Ingin Postingan Anda Muncul di Explore Page Instagram? Begini Caranya!

Rasanya semua social media manager atau pun digital marketer sadar betul bahwa Instagram menggunakan algoritma rahasia yang menentukan konten apa yang tampil dan tidak ditampilkan dalam feeds dan pada halaman Explore. Dan Instagram pun menjelaskan tentang bagaimana mereka menentukan konten apa yang ditampilkan pada feeds berdasarkan hal-hal seperti orang yang Anda ikuti atau posting yang Anda suka.

Nah, bagi Anda sebagai marketer, social media manager, digital marketer atau pun pemilik brand yang tertarik untuk mengembangkan eksposur brand Anda di halaman Explore Instagram, wajib baca artikel ini. Kami akan mengulas 7 (tujuh) tips yang sebaiknya diikuti Instagram marketer agar konten Anda muncul di halaman Explore Instagram.

#1 Bangun Komunitas yang Tepat

Ketika kita membuka tab explore, terdapat tulisan “berdasarkan hal-hal seperti orang yang Anda ikuti”. Ini berarti konten yang terdapat di explore tab ditentukan oleh kegiatan Anda sendiri. Oleh karena itu, pastikan bahwa orang yang Anda follow, followers Anda serta post yang Anda like tepat dengan brand Anda. 

Jika akun Instagram Anda memiliki persentase besar pengikut yang bukan target audiens Anda, akan sulit untuk mendapatkan nilai dari fitur pada halaman Explore, bahkan jika brand Anda berhasil berada di tab Explore. Sebaliknya, jika brand Anda sudah memiliki pengikut cukup besar yang terutama terdiri dari akun yang sesuai dengan target audiens Anda, maka menjadikan konten Anda masuk ke halaman Explore dapat menarik banyak pengikut baru yang sangat relevan.

#2 Fokus Menciptakan Konten dengan Engagement Tinggi

Instagram Explore dimaksudkan untuk memaparkan pengguna ke konten dan akun baru yang menurut Instagram akan menarik bagi pengguna. Explore ini pada dasarnya dirancang untuk membantu pengguna melihat konten lain dari biasanya yang mereka konsumsi. Harapannya dengan konten baru akan membuat mereka semakin terlibat dengan platform. Artinya, Instagram menggunakan engagement sebagai kriteria utama untuk menampilkan konten baru kepada pengguna di halaman Explore.

#3 Optimalisasi Konten

Tahukah Anda bahwa sebanyak 70% dari pos yang dibagikan di Instagram tidak terlihat? Pos yang tidak terlihat ini memiliki engagement yang buruk, dan oleh sebab itu tidak akan pernah muncul di halaman Explore Instagram. Untuk meningkatkan visibilitas dan meningkatkan kemungkinan berada di tab Jelajahi, penting untuk mengoptimalkan waktu posting. Ada berbagai macam alat Instagram yang dapat membantu Anda dan tim Anda menentukan waktu optimal untuk memposting berdasarkan data historis dan demografi followers. Berbekal informasi ini, akan lebih mudah untuk membuat konten yang mendapat engagement yang lebih baik, karena visibilitas ditingkatkan.

Untuk meningkatkan visibilitas dan meningkatkan kemungkinan berada di tab Jelajahi, penting untuk mengoptimalkan waktu posting.

#4 Percobaan dengan Live Video Instagram

Saat ini sudah ada 400 juta orang menggunakan Instagram Stories setiap harinya. Itulah mengapa live video menjadi media populer di kalangan pengguna Instagram Stories, dan untuk mendorong adopsi yang lebih besar, Instagram membuat bagian live video khusus dalam halaman Explore. Dan brand lebih mudah dipromosikan di laman live video Explore daripada di laman Explore biasa. Dampaknya? Tentu saja brand berkesempatan untuk mendapatkan eksposur yang besar.

#5 Gunakan Hashtag dengan Bijak

Posting Instagram dengan setidaknya satu hashtag menerima engagement lebih dari 12% lebih tinggi daripada posting tanpa tagar. Hashtag memudahkan pengguna Instagram untuk menemukan konten yang menarik bagi mereka secara cepat. Menggunakan tagar dengan baik dapat berarti keterlibatan yang lebih baik, dan oleh karena itu, dengan pengambilan gambar atau visual yang lebih baik membuatnya layak berada di halaman Explore.

#6 Menjalin Partnership dengan Brand Lain

Konten dengan reach atau jangkauan lebih tinggi cenderung memiliki engagement yang lebih baik. Selain menggunakan tagar dan mengoptimalkan waktu posting, menciptakan brand partnership adalah cara lain untuk meningkatkan visibilitas. Partnership dengan brand di mana kedua perusahaan setuju untuk membagikan konten dapat menjadi win-win solution. Perjanjian ini dapat membantu kedua brand menjangkau pelanggan baru dan memungkinkan konten akan muncul di halaman Explore.

Biasanya, perusahaan yang memiliki kemitraan semacam ini akan menandai atau tag perusahaan lain dalam sebuah pos. Kemudian social media manager yang bertanggung jawab atas akun dapat dengan cepat re-share konten untuk memperbesar jangkauan atau reach.

#7 Tag Lokasi

Terdapat fakta yang menunjukkan bahwa posting dengan tag lokasi mendapatkan engagement 79% lebih tinggi daripada posting yang tidak. Instagram Explore juga memiliki fitur “lokasi yang sedang tren”, yang menunjukkan konten dengan engagement tinggi yang ditandai dengan lokasi tertentu. Oleh sebab itu, memberi tag lokasi pada konten membuat akun Anda memenuhi syarat untuk laman Explore, dan untuk fitur lokasi yang sedang tren.

Ya, tidak bisa dipungkiri bahwa membuat konten yang dipromosikan di halaman Explore dapat menjadi cara yang hebat untuk meningkatkan followers dengan cepat dan memperkuat key message brand Anda. Meskipun algoritme Instagram yang menentukan konten apa yang dibagikan di laman Explore dirahasiakan, namun tetap terdapat beberapa prinsip atau kunci yang dapat meningkatkan kemungkinan bahwa konten akan menonjol di laman.

Kuncinya adalah pastikan bahwa orang yang tepat mengikuti akun Anda, dan fokus untuk membuat konten yang akan melibatkan followers ini. Jangan lupa selalu optimalkan waktu posting, dan bereksperimen dengan video, hashtag serta lokasi. Cara ini akan meningkatkan peluang Anda untuk berada di halaman Explore Instagram. Happy trying!