INDONESIA, RAKSASA RITEL DIGITAL DI ASIA TENGGARA-CHUBBYRAWIT

Indonesia, Raksasa Ritel Digital di Asia Tenggara

Dengan lebih dari 90 juta pengguna Internet, Indonesia merupakan salah satu negeri yang memiliki jumlah pengguna internet terbesar di dunia. Hal ini bersama dengan pengunaan smartphone dan adopsi media sosial adalah kunci utama terhadap pertumbuhan e-commerce. Tidak heran apabila besarnya jumlah pengguna internet di indonesia menjadikan Indonesia berpotensi menjadi raksasa ritell digital terbesar di Asia Tenggara.

Didukung oleh keberadaan smartphone dan paket data murah, pengguna internet di Indonesia diprediksi akan terus meningkat hingga 5% di tahun 2017 ini. Mereka menggunakan internet bukan hanya untuk berkomunikasi melalui messaging app, namun juga berinteraksi di media sosial, hingga belanja di media sosial maupun e-commerce.

Salah satu faktor pendukung pertumbuhan cepat pasar e-commerce Indonesia adalah banyaknya pelaku bisnis kecil dan menengah (SMB) yang tersebar di lebih dari 40 juta pelaku di seluruh negeri. Hal ini terlihat dari munculnya berbagai online shop, baik dalam skala kecil, menengah maupun besar di seluruh social media Indonesia, terlebih Instagram.

Faktor lainnya adalah, kesadaran para pemain ritel besar di Indonesia yang “Go Online”, salah satunya yaitu Mitra Adi Perkasa (MAP). Sebuah perusahaan ritel yang memiliki 1,800 outlet termasuk departemen store, fashion, perlengkapan olahraga, makanan dan minuman, supermarket dan produk penunjang gaya hidup (lifestyle) yang mulai menjalankan E-Commerce Site mereka di bulan Agustus 2016 lalu. Hal ini tentunya menambah marak persaingan ritel digital di Indonesia.

Jadilah bagian dari pergerakan pasar ritel Indonesia. Jangan ragu untuk start online, ChubbyRawit siap membantu mulai dari perencanaan hingga ke pelaksanaan. Hubungi kami, konsultan kami akan berdiskusi dengan Anda dan menemukan solusi bisnis online sesuai untuk Anda.