Case Study: New Mandala 525 Influencer Marketing

Dengan lebih dari 500 juta pengguna aktif harian, Instagram saat ini menjadi platform yang sangat diandalkan bagi marketer untuk menjangkau audiens target mereka. Meskipun dari sisi basis pengguna tidak sebesar Facebook, namun kelebihan Instagram adalah keterlibatan dengan audiens yang jauh lebih baik sehingga menjadikannya cara yang lebih efektif bagi brand agar pesan mereka dilihat dan didengar. Bahkan ada yang menyebut bahwa Instagram memiliki tingkat interaksi tertinggi diantara platform social media lainnya.

Fakta lain yang menarik adalah 98% marketer di Indonesia memilih Instagram sebagai platform social media paling penting untuk influencer marketing berdasarkan studi yang dilakukan oleh SociaBuzz. Tujuannya pun beragam dalam menggunakan influencer marketing ini. Masih dari studi yang dilakukan oleh SociaBuzz menunjukkan sebanyak 98,8% marketer menggunakan Instagram influencer marketing dengan tujuan untuk meningkatkan brand awareness, 62,7% untuk mengedukasi target konsumen serta 50,6% untuk meningkatkan penjualan.

New Mandala 525 at a Glance

New Mandala 525 ChubbyRawit

New Mandala 525 adalah susu kedelai bubuk instan legendaris yang sudah hadir sejak tahun 2004 silam. Dahulu, brand ini lebih dikenal sebagai obat untuk kolestrol, lemah, letih lesu bahkan untuk stamina pria. Padahal, New Mandala 525 adalah susu kedelai bubuk yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, tapi bukan obat.

Hal ini juga dilatarbelakangi oleh kegiatan marketing yang lebih banyak dilakukan secara guerilla dan melaui koran hingga tahun 2010. Akibatnya, masyarakat atau konsumen pun menjadi kurang teredukasi tentang produk ini.

Tumbuhnya kesadaran akan gaya hidup sehat menjadi salah satu momentum yang ingin dimanfaatkan oleh New Mandala 525. Ditambah lagi dengan keberadaan media digital yang sangat membantu dalam memberikan edukasi kepada masyarakat tentang manfaat produk New Mandala 525. Hingga akhirnya New Mandala 525 memutuskan untuk hadir di Instagram dengan akun @newmdl525 untuk menggapai konsumen yang sudah melek internet dan gaya hidup sehat.

#nutrisiawalihari Campaign

Di bulan April 2018, New Mandala 525 hadir di Instagram untuk pertama kali dengan meluncurkan kampanye #nutrisiawalihari. Instagram dipilih sebagai media untuk menyebarkan kesadaran, berbagi dan memperkuat cerita melalui edukasi tentang New Mandala 525 sebagai minuman kesehatan.  

Sebagai minuman susu kedelai bubuk instan, New Mandala 525 memposisikan diri untuk dikonsumsi saat sarapan pagi sebagai pengganti teh, kopi atau susu hewani. Mengapa? Sarapan adalah salah satu momen penting yang menunjang aktivitas seharian. Dengan sarapan yang tepat, nutrisi tercukupi, aktivitas pun dapat berjalan tanpa hambatan. Semua itu bisa didapatkan dari segelas New Mandala 525 saat sarapan namun mampu membuat kenyang seharian.

Oleh sebab itu, #nutrisiawalihari dipilih sebagai kampanye New Mandala 525. Dengan kampanye ini, brand ingin menginspirasi target audiens mereka untuk menjadikan New Mandala 525 sebagai minuman keluarga wajib untuk memenuhi nutrisi keluarga di pagi hari.

Untuk memastikan bahwa pesan ini didengar dengan baik, kampanye #nutrisiawalihari ini berkolaborasi dengan para influencer Instagram atau selebgram. Berkolaborasi dengan 43 influencer yang dinilai tepat, sesuai dengan brand personality New Mandala 525 dan memiliki kredibilitas serta kemampuan mempengaruhi sedemikian rupa sehingga dapat mempengaruhi followers-nya.

Target Audiens

New Mandala 525 memiliki target audiens adalah ibu dengan rentang usia 25 – 55 tahun sebagai pengambil keputusan pada keluarga dalam memenuhi kebutuhan keluarga, termasuk pemilihan susu. Oleh sebab itu, sebagian besar atau hampir 90% influencer adalah ibu atau perempuan.

43 influencer ini memiliki tingkat popularitas yang berbeda-beda. Brand pun memanfaatkan popularitas ini untuk menunjukkan kualitas produk New Mandala 525 kepada konsumen potensial. Baik gaya maupun produksi postingannya memiliki ciri khas tersendiri yang sesuai dengan personality masing-masing influencer.

