social media
Posted in

Cara Sukses Membuat Facebook Ads Anda Agar Mendatangkan Pelanggan

chubbyrawit-instagramsukse-membuat-facebook-ads

Melanjutkan artikel sebelumnya yang sudah membahas tiga langkah cara mudah membuat Facebook Ads yaitu menentukan tujuan, menetapkan target, memilih penempatan atau placement. Sekarang, kita akan membahas 3 langkah lanjutan membuat Facebook Ads yang sukses mendatangkan pelanggan bisnis Anda. 

Terlewat artikel sebelumnya? Baca Cara Mudah Membuat Facebook Ads Untuk Bisnis Anda

4. Tentukan format materi Facebook Ads

Setelah menentukan tujuan, target dan placement iklan, tahapan selanjutnya adalah memilih format materi Facebook Ads. Untuk format materi iklan sendiri akan bergantung pada tujuan iklan Anda. Selain itu, dengan pilihan tujuan Anda juga dapat mempengaruhi placement iklan apakah akan berada pada Facebook, Instagram, Messenger atau Audience Network tempat iklan Anda dapat muncul.

Untuk format iklan sendiri dibedakan menjadi lima (5) jenis. Apa saja? 

Single image ads

facebook-ads-single

Source: Coursera.org

Salah satu jenis iklan yang menampilkan 1 gambar (foto). Iklan jenis ini paling serbaguna, karena Anda dapat menggunakan jenis iklan ini untuk setiap tujuan. Bila Anda ingin agar iklan mendapatkan distribusi dan eksposur yang tinggi, Facebook merekomendasikan penggunaan gambar dengan teks minimal atau tanpa teks sama sekali. Agar iklan Anda menghasilkan konversi tinggi, jangan lupa untuk menggunakan gambar yang relevan dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan ya. 

Single video ads

Format iklan kedua yaitu menampilkan iklan berbentuk sebuah video. Dengan format iklan ini memungkinkan Anda menceritakan kisah yang lebih menarik dengan konten Anda. Pilih format ini bila tujuan iklan Anda adalah untuk menjangkau lebih banyak audiens dan berinteraksi dengan mereka. 

Source: UNICEF Indonesia

Carousel ads

Format iklan carousel memungkinkan Anda untuk menjalankan hingga 10 gambar, video atau tayangan slide dalam satu iklan dan semuanya dapat terhubung ke halaman yang berbeda. Anda dapat menggunakan jenis format iklan ini untuk setiap tujuan kecuali untuk: boost post, mempromosikan halaman Anda, menjangkau orang-orang di dekat bisnis Anda, meningkatkan kehadiran di acara Anda, dan mendapatkan video views.

Instant experience

Format iklan ini adalah full-screen experience yang terbuka setelah seseorang mengetuk iklan Anda di perangkat seluler. Dengan format Instant Experience, orang dapat menonton video, menggeser foto carousel, melihat produk di katalog Anda, menjelajahi gambar dengan produk yang diberi tag, dan mengetuk tombol untuk membuka halaman website lain. Sangat atraktif sekaligus interaktif! 

Nah, Anda bisa mempergunakan format iklan ini untuk empat hal. 

  • Menarik perhatian audiens Anda. Instant experience ini dimuat secara instan, diperluas hingga layar penuh dan berfungsi di semua format, termasuk single image, video, carousel, dan koleksi.
  • Menceritakan kisah tentang brand Anda. Buat Instant Experience khusus atau pilih dari beberapa template. Anda dapat memandu orang melalui pengalaman Anda dengan teks deskriptif, elemen kreatif, tombol, dan tautan.
  • Menyoroti produk atau layanan Anda. Ciptakan pengalaman visual yang menarik untuk memamerkan produk atau layanan Anda. Hubungkan katalog Anda dengan template yang dipilih untuk menggunakan lebih banyak fitur.
  • Menambahkan lebih banyak konten dalam iklan Anda. Ambil kesempatan untuk lebih mengembangkan pesan saat Anda berhasil menarik perhatian seseorang. Tambahkan lebih banyak konten dengan menautkan dua atau lebih Instant Experience.

Koleksi (Collection)

Format iklan Collection ini akan menampilkan banyak gambar dan video sekaligus dalam satu iklan. Sekilas memang seperti iklan format carousel. Hanya yang membedakan adalah dalam iklan format collection ini satu gambar utama akan ditata dengan empat gambar kecil dibawahnya. Format iklan koleksi ini memudahkan memudahkan pengguna menelusuri katalog produk, melihat detail produk tersebut, mulai dari nama produk hingga harganya dalam sekali klik. Sebagai catatan, sebelum Anda merencanakan untuk membuat collection ads ini, Anda perlu mempersiapkan katalog produk yang Anda tawarkan ke dalam Facebook Commerce Manager. Hal yang sama dilakukan seperti mengunggah produk Anda ke online shop di marketplace.

