Buat Anda para business owner atau marketeer yang sedang menjalankan digital campaign pasti sedang memutar otak agar campaign Anda berjalan lebih efektif bukan?
Selain trial and error dan mencoba berbagai strategi, Anda juga harus menggunakan tools yang akan membantu digital campaign Anda berjalan lebih efektif.
Di artikel ini akan membahas tools yang wajib Anda gunakan untuk digital campaign Anda. Selain karena gratis, tools ini juga akan sangat membantu Anda dalam mengevaluasi serta melakukan improvement untuk digital campaign Anda ke depannya.
Tools yang dimaksud adalah Google Analytics (GA), Google Tag Manager (GTM), dan Facebook Pixel.
Simak bagaimana ketiga tools ini bisa membuat digital campaign Anda menjadi lebih efektif!
Table of Contents
Google Analytics (GA)
1. Apa itu Google Analytics (GA)?
Anda tidak akan bisa meningkatkan efektifitas digital campaign jika tidak ada yang dapat diukur, bukan?
Di sinilah Google Analytics berperan!
Ini adalah tools analitik terbesar yang dapat diakses secara gratis untuk mendapatkan report dalam bentuk data metrics.
Google Analytics adalah layanan Google gratis yang lahir pada tahun 2006. Sejak itu, ini adalah salah satu platform andalan yang akan membantu Anda membuat keputusan terbaik di saat-saat kritis.
Google Analytics memungkinkan Anda melacak situs web, blog, dan jejaring sosial. Selain itu, ini memberikan Anda laporan yang telah ditentukan sebelumnya dan dapat disesuaikan. Dan juga, Google Analytics menawarkan lebih banyak data dan metrik daripada yang lain.
Dengan adanya Google Analytics, pekerjaan membuat report akan lebih mudah dan juga data yang diberikan pun sangat lengkap.
Baca juga: Metrik-metrik Digital Marketing yang Wajib Diketahui
2. Manfaat GA untuk mengefektifkan digital campaign
Ada kemungkinan bahwa Anda mendapatkan banyak traffic di website tapi sedikit konversi. Di sinilah Anda bisa memanfaatkan Google Analytics untuk mengevaluasi kemudian melakukan improvement pada digital campaign Anda.
Dengan Google Analytics, Anda dapat mengetahui cara kerja website Anda, jumlah pengunjung yang datang melalui sumber yang berbeda, halaman mana yang paling banyak dikunjungi, atau halaman mana yang harus Anda perbarui, dan lain-lain.
Berikut ini ada beberapa hal yang dapat Anda manfaatkan dari Google Analytics untuk membantu mengefektifkan digital campaign:
-
Sumber traffic
Anda pastinya ingin tahu kan dari mana datangnya pengunjung di website Anda?
Google Analytics akan memberi tahu Anda sumber dari pengunjung Anda berasal. Data ini ditampilkan dalam tabel yang memperhitungkan sumber traffic yang memberikan traffic ke website Anda.
Anda hanya tinggal klik bagian “Acquisition” di bagian kiri, dan Anda akan ditampilan sumber dari pengunjung website Anda.
Hal ini sangat berguna untuk proses evaluasi dan meningkatkan efektifitas digital campaign Anda.
-
Average time on the page
Ini adalah metrik yang menghitung waktu yang dihabiskan pengunjung di website Anda.
Informasi ini dapat membantu Anda mendapatkan faktor-faktor penting seperti:
- Tingkat ketertarikan pengunjung di website Anda.
- Kecepatan membaca rata-rata halaman.
- Tingkat engagement halaman web Anda.
Dengan informasi tersebut, Anda bisa melakukan audit terhadap website Anda dan melakukan improvement agar digital campaign Anda bisa lebih sukses.
-
Interests
Jika sebelumnya tadi sudah dibahas mengenai asal datangnya pengunjung website dan berapa lama rata-rata mereka mengunjungi website Anda, selanjutnya yang tidak kalah penting adalah mengidentifikasi ketertarikan pengunjung Anda.
Penting untuk Anda memahami minat atau hal-hal yang disukai oleh pengunjung Anda. Terutama bagi Anda para Content Marketer agar dapat mengevaluasi content di website.
Selain itu, interest juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan pertimbangan sebelum beriklan.
Sebagai contoh, data interest dari gambar di atas mengatakan bahwa interest terbesar adalah travel, maka kita bisa memilih beriklan di placement Travel.
Data-data yang didapatkan dari interest bisa digunakan sebagai bahan untuk lebih dekat dengan audiens Anda. Seperti membuat konten dengan topik yang disukai oleh audiens, atau memilih tempat di mana audiens Anda tertarik di situ.
Google Analytics menawarkan informasi ini kepada Anda melalui keyword atau konsep yang digunakan dalam pencarian. Minat adalah tema dan kata-kata yang membuat audiens datang ke website Anda.