Goals

Ada tiga goals yang ingin dicapai dari influencer marketing kampanye #nutrisiawalihari ini.

  • Memanfaatkan influencer untuk menginspirasi dan meningkatkan kesadaran yang secara demografis didominasi oleh wanita atau ibu yang tertarik mengambil tindakan melakukan perubahan gaya hidup sehat melalui konsumsi susu kedelai.
  • Meningkatkan minat dan ketertarikan untuk menggunakan produk New Mandala 525 sebagai salah satu menu sarapan pagi.
  • Mengedukasi pengguna Instagram bahwa susu kedelai bisa diolah menjadi makanan yang menarik dan lezat sesuai dengan kreativitas dan eksperimen influencer.

Dengan goal tersebut, maka brand message yang disampaikan oleh influencer dalam kampanye #nutrisiawalihari kepada khalayak luas adalah tentang alternatif sarapan pagi pengganti teh, kopi dan susu sapi serta tutorial atau resep makanan berbahan dasar susu kedelai bubuk New Mandala 525.

Untuk melihat tentang bagaimana keberhasilan kampanye #nutrisiawalihari, lihat ikhtisarnya dalam infografis dibawah ini.

Influencer Approach as Brand Messenger

Zaskia Adya Mecca 

Artis Indonesia yang kini juga berprofesi sebagai influencer ini dipilih karena sosoknya sebagai seorang ibu muda milenial yang cocok dalam merepresentasikan brand New Mandala 525. Dalam postingannya bersama sang anak – Kala, ia berhasil mengumpulkan 15,667 like dengan 8 komentar terkait brand ini, Zaskia. Hal ini tercapai karena storytelling yang mengalir dan relatable dengan kehidupan target audiens brand ini sehingga membantu mendongkrak brand engagement.

Cindy Levina 

Cyndy Levina New Mandala 525

Cindy adalah seorang hijabers selebgram yang juga sekaligus seorang ibu, istri dan pengusaha. Dengan followers sebanyak 280 ribu, Cindy membagikan posting tentang pilihannya mengkonsumsi New Mandala 525 untuk menunjang aktivitasnya sebagai seorang ibu dan berhasil mengumpulkan sebanyak 3,072 likes dengan 16 komentar pada postingannya tentang kampanye #nutrisiawalihari.

Syanindita Trasysty Syswanto

Syanindita New Mandala 525 ChubbyRawit

Dengan 128 ribu followers, Syanindita yang seorang selebgram sekaligus ibu dua orang anak ini berhasil mengumpulkan 1,675 likes dengan 4 komentar. Hasil ini didukung oleh foto dengan style yang clean dan casual, ditambah dengan gaya bercerita seperti keseharian Syaninidita.

Mak Frida

Dikenal sebagai food selebgram yang gemar berbagi resep masakan, Frida dianggap cocok mewakili brand New Mandala 525 untuk mengeksplorasi dan mengedukasi audiens tentang pengolahan susu kedelai menjadi makanan yang menarik dan lezat. Dengan konten kreasi resep Chocolate Soya Silky Puding, Frida berhasil menarik 2,173 like dan 30 komentar pada postingannya.

Yoenita Anggrainy

Selain Mak Frida, New Mandala 525 juga menggandeng Yoenita, food selebgram untuk mengeksplorasi kreativitas mengolah susu kedelai bubuk menjadi makanan lezat. Dengan followers sebanyak 234 ribu, Yoenita berhasil menarik 1,474 like dan 46 komentar pada postingan Puding Susu Kedelai.

The Takeaways

  • Influencer marketing yang dimulai pada bulan April 2018 merupakan salah satu cara pengenalan atau meningkatkan awareness terhadap brand New Mandala 525 di Instagram.
  • Tagar #nutrisiawalihari adalah bagian utama dari kampanye untuk mendorong keterlibatan pengguna dengan brand.
  • Baik mikro dan makro-influencer digunakan dalam kampanye #nutrisiawalihari ini untuk dapat memberikan jangkauan yang cukup besar dan tingkat keterlibatan yang lebih baik.

Selain strategi pemilihan campaign dan influencer, ChubbyRawit juga melakukan social media management, social media advertising, fotografi dan pembuatan microsite untuk New Mandala 525.

ChubbyRawit adalah digital marketing agency yang percaya akan kekuatan komunikasi, kolaborasi dan teknologi. Kami membantu merumuskan key message untuk brand Anda, di diimplementasikan melalui platform digital untuk memasarkan bisnis Anda. Tertarik untuk bekerjasama dengan kami? Silahkan tinggalkan kontak Anda pada form Contact us di bawah. Konsultan kami dengan senang hati akan membantu Anda.