DISOVER YOUR BRAND-ChubbyRawit

Apakah Anda tertarik untuk menjalankan sebuah bisnis?

Apa yang pertama kali Anda lakukan saat terpikir untuk membuat sebuah bisnis baru?

Mendesain logo? Mendaftar kandidat nama untuk brand Anda? atau bahkan mulai mendesain product packaging?

Stop, jangan terburu-buru!

Dalam membangun sebuah bisnis, kita harus memiliki branding yang kuat. FYI, branding bukan hanya sekedar desain logo, packaging, atau nama yang catchy. Branding is more than that!

Branding 101 - ChubbyRawit

 

Coba tanyakan beberapa pertanyaan berikut ini pada diri Anda

  1. Apa produk (barang atau jasa) yang Anda tawarkan, berapa harganya? Berapa harga produk serupa yang dijual di pasaran?
  2. Apa kelebihan yang ditawarkan produk Anda sehingga Anda yakin akan ada konsumen yang menggunakan produk Anda?
  3. Siapa saja kompetitor Anda?
  4. Mengapa Anda mau membangun bisnis ini?
  5. Coba gambarkan bisnis Anda dalam tiga hingga lima kata!
  6. Apa harapan jangka pendek dan jangka panjang Anda terhadap bisnis ini?

Jika Anda bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas dengan baik, well, you’re already in the right track! Tapi jika Anda bingung menjawabnya, berarti Anda telah melewatkan sebuah fase penting dalam membangun branding.

Dalam branding, langkah paling awal yang harus dilewati oleh para pengusaha dalam merintis bisnis adalah brand discovery. Pertanyaan-pertanyaan di atas wajib dijawab pada stage brand discovery. Sadar atau tidak, para pebisnis yang sudah memiliki brand pasti pernah melewati fase ini.

Mengapa brand discovery penting?

Tentu sangat penting, karena stage ini akan menjadi dasar untuk langkah selanjutnya, yaitu menyusun brand strategy, brand identity, hingga brand guidelines.

Brand discovery adalah sebuah upaya untuk memahami alasan mengapa suatu brand harus ada, apa yang membuatnya berbeda, dan mengapa konsumen harus memilih brand tersebut. Brand discovery akan membantu kita untuk menentukan ciri khas dalam produk yang akan kita tawarkan. Brand discovery juga akan membuat kita memahami nilai-nilai apa yang ingin kita tanam dalam bisnis kita. Brand discovery is essential to build an effective branding!

Pada stage brand discovery, ChubbyRawit akan berkomunikasi secara intensif dengan klien dan kami sangat menghargai setiap informasi yang datang dari klien. Karena setiap informasi akan berperan penting dalam brand discovery. Di stage ini berbagai data dan informasi akan dikumpulkan, dan kami hadir untuk membantu klien memperoleh data dan informasi yang dapat berpengaruh kepada brand-nya.

Kreatifitas dan keluwesan dalam membaca iklim bisnis diperlukan dalam brand discovery. Kita harus mampu membaca peluang dari bisnis yang akan kita bangun, namun kita juga harus jujur akan produk yang akan kita tawarkan. Jangan lupa kita juga harus menyampaikan keunikan atau kelebihan dari produk yang kita tawarkan. Semua data dan informasi tersebut akan bertransformasi menjadi sebuah formula yang berperan sebagai dasar dari brand. Formula ini berisi latar belakang, target market, hingga nama brand.

Setelah memperoleh formula tersebut, dapat dikatakan, Anda telah menyelesaikan stage Brand Discovery dan menemukan brand Anda.

Baca pentingnya Branding dalam Marketing

Congrats, you officially discover your brand!

Bersiaplah ke langkah berikutnya, yaitu menyusun Brand Strategy. Yeay!

Tertarik membangun brand bersama ChubbyRawit? Atau perlu bantuan untuk menemukan brand Anda? jangan ragu untuk menghubungi kami. Konsultan kami akan dengan senang hati membantu Anda untuk merumuskan formula yang tepat dalam membangun branding bisnis Anda.