Bicara tentang Instagram, sudah pasti bicara tentang visualisasi yang menarik. Tapi, ternyata visualisasi saja tak cukup. Ada begitu banyak konten visual yang sangat indah dan menawan di Instagram. Tentu saja ini membuat brand atau produk Anda harus bersaing ekstra keras untuk memenangkan konten visual. Sebenarnya, Anda masih bisa memenangkan kompetisi selain dengan konten visual saja lho. Bagaimana caranya? Apalagi kalau bukan storytelling melalui caption Instagram.
Caption atau keterangan foto pada Instagram bisa menjadi salah satu senjata ampuh menarik perhatian target audiens Anda selain visual yang atraktif. Caption Instagram merupakan tempat atau kesempatan Anda untuk dapat memberi suara pada konten visual tersebut.
Dengan caption Instagram ini secara efektif akan mendorong keterlibatan atau engagement yang membuat Anda mendapatkan lebih banyak likes dan komentar dari audiens Anda. Sekali lagi, dalam dunia digital marketing – engagement adalah kunci. Dan engagement ini akan dikelola dengan baik oleh Instagram dan Anda yang akan menuai hasilnya.
Baca juga: 4 Metrik yang Wajib Kamu Pahami di Social Media
Algoritma Instagram akan menampilkan posting dalam feeds berdasarkan kemungkinan pengguna tersebut akan tertarik dengan konten. Artinya, foto atau video dengan banyak komentar dan likes akan memiliki kesempatan untuk muncul di feeds target audiens Anda. Kalau begitu, Anda pasti sudah sangat penasaran tentang bagaimana membuat caption Instagram yang bagus dan mendorong engagement.
Table of Contents
Seperti apa caption yang bagus?
Sebenarnya, apa yang membuat caption Instagram itu bagus? Caption di Instagram yang bagus akan memiliki konteks, menunjukkan kepribadian brand Anda, menghibur audiens, dan mengajak followers Anda untuk bertindak. Caption Instagram ini terdiri dari 2.200 karakter termasuk emoji dengan 30 hashtag.
Tapi itu bukan berarti caption Instagram Anda seperti esai yang penuh dengan hashtag dan serentetan emoji yang mengganggu. Seperti halnya konten dalam website yang bagus, caption Instagram Anda harus menarik perhatian dan mudah dibaca. Caption Instagram Anda juga harus berbicara dengan foto dan audiens Anda.
8 Langkah jitu membuat caption yang menarik
Nah, lantas bagaimana langkah-langkah membuat caption di Instagram yang menarik? Apa saja yang harus diperhatikan untuk bisa menghasilkan caption Instagram yang disukai oleh audiens Anda? Simak tips menyusun caption Instagram berikut ini ya.
1. Kenali Audiens
Mengenali audiens adalah langkah awal yang sangat penting. Semakin baik Anda mengenal audiens maka akan semakin memudahkan Anda dalam melibatkan mereka pada strategi Instagram marketing Anda.
Anda bisa mengawalinya dengan membangun persona atau kepribadian dari audiens Anda. Persona ini menguraikan rincian dasar tentang target pelanggan Anda, tujuan mereka, dan masalah yang mereka hadapi.
Untuk membangun persona ini, Anda bisa mengajukan beberapa pertanyaan yang Anda perlukan untuk menentukan siapa pelanggan Anda. Mulai dari berapa umur mereka? Di mana mereka tinggal? Pekerjaan macam apa yang mereka miliki? Apa yang mereka lakukan di luar pekerjaan? Setelah Anda menentukan jawaban dari pertanyaan ini, maka Anda akan mudah dalam menentukan konten, caption serta konteks pada Instagram Anda.
Baca juga: Begini Caranya Membuat Buyer Persona
2. Identifikasi Brand Voice Anda
Jika Anda belum mengidentifikasi brand voice Anda sebagai bagian dari rencana social media marketing yang lebih luas, sebaiknya tanyakan pada diri Anda: apa kualitas dan nilai yang saya inginkan dari brand saya?
Buat daftar dan gunakan untuk membentuk brand voice Anda. Anda bisa juga menuliskan beberapa kata sifat yang menggambarkan brand Anda dan menggunakannya untuk menyempurnakan brand voice. Contohnya adalah kata berani, penasaran, berwibawa dan sebagainya.
