Sejak adanya pandemi covid-19 di tahun 2020, hampir semua bisnis di Indonesia terdampak. Mulai dari bisnis kecil, menengah, bahkan skala besar sekalipun. Berbagai cara dilakukan oleh para pemilik bisnis agar tetap bisa bertahan di masa pandemi. Salah satunya adalah dengan melakukan upaya digital marketing.
Dengan perubahan dan evolusi tekologi modern, berbagai bisnis mulai melakukan segala cara yang bisa dilakukan untuk tetap bertahan dan berkembang. Bisnis konvensional satu-per-satu mulai bertransformasi ke digital.
Bisnis yang sebelumnya tidak memiliki website, sekarang sudah mulai mempertimbangkan menggunakan website. Bisnis yang sebelumnya tidak menggunakan media sosial, sekarang sudah mulai mempertimbangkan menggunakan media sosial.
Baca juga: 5 Jenis Pekerjaan Digital Marketing dan Manfaatnya Bagi Bisnis
Selain itu, pandemi tidak hanya memberikan perubahan pada proses bisnis saja. Namun juga perilaku konsumen di Indonesia yang mulai berubah.
Coba ingat, kapan terakhir kali Anda membeli sabun, shampo, atau kebutuhan lainnya ke toko offline secara langsung? Atau, kapan terakhir kali Anda membeli pakaian di mall atau toko-toko offline secara langsung?
Apakah di minggu ini Anda mendengar kata “Pakeet” yang diteriakkan di depan rumah Anda? Secara tidak sadar, mungkin Anda juga mengalami perubahan kebiasaan yang sebelumnya membeli sesuatu di toko offline, sekarang sudah beralih ke online.
Ini adalah salah satu contoh perubahan perilaku yang muncul semenjak adanya pandemi. Anda juga perlu tahu bahwa pengguna aktif media sosial dan internet di Indonesia terus meningkat di tiap tahun.
Dengan semakin meningkatnya pengguna aktif media sosial dan internet di Indonesia, membuat berbagai bisnis harus terus berkembang dan memanfaatkan perkembangan tersebut. Kemampuan beradaptasi menjadi kunci untuk terus bertahan di segala perubahan yang tidak pasti.
Digital marketing bisa menjadi salah satu solusi bagi Anda yang ingin terus mengembangkan bisnis di era yang terus berkembang. Berikut ini adalah bagaimana digital marketing dapat membantu bsinis Anda berkembang di tahun 2022:
Baca juga: Tren Digital Marketing di 2022
Table of Contents
1. Digital marketing membantu menjangkau pasar yang lebih luas
Digital marketing mampu membantu Anda untuk mengembangkan bisnis Anda dengan menjangkau pasar lebih luas. Mengingat jumlah pengguna internet dan media sosial yang semakin meningkat di tahun 2022 ini, semakin banyak juga peluang untuk menjangkau pasar yang lebih luas menggunakan digital marketing.
Berdasarkan data dari We Are Social, pengguna internet berusia 16 hingga 44 tahun di Indonesia paling banyak menemukan bisnis, produk atau layanan baru melalui search engines.
Anda bisa menggunakan strategi SEO agar dapat menjangkau target audiens yang sering melakukan pencarian melalui search engine seperti Google.
Selain itu, pesatnya kenaikan pengguna aktif media sosial di Indonesia menjadi peluang bagi para pemilik bisnis untuk melakukan strategi marketing melalui media sosial.
Dengan menerapkan rencana digital marketing, Anda dapat dengan mudah memperluas bisnis ke area dan lokasi baru tanpa hambatan lokasi. Kampanye digital marketing dapat diatur dengan mudah dan dalam waktu singkat, sangat fleksibel, dan Anda dapat menargetkan jenis audiens Anda tanpa kesulitan.
2. Digital marketing dapat menjadi jembatan antara bisnis dengan pelanggannya
Selain Anda dapat menjangkau pasar yang lebih luas, digital marketing juga bisa menjadi jembatan antara bisnis dengan pelanggan.
Digital marketing dapat memfasilitasi interaksi dengan audiens bisnis Anda. Anda bisa memanfaatkan email marketing, social media marketing, maupun channel lain yang ada dalam digital marketing sebagai penghubung dengan pelanggan Anda.
Dengan interaksi yang dijalankan dengan audiens, Anda dapat memberikan pengalaman pelanggan atau customer exerience yang lebih baik.
Selain itu, digital marketing juga dapat memberikan insight kepada Anda tentang apa yang sebenarnya mereka inginkan atau apa yang sedang ramai diperbincangkan oleh audiens Anda. Anda dapat memanfaatkan fitur analitik di masing-masing channel digital marketing untuk mendapatkan insight yang berguna untuk bisnis Anda.
Baca juga: 20+ Istilah Penting dalam Digital Marketing yang Wajib Anda Ketahui!
3. Digital marketing lebih hemat dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional
Konsumen di Indonesia saat ini lebih mandiri dalam mencari informasi yang ingin mereka cari atau produk yang ingin mereka beli.
Data dari We Are Social di atas, beberapa alasan pengguna internet di Indonesia menggunakan internet dan media sosial untuk mencari informasi atau brand/bisnis sebelum mereka memutuskan untuk membeli suatu produk.
