Tips: Memilih Facebook Ads yang Terbaik untuk Bisnis Anda (Bagian #2)

Melanjutkan artikel yang membahas tentang jenis Facebook Ads yang lalu. Pada artikel sebelumnya telah membahas dua tahap Facebook Ads yaitu Awareness, dan Consideration. Sekarang, kita akan membahas tahap Facebook Ads yang terakhir yaitu Conversion. 

Terlewat artikel sebelumnya? Baca Tips: Memilih Facebook Ads yang Terbaik untuk Bisnis Anda (Bagian #1)

#3. Conversion Campaign

Tahap kampanye terakhir adalah conversion campaign atau konversi. Pada campaign ini tujuan Anda beriklan adalah agar audiens Anda menyelesaikan buyer’s journey mereka. Pada tahap inilah semua aktivitas iklan akan menghasilkan pengukuran pendapatan. Atau dengan kata lain konversi adalah kunci untuk meraih kesuksesan. Dan, kampanye tahap konversi ini menawarkan analisis ideal untuk memastikan iklan sesuai dengan keinginan Anda.

Pada tahap ini Anda dapat melihat berapa banyak audiens yang melakukan tindakan tertentu yaitu membeli produk, subscribe newsletter Anda, menjadi member Anda atau sign up untuk campaign Anda. Agar Facebook Ads Anda sukses, Anda perlu menguji, dan mengukur di mana Anda melihat hasil yang bagus. Kampanye tahap konversi ini akan memberi Anda cara mudah untuk mengukurnya. Ada tiga opsi yang bisa Anda pilih untuk campaign ini.

  • Meningkatkan Konversi di Website

Facebook Pixel

Iklan jenis ini serupa dengan opsi mendatangkan orang untuk berkunjung ke website Anda. Hanya saja, opsi ini menggunakan Facebook pixels (yang juga perlu Anda pasang di situs Anda) untuk menentukan apakah tindakan konversi yaitu menonton video, meninggalkan email untuk newsletter dan membeli produk benar-benar terjadi. Dengan iklan tersebut, Anda tidak hanya dapat melihat apakah ada tindakan konversi, Anda juga dapat menerapkan A/B testing pada call-to-action Anda untuk mengoptimalkan aktivitas konversi.

  • Mempromosikan Katalog Produk

Ini adalah salah satu penawaran Facebook yang lebih baru, dan sangat cocok untuk Anda pemilik bisnis ritel. Pilihan ini, juga dikenal sebagai iklan dinamis, yang memungkinkan Anda untuk mengunggah produk ke Facebook – dan kemudian menggunakan algoritme Facebook untuk menampilkan produk kepada khalayak yang relevan. Ya, Anda dapat menggunakan penargetan untuk menetapkan target pemirsa produk Anda untuk meningkatkan konversi ke opsi situs Anda.

  • Store Visit

Tujuan kampanye ini secara objektif sama dengan tujuan Reach. Bedanya adalah bahwa Anda menghubungkan kampanye dengan Facebook Page Anda dan menciptakan iklan yang menjangkau orang-orang dalam jarak tertentu dari lokasi bisnis Anda. Store visit ini hanya bekerja jika Anda telah melakukan set-up lokasi toko offline Anda yang up to date di Facebook Page Anda. Jenis Facebook Ads ini sangat berguna jika Anda ingin menjangkau sebanyak mungkin orang dalam jarak tertentu dari bisnis Anda.

Tak hanya jenis Facebook Ads yang sebaiknya Anda tahu untuk kampanye brand Anda, tak ada salahnya bila Anda juga mengerti format Facebook Ads. Format ini menentukan cara Anda bercerita tentang kampanye produk atau brand Anda. Apakah Anda ingin menggunakan video, foto atau teks – atau kombinasi dari elemen tersebut – ada format iklan Facebook untuk setiap cerita.

#1. Single Image Ads

Single image ads adalah salah satu jenis iklan yang paling serbaguna, karena Anda dapat menggunakan jenis iklan ini untuk setiap tujuan. Bila Anda ingin agar iklan mendapatkan distribusi dan eksposur yang tinggi, Facebook merekomendasikan penggunaan gambar dengan teks minimal atau tidak sama sekali.

#2. Single Video Ads

Format iklan ini luar biasa karena memungkinkan Anda menggunakan video untuk menceritakan kisah yang lebih menarik dengan konten Anda. 

#3. Carousel Ads

Iklan carousel memungkinkan Anda menjalankan hingga 10 gambar, video, atau tayangan slide dalam satu iklan dan semuanya terhubung ke halaman yang berbeda. Dengan format ini audiens Anda dapat menelusuri media pada perangkat mereka. Anda dapat menggunakan format iklan ini untuk setiap tujuan kecuali untuk: boost post, mempromosikan halaman Anda, menjangkau orang-orang di dekat bisnis Anda, meningkatkan kehadiran di acara Anda, dan mendapatkan video views.

#4. Slideshow Ads

Format iklan ini memungkinkan Anda membuat iklan video perulangan dengan maksimal 10 gambar. Dan mereka tersedia untuk setiap tujuan kecuali untuk promosi katalog produk.

#5. Canvas Ads

Canvas ads adalah format iklan terbaru dan hanya tersedia untuk versi seluler. Format ini memungkinkan Anda membuat iklan seluler yang sangat menarik, dan Anda dapat menggunakan jenis iklan ini dengan lima sasaran yaitu boost post dan brand awareness, meningkatkan jangkauan, meraih video views dan meningkatkan konversi di situs Anda.

Sekali lagi, semua aspek atau tahapan adalah penting untuk menumbuhkan bisnis Anda secara online. Dan dengan pengetahuan tentang tipe serta format Facebook Ads ini, Anda dapat mulai merencanakan kampanye dan memutuskan mana yang tepat untuk Anda pada tahap bisnis Anda saat ini. Tinggal sesuaikan saja dengan tujuan kampanye, budget Anda serta format apa yang ingin Anda sampaikan kepada target audiens Anda. Eits, jangan lupa untuk melakukan memonitor keberhasilan kampanye Anda dengan Facebook Ads.

Anda makin bingung? Capek? Atau terlalu banyak informasi malah bikin sakit kepala? Tenang… Anda tak perlu khawatir lagi sekarang. Ada ChubbyRawit yang akan selalu sigap membantu Anda dalam membuat strategi, eksekusi, monitoring dan evaluasi hingga reporting social media ads Anda. Tinggalkan kontak Anda pada formulir di bawah ini, dan konsultan kami akan segera menghubungi untuk berdiskusi tentang solusi kebutuhan digital marketing Anda.