Cara Menentukan Brand Identity - ChubbyRawit

Apa yang dimaksud dengan brand?

Mengapa brand sangat penting bagi sebuah usaha?

Ketika bicara tentang brand, Anda tidak hanya membahas logo atau nama perusahaan. Bicara tentang brand, berarti Anda membicarakan sebuah image atau persepsi yang ingin Anda bangun terhadap perusahaan Anda. Brand yang baik, dapat membuat hubungan emosional dengan konsumennya melalui kesan pertama yang berbeda dan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Tentu kesan pertama yang ingin Anda sampaikan kepada konsumen adalah kesan yang positif, sehingga dapat membuat konsumen jatuh cinta pada brand Anda.

Berbicara tentang brand, kita tidak hanya membahas logo atau nama merek. Berbicara tentang brand, berarti kita membicarakan sebuah image atau persepsi yang ingin kita bangun terhadap perusahaan. Brand yang baik, dapat membangun hubungan emosional dengan konsumen melalui kesan pertama yang berbeda dan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Tentu kesan pertama yang ingin kita sampaikan kepada konsumen adalah kesan yang positif, sehingga dapat membuat konsumen jatuh cinta pada brand kita.

Lalu bagaimana caranya untuk membangun brand yang baik? Sebagian jawabannya ada dalam diri kita sendiri. Untuk membangun brand, kita wajib memahami barang atau jasa yang akan kita tawarkan (Kami tidak akan membahas ini lebih dalam, Anda dapat membaca unsur-unsur dalam brand pada post discover your brand). Dari pengetahuan itulah, kita dapat menemukan brand identity. Sebuah identitas yang pada akhirnya dapat menjadi acuan bagi kita maupun orang lain dalam melihat brand yang kita bangun.

Baca juga Pentingnya Branding dalam Marketing

Untuk membangun brand identity ikuti beberapa tahapan berikut ini:

Tahap pertama: Kenali usaha kita dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut. Jawablah tiap pertanyaan dengan jujur dan spesifik! (jika sudah menyelesaikan tahap Brand Discovery, maka Anda dapat langsung menuju tahap kedua)

  1. Apa barang atau jasa yang Anda tawarkan?
  2. Bagaimana kualitas barang atau jasa yang kita tawarkan? Adakah nilai lebih dari barang atau jasa yang Anda tawarkan? (ingat, jawablah dengan jujur).
  3. Uraikan bidang apa yang menjadi fokus usaha Anda? Kemudian kesan apa yang ingin Anda tunjukkan melalui usaha Anda?
  4. Siapa target konsumen Anda? Identifikasi pihak-pihak yang kira-kira tertarik untuk menggunakan jasa atau barang yang Anda tawarkan.

Tahap kedua: Dari jawaban-jawaban pada tahap pertama, tentukan sebuah personality atau persona yang sesuai. Tonjolkan persona yang menjadi kelebihan dari brand kita dan membuatnya berbeda dari kompetitor lain. Contoh persona: inovatif, kreatif, tradisional, ekonomis, cerdas, modern, dsb.

Tahap ketiga: Brand’s persona akan mempermudah kita untuk menentukan langkah selanjutnya, seperti: logo, nama merek, tagline, desain kemasan, hingga maskot brand. Brand’s persona akan menjadi pola dasar untuk mendesain unsur-unsur branding kita. Untuk itu kita harus menjadi ekstra kreatif pada tahap ini, dengan tetap mengedepankan brand’s persona yang telah kita tentukan.

Brand identity yang ideal akan memperhatikan hal-hal berikut:

  • Orisinalitas
  • Fleksibel
  • Makna/filosofi
  • Koheren
  • Unik

Dalam mendesain brand identity, selain pemahaman akan produk dan jasa yang Anda tawarkan, sangat diperlukan kreatifitas dan juga kemampuan dalam menerjemahkan ide kreatif tersebut dalam sebuah desain yang dapat merepresentasikan brand Anda. Brainstorming dengan ahlinya akan membantu Anda dalam menyusun brand identity yang kuat dan sesuai dengan brand’s persona Anda. Belum menemukan siapa ahlinya? ChubbyRawit siap membantu Anda.

ChubbyRawit adalah digital marketing agency berlokasi di Jakarta. Kami membantu meningkatkan performa bisnis, kecil maupun besar, dengan meningkatkan traffic dan membangun keterlibatan konsumen secara online, yang tentunya dapat meningkatkan bottom line bisnis Anda. Karya branding kami selalu berangkat dari metode dan data terkini. Dengan spesialisasi kami, kami hadir untuk membantu Anda menemukan brand identity dan menuangkannya langsung dalam bentuk visual yang kreatif. Konsultasikan ide maupun bisnis Anda kepada kami, kami siap memberikan solusi terbaik bagi kebutuhan bisnis Anda.