Reach vs Impression, Mana yang Lebih Penting?

Reach vs Impressions _ Reach vs Impressions ChubbyRawit Blog

Brand atau perusahaan Anda sudah memanfaatkan social media sebagai salah satu bagian dari strategi marketing? Bila iya, sangat penting untuk mengetahui perbedaan antara reach atau pun impression. Para marketer atau social media manager pasti sering menemukan dua istilah ini, tetapi tidak semua orang tahu dan memahami apa yang membuat kedua metrik ini begitu penting.

Saat Anda membuka dasbor analitik social media brand atau perusahaan Anda, pasti Anda akan melihat dua kata muncul berulang-ulang: impression (tayangan) dan reach (jangkauan). Tapi sebenarnya, apakah perbedaan kedua hal tersebut? Mana yang harus Anda perhatikan dan lebih penting? Lalu apa arti istilah-istilah ini bagi strategi digital marketing Anda?

REACH adalah jumlah total orang yang melihat konten Anda. Dengan kata lain, reach merupakan sejumlah orang unik yang melihat konten Anda. Jika 100 orang total telah melihat iklan atau konten Anda, itu berarti reach atau jangkauan iklan Anda adalah 100.

Sedangkan IMPRESSION adalah berapa kali konten atau iklan Anda ditampilkan di layar, tidak peduli apakah itu diklik atau tidak. Sebagai contoh, iklan atau konten Anda telah muncul di layar netizen sebanyak 300 kali. Itu berarti jumlah impression atau tayangan untuk iklan itu adalah 300.

Namun ternyata keduanya metrik ini berbeda di setiap platform social media. Apa sajakah perbedaannya, simak ulasannya berikut ini.

#1. Facebook

Secara resmi Facebook mendefinisikan reach sebagai jumlah orang yang melihat iklan Anda setidaknya sekali. Reach ini pun dibedakan ke dalam tiga kategori: organik, berbayar, dan viral:

  • Organic reach adalah jumlah orang unik yang melihat konten Anda secara organik (gratis) di newsfeed Facebook.
  • Paid reach atau jangkauan berbayar adalah jumlah orang di Facebook yang melihat konten berbayar Anda, seperti Facebook Ads. Paid reach ini sering dipengaruhi secara langsung oleh faktor-faktor seperti jenis iklan, budget dan penargetan audiens.
  • Viral reach atau jangkauan viral adalah jumlah orang yang melihat posting Anda atau Page yang disebutkan dalam sebuah cerita yang diterbitkan oleh seorang teman. Hal ini mencakup tindakan seperti like, share atau komentar.

Demikian pula dengan impression atau tayangan. Facebook juga mengkategorikan menjadi tiga yaitu organik, berbayar dan viral.

  • Organic impression adalah berapa kali konten Anda ditampilkan secara gratis di newsfeed atau di page Anda.
  • Paid impression adalah berapa kali konten berbayar Anda, seperti Facebook Ads ditampilkan.
  • Viral impression adalah jumlah konten yang dikaitkan dengan Page Anda ditampilkan dalam sebuah cerita yang diterbitkan oleh seorang teman. Hal ini termasuk like, share atau komentar.

Bila Anda menggunakan Facebook Ads, maka ada dua jenis impression tambahan untuk dilacak yaitu served (ditayangkan) dan viewed (dilihat).

Sebuah iklan served berarti bahwa iklan telah dibayar dan bahwa sistem telah memutuskan untuk menayangkan iklan di suatu tempat. Iklan ini tidak perlu muncul di layar. Sedangkan impression viewed, menghitung berdasarkan pengguna yang melihat iklan muncul di layar mereka.

#2. Instagram

Seperti halnya Facebook, Instagram juga memperlakukan reach dan impression hampir persis sama seperti yang dilakukan Facebook. Pada Instagram, reach mengacu pada jumlah total akun unik yang telah melihat pos, cerita atau konten Anda. Sedangkan impression pada Instagram adalah mengukur jumlah total berapa kali pengguna melihat pos atau cerita Anda.

#3. Twitter

Berbeda dengan keduanya, Twitter tidak melacak reach dan hanya melacak impression. Twitter mendefinisikan impression berasal dari setiap kali pengguna Twitter melihat salah satu tweet Anda — baik dalam feeds mereka, hasil pencarian, atau sebagai bagian dari percakapan.

Sebagai contoh, Anda memiliki 1.000 followers dan setiap orang dari mereka melihat tweet terbaru atau iklan Anda. Itu artinya tweet Anda menerima 1.000 impression. Lalu saat Anda membalas tweet itu dengan tweet lain. Maka, pengikut Anda melihat tweet asli lagi, bersama dengan balasan Anda. Itu akan menghasilkan 2.000 impression tambahan, sehingga total impression adalah 3.000.

Baca juga Engagement vs Followers, Mana Lebih Baik?

Mana yang Lebih Penting?

Reach dan impression mengacu pada dua aktivitas berbeda, jadi metrik mana yang Anda pilih akan bergantung pada sasaran Anda. Mari simak alasan mana yang lebih penting?

Mengapa fokus pada impression?

Impression berguna saat Anda ingin melacak iklan Anda dari waktu ke waktu. Jika Anda menerapkan iklan dan segera mendapat sedikit atau tanpa tayangan, itu bisa menjadi tanda awal bahwa ada yang salah dengan konten atau sudut pandang iklan Anda.

Mengapa fokus pada reach?

Reach dapat membantu Anda mengetahui apakah ada yang salah dengan materi konten atau iklan Anda. Jika iklan Anda telah menjangkau banyak orang tetapi Anda belum menghasilkan konversi, berarti Anda harus melakukan perbaikan pada konten iklan. Di sisi lain, bila konten Anda mendapat reach yang banyak, berarti Anda berhasil membuat jalan ke banyak pengguna baru, yang memungkinkan konten atau iklan Anda untuk terlibat atau dibagikan.

Mengapa keduanya?

Reach dan impression memberi tahu Anda hal-hal yang sangat berbeda tentang kinerja iklan dan konten Anda. Tak jarang, Anda harus menggunakan kedua metrik bersama untuk mencari tahu keefektifan kampanye atau iklan Anda.

Yang paling penting, setelah Anda dapat membedakan kedua metrik tersebut, maka Anda bisa mulai untuk membangun social media engagement. Karena secara umum tujuan setiap kampanye social media adalah peningkatan engagement. Jika konten Anda tidak mendapatkan like, balasan, atau share, berarti ada sesuatu yang salah — baik pada kreasi konten atau penargetan audiens Anda.

Baca juga Mengetahui Pentingnya Social Media ROI

Penting untuk diingat bahwa awareness muncul sebelum terjadinya engagement, dan keberadaan reach serta impression akan membantu mendorong orang atau target Anda untuk mengambil tindakan. Jadi saat Anda memikirkan tentang cara meningkatkan engagement, pastikan untuk melakukan upaya sambil mempertimbangkan bagaimana reach dan impression akan berperan di dalamnya.

Anda masih bingung antara reach dengan impression? Jangan takut untuk berkonsultasi dengan ChubbyRawit. Tinggalkan pesan pada formulir di bawah dan ceritakan permasalahan atau kendala seputar digital marketing tentang bisnis atau brand Anda. Konsultan kami akan segera menghubungi dan siap membantu Social Media Marketing Anda.