Apakah Anda pernah melakukan optimasi SEO Instagram untuk bisnis Anda?
Jika belum, sekarang adalah waktunya bagi bisnis Anda untuk dapat ditemukan oleh lebih banyak audiens di Instagram.
Jika Anda belum tahu tentang SEO Instagram, Anda bisa mulai membaca artikel kami yang satu ini:
Mengenal SEO untuk Instagram dan Manfaatnya
Sekarang, SEO tidak hanya berperan pada peringkat website saja. Instagram sebagai salah satu platform media sosial yang paling banyak digunakan juga mulai merubah algoritmanya di mana akun dan konten Anda dapat ditemukan dan ditampilkan ke lebih banyak audiens dengan mengoptimasi SEO.
Dengan melakukan optimasi SEO Instagram, akun dan konten Anda akan mendapatkan peringkat yang lebih tinggi sehingga dapat muncul di pencarian sesuai dengan keyword yang sudah Anda tentukan.
Selain itu, sekarang ini Instagram juga memiliki suggestion atau saran di mana konten atau postingan akan muncul berdasarkan dari akun seperti apa yang Anda ikuti dan posting yang mirip dengan yang Anda sukai atau simpan.
Dengan begitu, akun dan konten Anda dapat muncul di bagian suggestion pengguna lain yang memiliki ketertarikan dengan industri Anda dengan mengoptimalkan SEO Instagram Anda.
Baca juga: Memahami Algoritma Instagram di 2022
Table of Contents
Faktor kunci peringkat SEO Instagram
Mengoptimalkan akun dan postingan Instagram Anda dengan SEO merupakan salah satu bagian dari algoritma Instagram dalam menentukan peringkat hasil pencarian keyword di halaman Explore.
Menurut Instagram, faktor terpenting dalam peringkat SEO Instagram adalah:
-
Relevansi dengan kueri pencarian
Algoritma Instagram akan mencocokkan apa yang Anda telusuri dengan postingan teratas, akun, audio, hashtag, dan lokasi yang terdapat di halaman Explore. Ini adalah faktor yang paling penting dalam menentukan peringkat SEO Instagram.
-
Aktivitas pengguna
Instagram akan memperhitungkan pada postingan mana yang membuat Anda lebih tertarik daripada postingan yang lain. Ini bisa berupa interaksi Anda dengan postingan tersebut.
Ini akan menentukan peringkat SEO Instagram berdasarkan aktifitas dan interaksi pengguna dengan suatu postingan.
-
Informasi tentang hasil pencarian
Jumlah like, comment, share, dan follow untuk akun atau postingan juga dapat memengaruhi peringkat hasil pencarian. Ketika ada volume tinggi dari hasil yang relevan untuk istilah pencarian, itu bisa menjadi sedikit kontes popularitas.
Sebelum mengetahui cara dalam optimalisasi SEO Instagram Anda, hal yang tidak boleh ketinggalan adalah membantu algoritma untuk mengidentifikasi konten Anda dengan benar.
Baca juga: Cara agar Postingan Anda Muncul di Explore Page Instagram
Cara optimalisasi SEO Instagram
1. Optimalkan profil Instagram Anda.
Hal pertama yang harus Anda akukan adalah mengoptimalkan profil akun Instagram Anda. Traffic yang akan datang ke akun Anda akan terbuang percuma jika profil akun Anda belum optimal.
Berikut adalah beberapa trik untuk mengoptimalkan profil Instagram Anda:
Jadikan profil Anda publik
- Pilih foto profil yang penuh warna
- Buat @Username yang dapat dikenali dan mudah dicari
- Buat display name yang mudah dicari
- Daftarkan akun Anda menjadi Instagram Business
- Sertakan link yang dapat dilacak di bio Anda
Dengan cara tersebut, setidaknya Anda sudah memiliki dasar untuk lanjut ke tahap optimasi SEO Instagra Anda.
2. Sertakan keyword utama Anda di display name atau @username.
Instagram saat ini bisa termasuk dalam platform mesin pencari. Di mana Anda dapat mencari apapun itu mulai dari konten, akun Instagram, hashtag, audio, dan lokasi melalui search bar yang ada di halaman Explore.
Untuk bisa muncul di hasil pencarian, Anda harus menentukan keyword utama terlebih dahulu. Bila Anda memiliki keyword ini di display name atau @username, kemungkinan besar Anda akan muncul di hasil penelusuran untuk akun yang disarankan dan meningkatkan peluang akun atau konten Anda diambil oleh algoritma Instagram.
3. Gunakan keyword sekunder Anda di bio.
Jika Anda tidak bisa menyertakan keyword di display name dan username, Anda masih bisa menggunakannya di bio Instagram Anda.