Umumnya, pengguna Instagram memang tidak mengharapkan nada formal atau serius dalam caption. Tapi tentu saja tergantung pada industri dan audiensnya. Namun tak ada salahnya bagi Anda untuk menjaga agar tetap ringan, gunakan humor yang sesuai, dan tunjukkan kepribadian brand Anda.
Selain itu, tentukan juga pilihan bahasa berdasarkan kepribadian brand serta target audiens Anda. Bila brand Anda adalah fashion dengan persona dan target audiens SES B+ maka Anda bisa menggunakan caption Instagram berbahasa Inggris, atau perpaduan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
Baca juga: 7 Cara Membuat Brand Persona
3. Pertimbangkan Panjangnya Caption
Yang harus Anda ingat saat membuat caption Instagram adalah kebanyakan orang menelusuri feeds mereka dengan cepat. Tidak ada standar tentang berapa panjangnya caption Instagram, namun jaga agar tetap singkat. Namun bila ada cerita menarik untuk diceritakan di balik konten foto tersebut, maka jangan ragu untuk menceritakannya.
Akun Instagram National Geographic merupakan salah satu akun yang terbaik yang menyajikan story telling dalam bentuk caption Instagram yang panjang. Seperti halnya visual majalah, adanya caption Instagram yang menyertainya selalu memberikan nilai lebih.
4. Edit dan Tulis Ulang
Luangkan waktu Anda untuk membuat caption Instagram. Jangan pernah takut untuk melakukan perubahan caption terutama jika konten Anda lebih dari beberapa baris. Pastikan setiap kata mendukung konten dan pesan yang ingin Anda sampaikan.
Potong kata-kata yang jelas tidak perlu. Sebaiknya Anda juga meminta orang lain untuk mengedit pekerjaan Anda. Sepasang mata baru akan lebih mudah dalam mengamati kesalahan yang mungkin telah Anda singkirkan setelah menghabiskan begitu banyak waktu berkutat dengan caption Instagram tersebut.
5. Gunakan Hashtag dengan Bijak
Menggunakan hashtag memang bukanlah sebuah kewajiban, tapi penggunaannya sangat membantu Anda. Tidak hanya membantu Anda mendapatkan lebih banyak followers Instagram, namun ini adalah salah satu cara untuk terhubung dengan audiens Anda, dan memudahkan audiens Anda untuk menemukan konten tentang Anda.
Hashtag yang tepat juga dapat menyoroti dan mengkontekstualisasikan konten Anda. Gunakan hashtag yang relevan dengan posting dan target audiens Anda, tapi jangan terlalu banyak menggunakannya yang justru terlihat mengganggu.
6. Ajukan Pertanyaan
Salah satu cara termudah untuk mendapatkan lebih banyak komentar di foto Anda adalah dengan menggunakan caption Instagram untuk mengajukan pertanyaan kepada followers Anda. Bisa jadi pertanyaan ya atau tidak, pertanyaan seperti kuis, atau pertanyaan terbuka. Anda juga bisa menggunakan caption Instagram yang meminta audiens Anda untuk memberikan tips atau rekomendasi.
7. Dongkrak Engagement dengan Call-to-Action
Anda bisa mendongkrak engagement dengan memberikan call-to-action pada caption Anda. Caranya? Mintalah dengan pertanyaan atau pernyataan yang mengundang orang untuk meninggalkan komentar, men-tag teman mereka, atau mempertimbangkan pendapat tertentu.
Anda harus membuat isi posting yang menarik bagi audiens agar mau bertindak sesuai keinginan Anda. Tips lainnya adalah Anda bisa membuat call-to-action yang terlalu sayang untuk dilewatkan oleh audiens Anda. Apalagi kalau bukan kontes atau giveaway untuk memenangkan hadiah yang menarik.
8. Gunakan Emoji
Anda pasti sering bertanya-tanya, apakah emoji boleh untuk digunakan dalam caption Instagram? Tentu saja boleh! Ikon animasi atau emoji dapat membantu menarik perhatian pembaca dan merupakan cara terbaik untuk menambahkan kepribadian brand ke dalam caption Instagram Anda.
Rumus membuat caption yang bagus
Mungkin sebagian besar dari Anda bertanya-tanya, lalu seperti apa sih formula membuat caption Instagram yang bagus? Seperti apa prakteknya membuat caption Instagram yang menarik? Nah, mari kita bicara tentang best practice penulisan caption untuk Instagram.