-
Custom reports
Google Analytics juga dapat disesuaikan berdasarkan laporan apa yang Anda butuhkan. Anda dapat menyesuaikan laporan traffic berdasarkan kategori yang ada pada Website Anda.
Baca juga: Kupas Tuntas SEM (Search Engine Marketing)
Google Tag Manager (GTM)
1. Apa itu Google Tag Manager (GTM)?
Google Tag Manager adalah sistem pengelolaan tag gratis yang memungkinkan Anda mengelola dan menerapkan marketing tags (snippets of code atau tracking pixels) di website Anda tanpa harus mengubah kode.
Berikut adalah contoh yang sangat sederhana tentang cara kerja Google Tag Manager.
Informasi dari satu sumber data (website Anda) dibagikan dengan sumber data lain (Google Analytics) melalui Google Tag Manager.
Ada tiga bagian utama dari Google Tag Manager:
- Tag
Dilansir dari Moz, tag adalah potongan kode atau script yang ditambahkan ke HTML website untuk mengumpulkan informasi dan mengirimkannya kepada pihak ketiga, seperti Google Analytics dan Google AdWords.
Contoh tag dalam Google Tag Manager adalah:
- Google Analytics Universal tracking code atau GA4 tracking code
- Adwords Remarketing code
- Adwords Conversion Tracking code
- Facebook pixels
- Custom HTML scripts
- Pemicu/Trigger
Setiap tag di website harus memiliki tujuan tertentu. Mungkin Anda ingin agar tag mengirimkan informasi saat seseorang mengunduh file, saat tautan diklik, atau saat formulir dikirimkan.
Peristiwa semacam ini dikenal sebagai pemicu/trigger dan semua tag harus memiliki setidaknya satu pemicu yang ditetapkan.
Contoh pemicu umum dalam Google Pengelola Tag adalah:
- Pageviews
- Links clicks
- Form submissions
- Custom events
- Variabel
Sementara tag bergantung pada trigger, trigger bergantung pada variabel.
Variabel adalah informasi tambahan yang mungkin diperlukan GTM agar tag dan pemicu Anda berfungsi.
Variabel berisi nilai yang perlu dievaluasi oleh trigger untuk mengetahui apakah trigger harus diaktifkan atau tidak. Tag membandingkan nilai variabel dengan nilai yang ditentukan di trigger dan jika variabel memenuhi kondisi trigger, tag akan diaktifkan.
Tag juga menggunakan variabel untuk mengumpulkan informasi yang dapat diteruskan ke lapisan data saat pengunjung berinteraksi dengan website. Contoh umum dari hal ini adalah jika tag diaktifkan saat seseorang menambahkan sejumlah produk ke keranjang belanja mereka.
2. Manfaat GTM untuk mengefektifkan digital campaign
Dengan Google Tag Manager, Anda dapat mengatur dan melacak berbagai events dengan mudah tanpa harus memakan waktu yang lama hanya untuk mengelola tag pada sebuah website.
Selain itu, ada beberapa manfaat dari Google Tag Manager yang akan bermanfaat untuk digital campaign Anda:
-
Pengelolaan tag lebih efisien
Salah satu yang akan Anda rasakan adalah memudahkan dalam pengelolaan tag secara efisien.
Anda dapat dengan mudah dalam mengedit, menambahkan, menonaktifkan, dan menghapus tag pada website.
-
Mempercepat website
Salah satu resiko ketika tag diaktifkan secara bersamaan adalah proses loading website menjadi lambat.
Dengan Google Tag Manager, Anda dapat mengatur prioritas tag mana yang akan digunakan. Sehingga dapat diaktifkan secara bergantian, sesuai dengan kebutuhan.
-
Praktis dengan adanya Container
Saat Anda mulai menggunakan GTM, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat container atau wadah. Container pada dasarnya “menampung” semua tag untuk website Anda.
Container digunakan untuk menampung semua tag dalam satu tempat. Selain memudahkan dalam pengelolaan karena lebih praktis, tapi juga tidak membebani website.
-
Dapat dilakukan sendiri
Dengan Google Tag Manager, Anda bisa membuat berbagai perubahan pada website Anda sendiri dan tidak perlu bergantung lagi pada developer.
Dengan adanya perangkat debugging dan mode preview, Anda bisa lebih yakin dengan website Anda sebelum mem-publish-nya.
Baca juga: Apa itu Online Advertising?
Facebook Pixel
1. Apa itu Facebook Pixel?
Facebook Pixel adalah fitur analitik berupa kode yang ditempatkan pada website untuk mengumpulkan data yang akan membantu mengukur efektivitas digital campaign dengan memahami tindakan atau aktifitas orang di website Anda.
