda. Fokuslah dalam membangun hubungan yang kuat dengan audiens Anda. Dan bersiaplah untuk diserbu oleh audiens setia Anda saat meluncurkan bisnis Anda. Happy trying!

Agar proses membangun audiens Anda tidak terlalu berat, Anda bisa lho menggunakan jasa digital marketing agency. ChubbyRawit siap membantu Anda dalam proses perencanaan, eksekusi sampai dengan proses evaluasi membangun audiens bagi brand maupun bisnis Anda. Tunggu apa lagi? Isi data Anda pada formulir di bawah ini, dan konsultan kami akan segera menghubungi dan berdiskusi dengan Anda.