Sejatinya, ada banyak formula copywriting caption Instagram yang bisa dipergunakan, mulai dari Before – After – Bridge, Problem – Agitate – Solve, sampai dengan The 4 U’s (useful, urgent, unique, ultra specific). Semuanya tergantung kepada pilihan Anda.
Namun, ChubbyRawit sendiri biasanya menggunakan formula berikut ini yang terdiri dari empat elemen penting copywriting caption Instagram yaitu Curiosity – Seriousness – Solution – CTA (Call-to-action) atau bisa disingkat menjadi CSSC. Berikut penjabaran lebih detailnya.
Curiosity
Buat opening atau kalimat pembuka dengan sesuatu atau masalah yang ingin Anda atasi. Yang pasti, kalimat ini harus yang menarik perhatian atau membuat penasaran. Bisa apa saja tergantung konten yang Anda buat.
Seriousness
Pada kalimat atau baris berikutnya, Anda harus membuat kalimat yang mengandung urgensi. Buat audiens merasa relate dengan caption dan konteks konten Anda.
Solution
Baris atau kalimat selanjutnya, Anda bisa menawarkan pemecahan masalah diatas dengan menyuntikkan USP (unique selling proposition) Anda.
CTA
Ada baiknya setiap caption yang Anda buat mengandung CTA. Pasalnya, tanpa CTA yang menarik, caption bisa menjadi sia-sia. Oleh sebab itu, Anda harus memiliki tujuan atau obyektif serta konteks dari konten tersebut, sebelum menulis CTA.
Perhatikan contoh berikut ini.
Breakdown caption
Curiosity :
SGLadies, lagi cari jeans yang cocok dipakai sebagai daily wear?
Seriousness :
Kenalin nih SilverGold, spesialis jeans lokal dari Indonesia.
Solution :
Kenyamanan SGLadies udah jadi priority kami no 1. Bahan yang digunakan ketebalannya pas sesuai dengan iklim tropis di Indonesia. Soal harga? Gak perlu diragukan, so affordable????.
CTA :
Wanna shop now? Checkout langsung lewat Shopee dengan klik link bio!
Baca Juga: Cara Membuat Bio Instagram Yang Menarik Untuk Akun Bisnis
Breakdown caption
Curiosity:
Hayo, siapa yang juga merasakan hal yang sama? Sebagai parents, pasti muncul banyak kekhawatiran yang mungkin timbul terkait kesehatan janin Ananda dalam kandungan.
Seriousness:
Apakah Ananda akan terlahir sempurna? Apakah Ananda bebas dari kelainan genetik lainnya?
Solution:
NIPT by GenePlanet hadir untuk parents mengurangi kekhawatiran dengan mengetahui potensi risiko kelainan genetik janin Ananda sejak usia 10 minggu kehamilan. Aman baik bagi janin maupun ibu, dengan tingkat akurasi hingga 99% untuk trisomi umum.
CTA:
Coba tes NIPT by GenePlanet sekarang dengan mengunjungi website https://nipt.geneplanet.com/id atau klik pada bio atau Whatsapp ke 0811-8144-425 untuk informasi dan konsultasi lebih lanjut.
Baca Juga: 6 Ide Konten Original dan Kreatif untuk Instagram
Membuat caption Instagram yang bagus dan mendongkrak engagement memang sepertinya sulit, tapi jika Anda ingin sukses di Instagram, penting untuk tidak membiarkan caption Instagram Anda menjadi sekedar renungan atau angin lalu. Menulis caption Instagram yang baik bisa menjadi game changer untuk engagement Instagram Anda!
Masih belum yakin dan percaya diri untuk membuat caption Instagram yang bagus? Atau, masih ada banyak hal lain yang harus Anda pikirkan dan merasa kesulitan untuk mengelola Instagram atau social media bisnis Anda?
Tenang… Ada ChubbyRawit – digital marketing agency yang akan mengelola social media Anda dengan membuatkan editorial plan, copy writing caption, posting, monitoring, evaluasi serta reporting social media Anda. Tertarik? Tinggal kontak Anda dengan mengisi formulir di bawah ini, dan konsultan kami akan menghubungi Anda untuk berdiskusi kebutuhan bisnis Anda.