Mengapa Harus Melirik Facebook Ads?

 

Social media masih menjadi salah cara yang luar biasa untuk meningkatkan eksposur dan traffic bagi bisnis Anda. Selain itu, dengan keberadaan social media bagi bisnis dapat menciptakan pelanggan setia, serta menghasilkan prospek dan penjualan. Dan Facebook masih tetap merajai peringkat sebagai social media terpopuler di dunia.

Facebook juga masih menjadi platform social media pilihan bagi mayoritas marketer. Yang tak kalah penting, tidak ada yang murah dalam membangun sebuah brand dan menciptakan permintaan baru untuk produk dan layanan Anda di social media. Jika Anda belum menggunakan Facebook Ads, mungkin ini saatnya Anda meliriknya.

Baca juga Berkenalan dengan Aturan Baru Facebook News Feeds

Ada sembilan alasan Facebook Ads akan membantu membuat bisnis Anda sukses.

#1. Orang Menghabiskan Banyak Waktu di Facebook

Berdasarkan data dari We Are Social, tahun 2018 ini Facebook telah memiliki lebih dari 2,17 miliar pengguna aktif per bulannya. Sebagian besar dari pengguna ini akan membaca news feed Facebook mereka beberapa kali per hari. Terlepas dari siapa saja pelanggan Anda, mereka pasti telah menggunakan Facebook. Dan, mereka pun menggunakan Facebook setiap hari. Oleh karena itu, salah satu alasan terpenting menggunakan Facebook Ads adalah pelanggan serta calon pelanggan potensial Anda menggunakannya setiap hari.

#2. Facebook Ads Sangat Efektif

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh eMarketer sebanyak 96 persen social media marketer menganggap Facebook sebagai platform periklanan social media yang paling efektif. Iklan di social media telah berkembang menjadi saluran pemasaran yang sangat populer. Facebook Ads bekerja dengan baik untuk perusahaan business to consumer (B2C) maupun business to business (B2B). Efektivitas Facebook Ads ini salah satunya dilatarbelakangi oleh pertumbuhan jumlah pengguna Facebook baru.

#3. Kekuatan Targeting

Kelebihan utama dari Facebook Ads adalah kemampuannya untuk menjangkau audiens yang tepat. Facebook Ads merupakan bentuk iklan yang paling bertarget. Anda dapat beriklan ke audiens berdasarkan usia, minat, perilaku, dan lokasi. Jika Anda benar-benar telah mengenal pelanggan Anda, Anda dapat menggunakan Facebook Ads sebagai sebuah sarana untuk meningkatkan engagement dengan cara melibatkan mereka.

#4. Facebook Ads Membangun Engagement

Facebook Ads membangun keterlibatan atau engagement dengan target audiens Anda. Keterlibatan ini dapat dilihat dari like, komentar serta interaksi pada iklan Anda. Keterlibatan ini merupakan hal yang sangat penting karena menandakan hubungan yang lebih kuat dengan audiens Anda. Semakin terlibat audiens Anda, semakin kuat koneksi Anda dengan mereka. Semakin terhubung mereka dengan bisnis Anda, semakin besar kemungkinan mereka akan berkonversi. Berinvestasi dalam pengelolaan social media juga dapat meningkatkan keterlibatan Anda secara dramatis.

#5. Facebook Ads Lebih Efektif daripada Jangkauan Organik

Era pemasaran organik Facebook sudah berakhir. Tidak ada lagi yang namanya pemasaran Facebook organik. Agar brand atau produk Anda sukses, Anda harus menggunakan Facebook Ads. Bahkan bila Anda telah membangun komunitas followers atau fans Anda, Anda tetap harus menggunakan Facebook Ads untuk mengembangkan komunitas Anda. Facebook Ads merupakan sebuah keharusan bila bisnis Anda berencana untuk menyesuaikan dengan strategi digital marketing.

#6. Setting Facebook Ads Sederhana dan Mudah

Siapapun bisa beriklan di Facebook Ads. Tak perlu menjadi perusahaan Fortune500 atau mencari kucuran dana untuk beriklan di Facebook. Hal terbaik dari Facebook Ads adalah Anda bisa memulai tanpa uang yang besar. Bahkan, Anda dapat mengarahkan orang ke landing page Anda hanya dengan biaya US$0,10 – US$0,30 per klik, tergantung pada penempatan iklan. Selain murah, dibandingkan dengan Google AdWords, mengelola Facebook Ads adalah proses yang jauh lebih mudah. Anda juga tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk belajar tentang Facebook Ads sebelum Anda dapat menyiapkan kampanye pertama Anda.

#7. Facebook Ads Mudah Diukur

Bicara tentang return of investment, dengan Facebook Ads hasilnya bisa terukur. Facebook Ads akan memberi Anda semua informasi atau insight yang Anda butuhkan untuk melihat ROI apa yang telah Anda dapatkan dari iklan Anda. Anda dapat melihat berapa banyak impresi, klik, dan konversi yang Anda terima. Dengan menggunakan berbagai informasi yang disediakan oleh Facebook akan memungkinkan Anda untuk melihat keberhasilan maupun kegagalan iklan Anda. Anda juga akan mendapatkan data penting seperti cost per click (CPC), cost per like atau cost per conversion. Dari informasi tersebut, Anda bisa memutuskan apakah akan menambah atau menurunkan budget pembelanjaan iklan Anda.

#8. Facebook Ads Membantu Menetapkan Tujuan yang Jelas

Ada dua jenis Facebook Ads yang dapat Anda jalankan dan masing-masing memiliki tujuan yang berbeda untuk bisnis Anda. Dengan engagement ads, sasaran kampanye Anda adalah melibatkan audiens dengan mendorong mereka untuk bertindak dan berinteraksi dengan posting Anda. Fokus iklan ini adalah membantu mendapatkan informasi tentang bisnis Anda serta menumbuhkan dan memelihara audiens Anda.

Baca juga Tips: Memilih Facebook Ads yang Terbaik untuk Bisnis Anda (Bagian #1)

Jenis lainnya adalah direct response ads yang bertujuan untuk mengarahkan prospek dan penjualan. Iklan ini akan memiliki tawaran dan ajakan bertindak seperti sign up, call now atau click here. Penawaran dan ajakan bertindak adalah dua komponen penting untuk direct response ads agar sukses. Iklan jenis ini bagus jika Anda mencoba menjual produk tertentu atau menawarkan penawaran baru.

#9. Mengubah Visitor menjadi Leads & Customer

Dengan Facebook Ads akan membawa traffic baru ke situs web Anda. Lebih dari itu, Anda juga bisa mendapatkan leads, pelanggan baru bahkan penjualan alias sales. Facebook Ads akan membantu Anda untuk menangkap prospek yang berkualitas atau melakukan penjualan dengan lebih sering.

Apakah Anda masih ragu menggunakan Facebook Ads untuk mendongkrak brand atau bisnis Anda? Jika Anda malah pusing, bingung atau ragu-ragu akan pentingnya Facebook Ads untuk bisnis, Anda bisa menggunakan jasa digital marketing agency. ChubbyRawit, digital marketing agency di Jakarta akan memberikan jasa konsultasi sekaligus membuat strategi, eksekusi, monitoring hingga evaluasi dan reporting untuk social media ads bisnis Anda. Segera isi formulir di bawah ini dan konsultan kami akan segera menghubungi dan memberikan solusi terbaik untuk pemasaran bisnis Anda.