Peluang bisnis - ChubbyRawitMungkin Anda berpikir untuk meninggalkan pekerjaan tetap Anda dengan jam kerja 9 sampai 5, atau mungkin Anda siap untuk melakukan perubahan karir, atau Anda baru saja lulus dari sekolah dan siap mengubah dunia dengan semangat kewiraswastaan Anda. Apapun alasannya, akhir-akhir ini lebih mudah dari sebelumnya untuk bekerja dari rumah atau memulai sebuah perusahaan startup.

Coba pertimbangkan tiga peluang bisnis kecil yang telah kami ringkas. Mari kita mulai!

#1 Bisnis Online

Keberadaan internet serta kecanggihan teknologi telah mendatangkan berbagai keuntungan sekaligus peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan. Salah satunya adalah bisnis online. Apalagi ceruk pasar bisnis ini masih sangat besar. Berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) pengguna internet di Indonesia hingga saat ini telah mencapai 82 juta orang, dan Indonesia berada pada peringkat ke-8 di dunia. Sedangkan data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 88.1 juta orang.

Bisnis ini pun beragam dengan media yang berbeda. Lantas, apa saja bisnis online yang menarik untuk dijadikan ladang mengeruk pundi-pundi rupiah:

Blogger

Menjadi blogger bisa menjadi pilihan bagi Anda yang memiliki minat menulis atau membahas hal-hal yang menarik. Menjadi blogger bisa menghasilkan uang yang jumlahnya cukup fantastis. Blogger mendapatkan penghasilan dari blog dengan bekerja sama dengan pengiklan. Pendapatan yang didapat dari publisher iklan ini mulai dari US$10 per bulan hingga puluhan ribu dolar bagi yang memiliki blog dengan trafik ribuan per hari.

Youtuber

Kalau Anda gemar membuat video kreatif dan menarik, Anda bisa memilih Youtube sebagai sarana menambah penghasilan. Penghasilan utama Youtuber berasal dari Google Adsense. Anda cukup mengunggah video-video menarik buatan Anda, bisa berupa video tutorial, video berita, video komedi, dan sebagainya lalu tingkatkan terus jumlah penonton dengan mengunggah tayangan bermutu. Dengan mendatangkan semakin banyak penonton, akan semakin banyak pula perusahaan yang menginginkan iklan produknya tampil pada video yang diunggah.

Online Shop

Membuka toko online kini banyak dilirik oleh masyarakat. Selain tidak perlu membayar sewa tempat layaknya memiliki toko offline, dengan toko online dapat mengeruk jutaan rupiah cukup hanya dari rumah.

#2 Bisnis Waralaba

Bisnis ini cocok bagi Anda yang ingin mengawali usaha tapi terkendala kurangnya gagasan serta belum punyai pengalaman dan kurang percaya diri untuk mulai merintis bisnis sendiri. Waralaba cocok untuk seorang pemula, karena tak perlu memikirkan konsep usaha dan dalam menjalankan model bisnis waralaba ini akan dibantu oleh pemilik waralaba (pemegang merek) dimulai dari training hingga proses menjalankan bisnisnya.

#3 Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner masih menjadi bisnis paling menarik untuk digeluti dan tidak ada matinya karena selama makanan pasti dibutuhkan oleh manusia. Namun bila ingin memenangkan persaingan pasar, sebaiknya menciptakan bisnis kuliner yang lain dari biasanya dengan harga terjangkau sehingga konsumen memperoleh pengalaman baru yang berbeda ketika menikmati sajian kuliner Anda.

Memang tidak pernah ada jaminan kesuksesan saat memulai bisnis, namun Anda dapat meningkatkan peluang sukses Anda dengan persiapan dan due dilligence. Caranya? Lakukan riset pasar awal. Apakah ada permintaan untuk produk atau layanan Anda di daerah Anda atau pasar sudah jenuh? Saat Anda sudah memilih sebuah ide, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah menulis sebuah rencana bisnis. Bila Anda ingin memulai bisnis yang sukses, pastikan permintaan akan produk dan layanan Anda sesuai dengan keinginan pasar agar mendatangkan keuntungan selama bertahun-tahun mendatang.

ChubbyRawit adalah digital marketing agency berlokasi di Jakarta. Kami membantu membangun bisnis kecil maupun besar, mulai dari perencanaan hingga pemasaran. Konsultasikan ide maupun bisnis Anda ke kami, kami siap memberikan solusi terbaik bagi kebutuhan bisnis Anda.