Mengapa Harus Berinvestasi ke YouTube Ads?

Siapa yang tidak mengakses Youtube saat ini? Hampir semua orang di seluruh dunia mengakses YouTube setiap waktunya untuk mendapatkan informasi atau hiburan yang sesuai dengan minat mereka. Mungkin Anda termasuk salah satunya? Secara global, data dari We Are Social  hingga bulan Juli 2019 menyebut YouTube menduduki posisi kedua setelah Facebook sebagai social platform dengan 2 miliar pengguna aktif. Berdasarkan data dari EMGI Group, sekitar 50 juta dari pengguna tersebut adalah pembuat konten yang mengunggah konten-kontennya yang berjumlah sekitar  576.000 jam video ke YouTube hampir setiap harinya. 

Baca juga:Berkenalan dengan Youtube Advertising

Bicara tentang Youtube, pasti tidak bisa dipisahkan dengan Youtube Ads. Pada saat menonton YouTube, pasti akan muncul beberapa video yang menampilkan iklan dari suatu brand atau produk yang disebut YouTube Ads. Pembahasan tentang Youtube Ads memang sudah pernah dibahas pada artikel sebelumnya. Di artikel ini, kami akan mengulas lebih dalam tentang alasan harus melirik YouTube Ads. 

Namun, sekedar mengingat kembali YouTube Ads adalah fitur yang disediakan oleh Youtube sebagai media promosi bagi para pebisnis untuk mempromosikan konten produk atau jasa di YouTube. Menurut AOL Platform, Youtube Ads menjadi salah satu iklan social media terkuat dan mendorong lebih banyak konversi dibandingkan platform lain. Pernyataan ini berasal dari hasil penelitian pada September 2016 berdasarkan 500 juta klik, 15 juta konversi, dan tiga miliar tayangan di seluruh platform social media. Studi yang sama juga mengatakan bahwa social media ads mengarah pada konversi sebesar 25% lebih banyak daripada pendekatan organik.  

Nah, hal ini bisa menjadi pertimbangan untuk menggunakan YouTube Ads bagi bisnis atau brand Anda. Selain itu, ada beberapa alasan lain yang bisa juga Anda pertimbangkan untuk melirik Youtube Ads. 

Alasan Berinvestasi ke YouTube Ads

1. Reach yang luas

Dari semua video dan channel yang tersedia di YouTube, terdapat sekitar 1 miliar kunjungan unik setiap bulannya. Dengan demikian, YouTube memiliki potensi untuk menjangkau sasaran dengan tepat sesuai dengan jenis video yang disukai oleh populasi di dunia.

2. Targeting yang jelas

Meskipun reach YouTube sangat luar biasa, namun reach tidak berarti apa-apa jika tidak anda tidak dapat menjangkau audiens Anda. Dengan YouTube Ads, Anda dapat menggunakan penargetan secara presisi berdasarkan demografi, lokasi, minat, perangkat yang digunakan audiens Anda dan bahkan waktu untuk memastikan bahwa video Anda diterima oleh audiens yang tepat.

3. Terjangkau 

Anda tidak perlu mengeluarkan anggaran yang besar untuk memasang iklan secara efektif di YouTube. Sistem pembayaran pay-per-view (PPV) Google AdWord yang fleksibel akan memungkinkan Anda untuk menetapkan anggaran secara mingguan dan bahkan menentukan jumlah maksimum yang ingin Anda bayar per tampilan yang dikenal sebagai pembayaran cost-per-view

4. Mudah diukur

Salah satu keuntungan terbesar dari YouTube Ads adalah kemampuan untuk mengukur keberhasilan kampanye Anda. Periklanan konvensional biasanya lebih sulit untuk mengukur apakah telah mencapai target audiens Anda atau tidak. Dengan Google AdWords, Anda bisa mengakses ke laporan analitik. Laporan ini mencakup jumlah orang yang telah melihat video Anda dan jumlah subscriber baru yang telah terhubung serta detail dari mana mereka berasal.

5. Membangun koneksi dan interaksi

Melalui iklan video, akan sangat memungkinkan untuk Anda berinteraksi dengan pelanggan dengan cara yang unik dan bermakna. Dengan menggunakan video kreatif untuk terhubung dengan audiens, Anda dapat memotivasi mereka untuk memilih brand atau bisnis yang Anda tawarkan.

Nah bagaimana? Ternyata cukup menarik bukan alasan berinvestasi ke Youtube ads? Atau Anda tidak punya waktu untuk belajar, setup, monitor iklan YouTube Anda? Tidak masalah! ceritakan keperluan Anda kepada ChubbyRawit, creative digital marketing agency di Jakarta. Isi contact form berikut dan konsultan kami akan segera menghubungi serta membantu Anda!