Mengenal Brand Persona _ Mengenal Brand Persona

Apa yang ada dalam benak Anda saat mendengar kata brand atau merek? Apakah logo? Atau tagline? Atau packaging? Padahal, sebenarnya brand lebih dari itu. Logo, tagline atau packaging hanyalah beberapa aspek penting sebagai bagian dari keseluruhan brand Anda. Brand merujuk pada nama yang diberikan ke produk atau layanan dari sumber tertentu.

Baca juga Mengulik Pentingnya Branding dalam Marketing

Brand itu sendiri memiliki banyak elemen. Mulai dari brand identity, brand image, brand positioning, brand personality, brand equity, brand experience dan brand differentiation. Kita memang tidak akan membahas semua elemen brand ini. Dalam artikel ini, kita akan mengulik salah satu elemen brand yaitu tentang brand persona dan mengapa brand persona itu penting dalam membangun sebuah brand

Membangun brand persona merupakan hal yang penting bagi bisnis Anda. Brand persona ini merupakah salah satu langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk terhubung dengan konsumen target Anda. Jangan khawatir, ini adalah hal yang mudah untuk dibangun jika Anda tahu siapa Anda sebagai brand. Setelah tahu brand persona Anda, Anda dapat menggabungkannya ke dalam semua aspek bisnis Anda untuk membentuk brand yang lengkap dan utuh.

Brand persona sering didefinisikan sebagai seperangkat karakteristik manusia yang terkait dengan sebuah brand. Brand persona adalah tentang apa dan siapa Anda sebagai brand. Hal ini terutama berkaitan dengan apa yang Anda berikan atau tawarkan. Brand persona merupakan salah satu cara untuk menggambarkan brand Anda sebagai pribadi agar menciptakan pemahaman yang lebih baik terhadap brand Anda.

Dengan brand persona yang solid, Anda bisa menjadi identik dengan apapun yang Anda inginkan. Selain itu, brand persona yang otentik dapat membantu membangun kepercayaan pelanggan dan membantu menjaga kesetiaan mereka. Dan bila brand persona Anda jelas, nama brand Anda bahkan bisa menjadi istilah generik untuk produk sejenis. Sebagai contoh, Anda akan secara otomatis menyebut Band-Aids saat berbicara tentang perban. Atau menyebut Jacuzzi saat bicara tentang bath-up.

Untuk menjadi identik dengan sesuatu, Anda harus memasarkan produk Anda dalam kondisi yang tepat. Pikirkanlah apa yang Anda inginkan tentang brand Anda di benak konsumen. Apakah Anda ingin dikenal mewah? Durable? Eksklusif? Elegan? Bayangkanlah brand Anda seperti itu, memiliki kepribadian. Brand personality memiliki sifat tertentu. Nah, lalu apa ciri-ciri Anda sebagai merek?

Secara historis, brand persona dibedakan berdasarkan perilaku manusia. Lima diantaranya adalah:

  • Caregiver: persona ini bersifat empati dan baik hati.
  • Competent: persona ini adalah pemimpin berpengaruh yang dapat membantu pelanggan atau mempengaruhi mereka untuk bertindak.
  • Excited: persona yang bersemangat ini senang melakukan apa saja dan memulai petualangan dengan mudah.
  • Rugged: persona ini cenderung berotot, atletis dan tangguh.
  • Sophisticated: persona ini memancarkan keanggunan, gaya dan prestise.

Di ChubbyRawit, selain dari 4 poin di atas, kami biasa menampilkan sosok terkenal untuk menggambarkan suatu brand. Hal ini tentunya untuk memudahkan cara berpikir dan tentunya untuk memilih brand ambassador atau influencer selanjutnya. 

Persona yang baik bisa membawa bisnis Anda lebih jauh. Tentu saja hal ini akan membantu membangun hubungan yang berharga antara pelanggan dan brand Anda. Bila Anda ingin pembeli atau pelanggan Anda merasa seperti mengenal Anda dan ingin menjadi bagian dari diri Anda, maka keberadaan persona akan menjadi pemandu, mentor atau teman mereka.

Brand persona yang tepat akan bekerja dalam jangka panjang dan akan menjadi sangat terkait dengan brand Anda. Oleh sebab itu, Anda harus pastikan itu mewujudkan apa yang Anda inginkan ketika orang berinteraksi dengan brand Anda. Sudahkah membangun brand persona Anda?