Digital marketing akan menjadi metode yang lebih efektif dan menghemat biaya dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional. Bisa Anda bayangkan berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk menjalankan iklan di majalah cetak ataupun di saluran TV?
Dengan perilaku konsumen saat ini, akan jauh lebih efektif untuk membuat bisnis Anda berada dalam internet maupun media sosial. Harga beriklan di media sosial maupun di internet-pun jauh lebih murah daripada harus beriklan di TV.
Ketika Anda beriklan di internet atau media sosial, Anda hanya akan dikenakan biaya jika iklan Anda diklik atau dilihat oleh audiens yang sudah Anda targetkan. Berbeda dengan TV di mana Anda akan dikenakan biaya setiap kali iklan Anda ditayangkan baik itu sesuai dengan target audiens Anda atau tidak.
Bahkan, beberapa bentuk digital marketing bahkan bisa gratis. Anda bisa membuat konten di halaman Facebook, Instagram, atau media sosial lain tanpa mengeluarkan biaya sama sekali.
Bisa dibayangkan bukan, berapa biaya yang bisa Anda tekan dengan menggunakan digital marketing?
4. Digital marketing efektif meningkatkan pendapatan dan ROI yang terukur
Dilihat dari tiga poin sebelumnya, tidak dapat dipungkiri bahwa digital marketing efektif meningkatkan pendapatan untuk bisnis.
Selain itu, yang membedakan antara digital marketing dan pemasaran tradisional adalah Anda dapat melakukan pelacakan dan pengukuran terhadap kampanye digital Anda. Dengan data yang disediakan di berbagai tools digital marketing, Anda dapat melihat kesuksesan dari suatu kampanye yang Anda jalankan.
Kemampuan untuk melacak dan mengukur hasil secara real-time juga memungkinkan Anda melakukan penyesuaian terhadap cara Anda menggunakan anggaran pemasaran.
Jika analitik mengatakan bahwa taktik tertentu tidak berfungsi, Anda dapat dengan mudah mengarahkan resource Anda ke yang benar-benar berfungsi, memungkinkan Anda mengurangi pengeluaran yang tidak perlu pada saat yang bersamaan.
Dengan begitu, Anda dapat berkonsentrasi pada strategi yang kemungkinan besar akan membantu bisnis lokal Anda berkembang.
Baca juga: Metrik-metrik Digital Marketing yang Wajib Diketahui Pebisnis
5. Digital marketing membantu membangun reputasi bisnis
We Are Social menyebutkan bahwa 67.5% pengguna internet di Indonesia riset suatu brand atau bisnis secara online sebelum melakukan pembelian.
Keberadaan bisnis atau brand Anda di internet melalui digital marketing akan membangun reputasi bisnis yang sehat dan tepercaya. Anda dapat berinvestasi dalam desain grafis yang bagus untuk logo bisnis, tagline yang menarik, atau slogan dapat sangat membantu bisnis untuk mempertahankannya di kepala audiens yang ditargetkan.
Pelanggan yang senang dan puas tentunya akan berbagi pengalamannya dengan orang lain dan ini akan membuka peluang bagi calon pelanggan baru dan pasar yang lebih besar bagi perusahaan Anda.
6. Memberikan kemudahan dalam melihat perubahan bisnis dan teknologi
Semenjak adanya pandemi di tahun 2020, hampir semua sektor industri mengalami perubahan. Salah satunya adalah perubahan di bidang teknologi. Hampir semua kegiatan sehari-hari saat ini tidak terlepas dari sektor teknologi. Dan perubahan tersebut mempengaruhi bagaimana bisnis bekerja saat ini.
Mengetahui perubahan bisnis merupakan hal yang sangat penting. Masalahnya, tidak semua pemilik bisnis dapat dengan cepat mengetahui perubahan dalam bisnisnya.
Dengan strategi digital marketing, hal ini tidak akan menjadi masalah, sebab perubahan bisnis bisa dengan mudah Anda ketahui tanpa harus menunggu waktu yang lama. Dengan begitu, analisis dan evaluasi bisnis pun juga dapat Anda lakukan dengan cepat.
Digital marketing dapat menempatkan Anda di garis depan perubahan teknologi. Strategi digital marketing yang baik akan membuka jalan bagi bisnis Anda untuk merangkul perubahan.
Baca juga: Membangun Tim In-house, Hire Digital Marketing Agency atau Freelancer?
6 hal di atas tadi adalah betapa pentingnya peran digital marketing dalam mengembangkan bisnis Anda di tahun 2022 ini.
Jika Anda membaca artikel ini sampai selesai, pasti Anda juga sudah membaca artikel lain yang berhubungan dengan digital marketing bagi bisnis, bukan? Mungkin saat ini Anda sedang mempelajari tentang seluk beluk dunia online dan ingin menerapkannya di bisnis Anda.
Pertanyaannya, apakah Anda sudah mulai menerapkan digital marketing untuk bisnis Anda? Atau Anda bingung bagaimana memulainya? Mari berdiskusi dan berkonsultasi dengan tim kami. Silahkan mengisi formulir di kolom contact us, dan konsultan kami siap membantu Anda.
Penulis: Bayu Pamungkas