Kode yang digunakan Facebook Pixel adalah cookie. Cookie ini mampu melacak pengunjung situs sehingga pengiklanan bisa lebih sesuai.
Facebook Pixel juga digunakan dalam melacak konversi dari Facebook ads, mengoptimalkan iklan, membangun jaringan audiens yang akan ditargetkan untuk iklan di masa depan, dan remarketing untuk orang-orang yang pernah berinteraksi di website Anda.
Dengan kata lain, keberadaan Facebook Pixel bisa digunakan untuk memastikan iklan ditayangkan ke orang yang tepat, mencari pelanggan baru, mendorong lebih banyak penjualan, dan mengukur hasil iklan Anda.
Baca juga: Mengenal Facebook Pixel dan Manfaatnya Untuk Bisnis Anda
2. Manfaat Facebook Pixel untuk mengefektifkan digital campaign
Facebook Pixel adalah alat pengumpulan data yang akan membantu memaksimalkan iklan Anda di Facebook dan Instagram.
Facebook Pixel melacak berbagai tindakan yang dilakukan pengunjung di website Anda, seperti melakukan pembelian atau menambahkan sesuatu ke keranjang belanja mereka.
Berikut ini beberapa manfaat dari Facebook Pixel untuk mengefektifkan digital campaign Anda:
-
Meningkatkan ROI pada pembelanjaan Facebook ads
Data Facebook Pixel membantu memastikan iklan Anda dilihat oleh orang-orang yang kemungkinan besar akan melakukan interaksi yang Anda inginkan.
Ini memungkinkan Anda untuk meningkatkan tingkat konversi iklan Facebook Anda dan mendapatkan ROI yang lebih baik.
Bahkan, jika Anda belum menggunakan iklan Facebook atau Instagram, Anda harus menginstal Facebook Pixel sekarang.
Hal ini dikarenakan Facebook Pixel akan mengumpulkan data sehingga Anda tidak perlu memulai dari awal saat Anda akan membuat iklan Facebook pertama kali.
-
Pelacakan konversi Facebook
Facebook Pixel memungkinkan Anda melihat bagaimana orang berinteraksi dengan situs web Anda setelah melihat iklan Facebook Anda.
Anda bahkan dapat melacak pelanggan di seluruh perangkat mereka. Ini memungkinkan Anda melihat apakah orang cenderung melihat iklan Anda di seluler atau di desktop.
Informasi ini dapat membantu Anda menyempurnakan strategi iklan dan menghitung keuntungan atas investasi Anda.
-
Facebook retargeting
Data penargetan ulang Facebook Pixel memungkinkan Anda menampilkan iklan bertarget kepada orang-orang yang telah mengunjungi situs Anda.
Mulai dari orang-orang yang melakukan add to cart tapi tidak menyelesaikan prosesnya, masuk ke halaman tertentu, mendaftarkan akun, hingga mendaftarkan newsletter pada website. Sedetail itu!
-
Mengoptimalkan values Facebook Ads
Saat Facebook mengumpulkan data tentang siapa yang membeli dari situs Anda dan berapa banyak yang mereka belanjakan, ini dapat membantu mengoptimalkan audiens iklan Anda berdasarkan value.
Artinya, iklan Anda akan ditampilkan secara otomatis kepada orang-orang yang kemungkinan besar akan melakukan pembelian bernilai tinggi
-
Mengumpulkan audiens sejenis (looklike)
Facebook dapat menggunakan data penargetannya untuk membantu Anda mengelompokkan audiens dari orang-orang yang memiliki kesukaan, minat, dan demografi yang serupa dengan orang-orang yang sudah berinteraksi dengan situs web Anda.
Data ini diperoleh dari interaksi pengunjung dengan website atau cookies, seperti pembelian, pendaftaran akun, berlangganan e-mail, dan lain sebagainya.
Ini dapat membantu memperluas basis pelanggan potensial Anda.
Baca juga: Bagaimana Digital Marketing dapat Membantu Mengembangkan Bisnis di Tahun 2022
Nah, berikut tadi adalah ketiga tools yang dapat membantu digital campaign Anda menjadi lebih efektif lagi.
Bagaimana? Ingin segera mulai mengimplementasikan untuk bisnis Anda?
Jika Anda masih ragu dan khawatir, atau mungkin Anda tidak punya cukup waktu untuk mengimplementasikan semuanya untuk bisnis Anda, ChubbyRawit siap membantu Anda!
ChubbyRawit siap membantu Anda menjalankan digital campaign mulai dari perencanaan strategi, pelaksanaan, monitoring, evaluasi, hingga reporting.
Silakan mengisi formulir di halaman contact us, dan konsultan kami akan menghubungi Anda untuk berdiskusi tentang solusi kebutuhan marketing bisnis Anda.
Penulis: Bayu Pamungkas