Ini Dia Teknik-Teknik Optimasi SEO yang Wajib Anda Tahu!

Search Engine Optimization (SEO) telah dikupas dalam tiga artikel sebelumnya. Namun pada artikel ini akan mengulas tentang teknik optimasi SEO yang kerap menjadi misteri sekaligus yang paling banyak dicari. Pada dasarnya ada 3 jenis teknik SEO, yaitu white hat SEO, black hat SEO, dan grey hat SEO. 

Tujuan dari ketiga teknik ini pada intinya sama untuk menaikkan website agar mencapai peringkat tinggi di search engine. Namun, perbedaan dari teknik SEO ini terletak pada strategi SEO yang dilakukan serta peningkatan yang bagus dalam traffic search engine dengan efek jangka panjang.

Untuk menuntaskan rasa penasaran Anda, simak penjelasan rinci tentang masing-masing teknik SEO berikut ini.

White Hat SEO

White hat SEO adalah teknik menjalankan SEO untuk meningkatkan peringkat website pada search engine results page (SERP) tetapi dengan tidak melanggar pedoman mesin pencari untuk mendapatkan peringkat. Dengan teknik ini akan membawa hasil traffic secara organik yang berpotensi menjadi konversi dan memberikan keuntungan maksimal. 

Teknik ini adalah teknik SEO terbaik tetapi membutuhkan waktu dan memberikan manfaat jangka panjang. Seperti pepatah yang mengatakan ”the right path is always difficult.” Pasalnya, white hat SEO memakan waktu, sulit alias lebih ribet, tapi hasil yang akan Anda dapatkan sepadan dengan semua upaya yang telah Anda keluarkan. 

Teknik white hat SEO ini akan memberi Anda manfaat peringkat dan traffic website yang lambat namun baik secara jangka panjang. Berikut ini adalah beberapa proses atau metode yang digunakan dalam white hat SEO.

  • Pengembangan konten berkualitas tinggi.
  • Optimalisasi HTML website.
  • Restrukturisasi.
  • Kampanye link acquisition yang didukung oleh konten berkualitas tinggi serta manual research and outreach.
  • Social media.

Black Hat SEO

Black hat SEO adalah kebalikan dari white hat SEO. Teknik black hat SEO adalah aktivitas SEO pada pencarian organik tetapi melanggar pedoman kualitas mesin pencari untuk mendapatkan peringkat secara instan. Dengan kata lain, black hat SEO mengeksploitasi kelemahan dalam algoritma mesin pencari untuk mendapatkan peringkat tinggi sebuah website. 

Teknik dan metode black hat SEO ini tentu saja tidak mengikuti pedoman mesin pencari. Dengan teknik ini menawarkan pertumbuhan traffic yang cepat pada website Anda tapi hanya dalam jangka waktu yang singkat dalam peringkat mesin pencari. Beberapa teknik yang digunakan dalam optimasi mesin pencari dengan teknik black hat SEO diantaranya berikut ini.

  • Link spam
  • Keyword stuffing
  • Cloaking
  • Hidden text
  • Hidden link

Grey Hat SEO

Grey hat SEO merupakan sebuah teknik yang tidak sepenuhnya menggunakan teknik kedua di atas alias menggabungkan kedua teknik di atas. Karena sifatnya yang abu-abu, bisa saja merupakan transformasi dari white hat menjadi black hat atau sebaliknya, black hat menjadi white hat. 

Pada dasarnya, grey hat SEO adalah teknik yang menggunakan teknik black hat SEO untuk mencapai hasil seperti white hat SEO. Namun, grey hat SEO tidak melakukan aktivitas yang melebihi batas seperti black hat SEO. Sehingga, teknik ini bisa disebut sebagai teknik yang lebih baik dibandingkan black hat SEO. Namun, jika Anda ingin peringkat website Anda bertahan dalam jangka waktu yang lama, maka Anda harus mengikuti aturan dan pedoman search engine setiap saat serta tetap berpegang teguh untuk menjalankan teknik white-hat SEO.

Baca Juga Jenis-Jenis Optimasi SEO yang Penting Bagi Bisnis

Itulah teknik-teknik SEO yang perlu diketahui sebelum menjalankan strategi SEO untuk website bisnis Anda. Namun, seperti sudah diulas pada artikel di atas, secara teknik kami akan merekomendasikan Anda untuk mengikuti teknik white hat SEO untuk mengoptimalkan kinerja dan peringkat website Anda dalam kurun waktu yang panjang dan lama. Meskipun memakan waktu, energi atau usaha dan biaya tapi teknik ini lebih bertahan lama dibandingkan teknik lainnya. Bagaimanapun, hasil yang instan juga instan pula hilangnya. Oleh sebab itu, untuk bisnis pasti Anda tak ingin main-main bukan?

Masih penasaran dengan SEO dan seluk-beluknya? Segera subscribe blog ChubbyRawit sekarang juga agar tidak terlewatkan artikel-artikel SEO selanjutnya serta artikel-artikel lain seputar branding, digital marketing dan social media.

Baca Juga 5 Manfaat SEO Bagi Bisnis Anda