TikTok dan Manfaatnya Bagi Bisnis Anda

instagram-editorial-calendar

blank

Saat ini dunia digital tengah ramai dengan fenomena platform social media bernama TikTok yang tengah naik daun. TikTok sebagai platform social media menawarkan bermacam fitur seperti efek spesial, unik dan menarik dalam bentuk video yang bisa digunakan oleh semua pengguna platform TikTok dengan mudah.

Adanya music background dari berbagai genre mulai dari R&B sampai pada genre lokal seperti koplo dan dangdut membuat pengguna TikTok dapat menari, lipsync, menjadikan TikTok sebagai platform dimana setiap pengguna dapat berekspresi dan berkereasi sekreatif mungkin atau sekedar membuat video-video bebas lainnya yang disesuaikan dengan music background pilihan mereka.

Meskipun tidak semua orang memiliki kepercayaan diri, kemampuan, dan sumber daya untuk  membuat konten, tetapi semua orang tetap bisa mengakses TikTok tanpa harus membuat konten. Bahkan, tanpa mengikuti siapapun, pengguna TikTok tetap dapat menikmati konten yang berada di dalamnya. Hanya dengan mengunduh aplikasinya, melakukan pencarian di halaman pencarian mereka sudah bisa memutar video yang sesuai dengan preferensi masing-masing.

Pada dasarnya TikTok memiliki target audiens yang berfokus pada usia 16-24 tahun yang mana merupakan bagian dari Generasi Z (Gen Z). Hal ini sesuai dengan karakteristik Gen Z yang cenderung lebih senang dengan pengalaman-pengalaman yang membuat mereka perlu terjun langsung di dalamnya. Namun seiring semakin populernya platform sosial media ini bahkan juga menjadi konsumsi generasi milenial sampai generasi di atasnya sekalipun.

Benefit Platform TikTok Bagi Brand/Bisnis

Masih banyak khalayak yang beranggapan bahwa platform ini merupakan sosial media yang berorientasi pada hiburan semata. Namun siapa sangka berawal dari datangnya COVID-19 yang mengharuskan orang-orang untuk lebih menghabiskan waktunya di rumah, TikTok mulai digunakan untuk berbagai kegiatan lainnya diluar hiburan misalnya social campaign bahkan sampai pada praktik pemasaran brand ataupun produk.

Baca Juga: Begini Caranya Mengelola Social Media Bisnis Anda di Saat Krisis

Adanya berbagai fitur dan kemudahan akhirnya mendorong orang-orang atau pelaku bisnis untuk memanfaatkan platform ini sebagai instrumen pemasaran mereka. Berikut ini adalah beberapa alasan yang bisa Anda pertimbangkan untuk menjalankan strategi marketing menggunakan platform Tiktok.

2 Miliar kali diunduh dengan Lebih dari 500 Juta Pengguna Aktif

Meskipun terhitung baru dibandingkan Instagram dan Facebook, tapi Tiktok sudah berhasil mencapai angka 2 miliar kali diunduh dan memiliki lebih dari 500 juta pengguna aktif. Angka ini bahkan lebih banyak dari platform sosial media lainnya. Dengan pengguna sebanyak itu, maka menciptakan kemungkinan meluasnya segmentasi serta target audiens bagi brand/bisnis Anda.

Dibanjiri Pengguna dari Kalangan Muda

TikTok - Users

Banyak dari brand/bisnis sekarang yang ingin menjangkau audiens yang lebih muda. Berdasarkan data yang dirilis TikTok, lebih dari 60 persen pengguna TikTok terdiri dari Generasi Z, mengacu pada pengguna yang lahir setelah tahun 1996, menjadikan TikTok sebagai platform yang paling efektif untuk menggapai tujuan tersebut. 

Terlebih Gen Z merupakan target pasar yang menguntungkan secara finansial. Gen Z cenderung lebih konsumtif dibandingkan generasi sebelumnya. Pemahaman Gen Z akan teknologi dan media sosial yang tinggi berimbas pada banyaknya waktu yang mereka habiskan untuk mengeksplorasi platform-platform media sosial termasuk TikTok.

Audiens yang Partisipatif

Kolaborasi merupakan ciri khas dari TikTok, dimana bukan hanya sekedar like, comment, dan share, melainkan untuk ikut berpartisipasi langsung. Pengguna TikTok cenderung lebih memilih untuk berpartisipasi dalam cerita atau aktivitas Anda dibandingkan hanya sekedar mendengarkan cerita. Anda sebagai pelaku bisnis mendapatkan kesempatan bersama-sama dengan komunitas TikTok untuk menciptakan dan ikut andil dalam tren bersama-sama. 

Melalui TikTok, audiens dapat menjadi begitu aktif terlibat oleh kampanye pemasaran, sehingga mendorong mereka untuk membuat kampanye pemasaran versi mereka sendiri. Bagi brand atau bisnis tentu saja akan merasakan dampak positif dari kampanye mereka terhadap kinerja marketing brand Anda.

Fitur Kreatif 

Tiktok menjadi platform sosial media yang memiliki banyak fitur yang ditawarkan mulai dari suara, musik, efek suara, voice-over, reaksi, dan masih banyak lagi. Fitur-fitur ini dapat menjadi penunjang aktivitas marketing brand atau bisnis Anda. Manfaat lainnya dengan fitur kreatif ini adalah menjadi alternatif cara baru untuk bercerita atau story telling in a fun way tentang bisnis anda

Iklan yang Variatif

TikTok telah berinovasi berbagai cara untuk mengiklankan brand Anda secara efektif, yaitu dengan mengkombinasikan konten otentik dan pemasaran yang halus. TikTok pun berupaya membuat produk dapat diakses melalui video yang Anda post di TikTok dan pada saat yang sama, TikTok membuat tampilan yang menyamarkan iklan agar tampak seperti konten yang dibuat oleh pengguna.

Ini termasuk iklan in-feed yang muncul di For You Page, branded hashtag challenges, dan branded filter AR 2D. TikTok juga memungkinkan Anda untuk melakukan bidding agar Iklan Anda muncul secara langsung ketika pengguna di area Anda membuka TikTok, metode yang dikenal sebagai 24-hour takeover.

Jika Anda telah lama berkecimpung di dunia media sosial, Anda pasti pernah mengalami kesulitan dalam membuat konten iklan. Seringkali, kita kesulitan menyeimbangkan konten yang otentik dengan konten yang menjual. TikTok memungkinkan penampilan iklan yang otentik secara visual, namun tetap memiliki elemen periklanan.

Baca Juga: Tren Terbaru di Social Media Selama 2020

Lalu apa saja jenis-jenis marketing campaign yang bisa dilakukan di TikTok? Bagaimana caranya membuat marketing campaign yang sukses di TikTok? Sabar, kami tahu Anda penasaran dengan TikTok marketing. Untuk itu, subscribe blog ChubbyRawit agar Anda tidak terlewatkan artikel-artikel terbaru seputar TikTok Marketing, atau artikel tentang digital marketing, social media, dan branding lainnya.