Anda perlu menentukan keyword sekunder yang akan Anda gunakan. Kata kunci sekunder adalah frasa dan topik yang mendukung keyword utama Anda.
Keyword sekunder sangat cocok untuk menangkap orang-orang yang mungkin tidak menelusuri keyword utama Anda tetapi masih mungkin tertarik dengan produk Anda.
Baca juga: Bio Instagram Yang Menarik Untuk Akun Bisnis Anda
4. Menggunakan keyword pada hashtag
Setelah Anda selesai mengoptimalkan profil akun Instagram bisnis Anda dengan 3 tahap di atas, sekarang waktunya untuk mengoptimalkan postingan Anda.
Tahap ini biasanya sering dilewatkan oleh pengguna Instagram, padahal ini adalah salah satu tahap yang efektif agar postingan Anda dapat ditemukan oleh audiens yang tepat.
Anda harus memiliki kategori sendiri dalam menentukan hashtag yang akan Anda gunakan dalam postingan Anda. Anda bisa menggunakan nama bisnis, keyword utama, dan keyword sekunder untuk hashtag Anda.
Selain itu Anda juga harus membuat hashtag yang relevan dengan postingan Anda.
Anda juga bisa membuat beberapa hashtag tambahan yang berhubungan dan masih relevan dengan keyword atau postingan Anda. Ini akan menambah kemungkinan postingan Anda untuk ditemukan oleh audiens yang tepat.
Anda dapat melakukan variasi hashtag pada setiap postingan berdasarkan dengan isi postingan Anda.
Baca juga: Cara Menggunakan Hashtags Instagram untuk Bisnis
5. Gunakan keyword sekunder dalam caption Anda.
Selain menggunakan keyword di hashtag, Anda juga bisa menggunakan keyword di caption postingan Anda. Membuat caption yang menarik memang penting, tapi dengan menambahkan keyword sekunder Anda di caption akan menambah kemungkinan postingan Anda muncul di pencarian pengguna lain.
Caption yang sesuai dengan isi postingan Anda, terdapat keyword sekunder, dan dibuat dengan menarik serta interaktif akan membantu membuat gambaran lengkap untuk algoritme Instagram dan memberi tahu bahwa Anda harus berperingkat tinggi dalam pencarian mereka untuk keyword tersebut.
Baca juga: Tips Mudah Membuat Caption Instagram yang Menarik
6. Gunakan alt text di Instagram.
Alt text Instagram adalah fitur yang terbilang baru yang memungkinkan pengguna untuk menuliskan teks pada visual postingan mereka. Fitur ini akan membantu pengguna Instagram untuk mengoptimalkan postingan mereka dari segi SEO.
Alt text akan membantu algoritma Instagram memunculkan postingan Anda ke pengguna yang menyukai tipe konten tersebut. Hal itu dikarenakan alt text akan mendeskripsikan isi postingan Anda.
Selain itu, alt text Instagram juga akan memudahkan mesin pencarian Google dalam menemukan konten Instagram Anda. Anda bisa menggunakan keyword yang bervolume tinggi di pencarian google ke dalam alt text Anda.
7. Lacak semuanya dengan analitik.
Setelah Anda selesai dalam mengoptimalkan profil dan postingan Anda, sekarang Anda perlu menganalisis strategi Anda yang sudah diterapkan sebelumnya.
Instagram sebenarnya sudah memiliki fitur analitik yang terdapat dalam platform tersebut. Namun ada keterbatasan data dalam menggunakan analitik tersebut di mana Anda hanya bisa menarik data dari tanggal tertentu.
Untuk di awal, Anda mungkin cukup dengan fitur analitik Instagram tersebut. Namun, Anda perlu mempertimbangkan untuk menggunakan tools media sosial yang akan menunjang proses analisis data Anda seperti Hootsuite, Sprout Social, atau Sprinklr.
Analisis data di Instagram ini penting untuk aktifitas pemasaran Anda. Anda dapat mengevaluasi strategi SEO Instagram Anda dan membuat strategi yang baru untuk ke depannya.
Baca juga: Mengenal Instagram Metrics
Berikut tadi adalah hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang cara optimasi SEO Instagram agar akun dan postingan Anda dapat menjangkau lebih banyak target audiens Anda.
Sekarang adalah waktunya Anda dalam mengoptimasi akun Instagram Anda.
Namun, jangan khawatir, Chubbyrawit juga menyediakan layanan dalam memanajemen akun Instagram dan media sosial lainnya beserta dengan pembuatan konten sekaligus.
Kami siap melayani segala kebutuhan dan keperluan pemasaran Anda termasuk dalam media sosial untuk membantu mencapai tujuan bisnis Anda.
Hanya dengan mengisi contact form berikut, Anda akan dihubungi oleh konsultan kami dan bersiaplah untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari bisnis Anda!
Penulis: Bayu Pamungkas