5. Rancang copy dan visual Facebook Ads yang sesuai target

Konten visual jadi perihal yang utama dalam versi terbaru Algoritma Facebook. Ini lebih mungkin untuk dibagikan atau share audiens dan membuat postingan lebih berkesan daripada konten teks yang biasa aja alias old timers. Dan, sejak platform mulai menindak branded content awal tahun ini, brand mungkin lebih baik berfokus pada video daripada iklan statis.

Namun tetap saja, copywriting juga tidak kalah penting. Anda perlu memberi tahu audiens apa yang mereka inginkan hanya dalam beberapa kata yang soft selling memandu mereka ke website Anda setelah menawarkan sesuatu yang menyenangkan atau bermanfaat. Seni dari visual menarik audiens dan copywriting menyempurnakan nilai komersilnya.

Supaya copy dan visual pada Facebook Ads sinkron dan bernilai high-converting, pertama Anda perlu mengetahui buyer persona dari target audiens Facebook Ads yang akan dibuat. Pada poin pertama, telah dibahas bagaimana cara menetapkan target audiens Facebook Ads dari beberapa pertimbangan. Nah, setelah sudah berhasil menetapkan target, saatnya membuat visual dan copy yang sesuai dengan target audiens dan buyer persona

Baca Juga: Mengenal Brand Persona dan Buyer Persona

Misalnya, target audiens Anda adalah pasangan – pasangan baru yang sedang menyambut kelahiran buah hati atau sedang mempersiapkannya sebagai calon pembeli produk pakaian bayi brand Anda. Secara demografis, target audiens ini biasanya merupakan generasi millenial dengan range usia 25 sampai 30 tahun. 

Dari insight ini, desain visual perlu dirancang sesuai dengan suasana kelahiran anak atau identik dengan kebahagiaan. Lalu, untuk copywriting juga menyesuaikan dengan gaya bahasa yang biasa digunakan dalam komunikasi di lingkungan pergaulan milenial, khususnya lingkungan sosial pasangan milenial yang sudah menikah, dan pastinya sinkron dengan desain visualnya. Dengan begitu, audiens akan lebih tertarik untuk menanggapi Facebook Ads brand Anda dan yakin bahwa produk pakaian bayi yang ditawarkan dalam Facebook Ads sesuai dengan kebutuhan mereka.

6. Analisa dan evaluasi Facebook Ads Anda

Setelah kita selesai merancang Facebook Ads, berikutnya saatnya untuk mempublikasikan Facebook Ads. Tapi sebelum itu, jangan lupa untuk melakukan cek dan ricek lagi lagi beberapa hal penting dari Facebook Ads yang sudah dibuat agar efektif, efisien, dan high-converting. Hal yang paling utama adalah penetapan bujet iklan. Berapa kisaran bujet yang dapat didedikasikan untuk keseluruhan kampanye dan yang dapat dibayarkan untuk setiap klik? Berapa tingkat konversi target Anda? 

Ini beberapa poin penting yang perlu diperhatikan untuk mengevaluasi Facebook Ads Anda:

  • Leads

Ukur upaya lead generation Anda dengan membandingkan jumlah total orang yang mengakses halaman arahan Anda dari iklan dengan mereka yang benar-benar memasukkan informasi mereka.

  • Sales (Penjualan)

Hitunglah ROAS dengan membagi hasil penjualan  yang dihasilkan dari kampanye dengan jumlah total yang dibelanjakan untuk iklan.

Baca Juga: Begini Caranya Menghitung Social Media ROI

  • Tracking & Tagging

Untuk dapat menganalisa sumber traffic, serta conversion yang terjadi di dalam website atau owned channel Anda, tentu Anda harus menanamkan sistem tracking dan tagging iklan Anda. Facebook memiliki tracking sistem sendiri yaitu Pixel, sedangkan untuk mengetahui sumber traffic yang terakuisisi Anda harus menginstall Google Analytic di dalam website Anda. Jangan lupa untuk buat event di setiap iklan yang Anda jalankan. 

Baca Juga: Mengenal Facebook Pixel dan Manfaatnya Untuk Bisnis Anda

Itu dia tips untuk membuat Facebook Ads yang high-converting. Kuncinya adalah target audiens Anda sebagai calon konsumen, yang secara dinamis mereka pun terus berubah. Jadi, sangat penting untuk terus keep track dan monitor dengan perkembangan tren yang diikuti target audiens serta terus memperbarui strategi yang tepat untuk lebih engaged dengan mereka melalui Facebook Ads. 

Mengalami kesulitan membuat Facebook Ads yang high-converting untuk brand Anda? Chill out! Ada ChubbyRawit, digital marketing agency di Jakarta yang siap membantu Anda untuk berkonsultasi dalam membangun, mengeksekusi sekaligus evaluasi strategi Facebook Ads untuk perkembangan bisnis Anda. Tinggalkan kontak Anda dengan mengisi formulir dibawah ini, dan konsultan kami akan segera menghubungi Anda.