Mengulik Pentingnya Branding dalam Marketing

‘If  Coca Cola were to lose all of its production-related assets in a disaster, the company would survive. By contrast, if all consumers were to have a sudden lapse of memory and forget everything related to Coca Cola, the company would go out of business.’ (Coca Cola Executive)

Anda mungkin kerap mendengar kutipan diatas, yang diucapkan oleh salah satu senior executive perusahaan soft drink terbesar di dunia. Namun memang harus diakui bahwa kutipan tersebut benar adanya. Coca Cola bukan hanya sekedar menjual minuman soda dalam kemasan. Tapi lebih dari itu, Coca Cola adalah sebuah brand yang sudah tertanam dalam benak sebagian besar orang di dunia. Coca-Cola identik dengan segmen anak muda, energik, menyegarkan, something fun, dan sebagainya. Sementara secara visual, selalu diasosiasikan dengan logo merah dan putih dengan bentuk dan warna unik dari botol kaca asli sebagai brand identity-nya

Baca cara Menentukan Brand Identity

Sebegitu kuatnya citra atau brand Coca Cola sehingga Interbrand – sebuah agen merek global dalam survei brand value global di tahun 2007 menyebutkan brand equity Coca-Cola dihargai US$65,3 miliar atau setengah dari market value perusahaan yang sebenarnya. Kita tak hendak membahas tentang Coca Cola dalam post blog kali ini, namun belajar dari kasus brand Coca Cola tentang bagaimana branding yang kuat menjadi salah satu faktor penting dalam kesuksesan sebuah bisnis.

Sebelum melangkah lebih jauh, apa sih bedanya brand dan branding? Brand adalah hasil dari serangkaian asosiasi dan persepsi di benak orang. Sedangkan branding adalah usaha untuk memanfaatkan, menghasilkan, mempengaruhi, dan mengendalikan asosiasi ini untuk membantu bisnis berkinerja lebih baik. Tapi, jangan salah! Branding bukan hanya tentang logo atau menjangkau target pasar Anda untuk memenangkan persaingan saja. Lebih dari itu, branding adalah tentang bagaimana konsumen maupun publik melihat Anda sebagai satu-satunya penyedia solusi untuk masalah atau kebutuhan mereka.

Untuk mencapai kesuksesan dalam branding, Anda harus memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan serta prospek Anda. Dan hal ini dicapai dengan mengintegrasikan strategi branding perusahaan Anda kepada publik. Bagaimana caranya? Selalu anggap bahwa branding sebagai sarana untuk mengekspresikan siapa Anda dalam konteks perusahaan atau produk dan apa yang Anda tawarkan.

Baca juga artikel Discover Your Brand

Jika Anda bisa menjelaskan siapa Anda dan mengapa Anda ada, produk atau bisnis Anda berkemungkinan disukai oleh prospek Anda lalu membeli produk atau layanan Anda kemudian memberi tahu orang lain tentang Anda. Seiring dengan waktu, konsumen akan mulai mengenal brand Anda. Dan secara perlahan, brand Anda akan hidup di dalam hati dan pikiran pelanggan, klien, dan prospek Anda.

Lantas, apa pentingnya branding? Memiliki brand yang kuat merupakan salah satu asset yang sangat berharga bagi bisnis. Branding dapat membantu Anda untuk terlihat menonjol dari pesaing Anda, memberi nilai tambah pada produk atau bisnis Anda dan terlibat (engage) dengan pelanggan Anda.

Namun ini bukanlah perkara yang mudah karena dibangun dengan perjuangan yang dilakukan dari hari ke hari selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Anda akan menghabiskan waktu dengan berinvestasi dalam meneliti, mendefinisikan, dan membangun brand Anda.

Brand Anda adalah janji Anda kepada konsumen. Oleh karena itu, brand Anda harus menjadi bagian mendasar dalam komunikasi pemasaran Anda. Branding harus menjadi strategi sedangkan marketing adalah taktik. Keduanya harus Anda lakukan demi memperkenalkan brand Anda kepada publik serta konsumen. Itulah mengapa, branding dalam marketing menjadi hal yang sangat penting dan tidak terpisahkan dalam bisnis.

Baca cara bagaimana Dari Ide Menjadi Strategi dengan Brand Strategy

Brand berfungsi sebagai panduan untuk memahami tujuan bisnis Anda. Sementara branding memungkinkan Anda menyelaraskan rencana pemasaran dengan tujuan tersebut dan melaksanakan strategi secara menyeluruh. Efektivitas brand tidak hanya sebelum terjadinya pembelian, tapi juga tentang kehidupan brand dari pengalaman yang diberikannya kepada konsumen.

Mulai dari apakah produk atau layanan Anda tampil seperti yang diharapkan? Apakah kualitasnya sebaik yang dijanjikan atau lebih baik? Bagaimana pengalaman pelayanannya? Jika Anda bisa memperoleh jawaban positif atas semua pertanyaan ini, selamat! Anda telah berhasil menciptakan pelanggan setia.

Dan brand yang baik, tidak hanya menciptakan pelanggan setia. Namun secara internal, brand juga berhasil menciptakan karyawan yang setia. Dengan brand memberi mereka sesuatu untuk dipercaya dan membantu mereka memahami tujuan bisnis Anda.

Bonus: Brand Checklist

Diakui atau tidak, branding itu cukup membingungkan. Bagaimana Anda tahu apakah brand Anda cukup kuat untuk memberi Anda nilai internal dan eksternal yang Anda butuhkan dalam marketing Anda? Nah supaya tidak bingung, berikut adalah checklist untuk melakukan evaluasi atas brand Anda.

  • Apakah brand Anda berhubungan dengan target audiens Anda?
  • Akankah mereka bisa langsung mengerti tanpa terlalu banyak berpikir tentang brand Anda?
  • Apakah brand Anda memiliki keunikan dari apa yang Anda tawarkan?
  • Mengapa keunikan tersebut penting?
  • Apakah brand Anda sudah mencerminkan janji yang Anda buat terhadap siapa yang Anda targetkan dan juga audiens internal Anda?
  • Apakah brand Anda mencerminkan nilai yang ingin Anda wakili sebagai pelanggan?

Jadikan brand checklist ini sebagai pedoman dalam proses pengembangan brand Anda. Bila jawabannya sebagian besar adalah tidak atau bahkan tidak jelas, maka Anda bisa memperbaiki proses branding.

Apakah Anda sudah menjadikan branding sebagai strategi pemasaran Anda? Bila belum, bersegeralah, karena untuk memenangkan persaingan tak hanya dituntut untuk tepat, namun juga cepat. Semangat!

Jika Anda memerlukan bantuan dan tim yang dapat membimbing, menyusun serta merumuskan branding mulai dari discovery, strategy, identity hinga brand guidelineAnda dapat menggunakan jasa Branding ChubbyRawitJangan ragu untuk meninggalkan pesan Anda melalui Contact Form di bawah ini. Kami siap memberikan konsultasi, solusi dan jasa terbaik bagi Brand Anda.