Pengemasan komunikasi dalam dunia digital mulai berkembang, salah satu contohnya adalah dunia periklanan. Iklan merupakan representasi sebuah pesan kepada audiens yang kemudian dikemas menjadi sebuah salah satu strategi promosi. Seiring dengan berkembangnya zaman dan waktu, kini dunia periklanan mulai berkembang. Tidak hanya bertujuan untuk promosi, namun sekarang iklan menjadi sebuah identitas bisnis maupun peningkatan terhadap brand awareness produk.Tahukah kalian bahwa iklan atau ads sangat berpengaruh terhadap suatu bisnis? Hal ini sangat dibutuhkan pada dunia bisnis untuk mengikuti perkembangan teknologi dan informasi pada zaman sekarang yang sangatlah cepat.
Salah satu strategi marketing bisnis dapat mengupayakan iklan sebagai jalan keluarnya. Iklan memiliki beberapa jenis dan tipe yang mungkin sebelumnya pernah Anda dengar. Seperti Banner, Billboard, Brosur dll. Namun tahukah Anda di era 4.0 sekarang iklan dapat dikemas sesuai dengan target audience dan mengalami beberapa kemajuan salah satunya adalah iklan digital. Iklan berbasis digital disebut juga dengan Online Advertising atau Online Ads. Strategi promosi dalam iklan ini cukup menjanjikan di era penggunaan internet dan social media sekarang.
Online ads memiliki beberapa perbedaan maupun jenisnya, maka dari itu perlu Anda ketahui dan pelajari agar sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Kehadiran online ads menjadi salah satu win win solution antara pengguna internet yang mencari produk atau bisnis yang dituju dan menjadikan keuntungan juga untuk para pemuka bisnis memperluas jangkauan audiensnya. Untuk menggunakan online ads ketahuilah beberapa jenis dan pengertiannya dibawah ini. Yuk, simak artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai peranan online ads dan juga jenis-jenisnya guna memudahkan penggunaannya untuk bisnis maupun produk Anda. Mari simak selengkapnya untuk kebutuhan Anda!
Table of Contents
Memahami apa itu Online Advertising?
Online advertising atau biasa disebut dengan online ads adalah suatu tools ataupun wadah untuk mempromosikan produk atau bisnis secara global dan oriented. Periklanan berbasis digital ini merupakan salah satu pembaharuan dalam dunia periklanan, yaitu dapat mempromosikan dalam bentuk digital yang dapat diakses secara lebih luas dan sesuai dengan target marketing. Pernahkah kalian melihat iklan di internet? Ya betul itu adalah online ads atau bisa disebut juga menaruh iklan dalam internet. Online ads ini juga memiliki beberapa jenis dan perbedaan yang perlu Anda ketahui.
Tujuannya adalah agar sesuai dengan strategi marketing Anda baik dalam segi target market ataupun dalam segi isi konten yang akan diiklankan. Online ads ini sifatnya berbayar dan memiliki beberapa platform yang menaunginya. Maka perlu digaris bawahi sesuaikan dengan kebutuhan bisnis dengan penggunaan online ads ini. Sisi baiknya adalah internet telah menjadi kebutuhan bagi semua orang, maka dari itu inovasi online ads ini cukup efektif di dunia periklanan karena akan memudahkan para pengguna. Survey dari Internet World Stats membuktikan bahwa Indonesia berada di urutan ketiga pengguna internet aktif se Asia dengan total 755,82 juta jiwa per maret 2021. Hal ini menjadi bukti kokoh dalam kebutuhannya masyarakat Indonesia sangat bergantung pada Internet.
Jenis-jenis Online Advertising yang perlu Anda ketahui
Langkah selanjutnya setelah mengetahui pengertian dari online advertising, Anda juga perlu mengetahui tentang beberapa jenis dari online advertising itu sendiri. Pasalnya perbedaan dari jenis-jenis online advertising sangat signifikan yang juga berpengaruh terhadap beberapa keperluan strategi bisnis Anda. Hal ini memungkinkan banyak orang yang masih keliru tentang penggunaan online ads ini, berikut kami ulas beberapa jenis online ads yang dapat Anda simak.
1. Search Ads
Search ads merupakan salah satu jenis online advertising yang cukup krusial, pasalnya hal ini bersangkutan terhadap kebutuhan masyarakat yang bergantung pada mesin pencarian internet terbesar yaitu Google.Siapa sangka google menjadi hal penting untuk sebagian orang yang telah menggantungkan separuh keperluannya terhadap mesin pencari ini. Google menjadi jalan pintas bagi Anda apabila ingin mencari informasi lebih lengkap dari beberapa keperluan. Hal ini menjadi kesempatan untuk melakukan promosi iklan.
Search ads adalah iklan yang dipasang pada pencarian google berupa artikel ataupun postingan di sebuah website. Iklan dapat dikatakan berhasil dan efektif apabila dapat mencapai pencaharian paling atas dan sesuai dengan beberapa keyword yang dibutuhkan. Search ads juga memiliki beberapa jenis yang perlu Anda ketahui, mulai dari SEO sampai dengan Google Ads. Keduanya memiliki perbedaan dan juga persamaan dalam dunia search ads.
- SEO (Search Engine Optimization)
SEO atau biasa disebut dengan search engine optimization merupakan salah satu jenis search ads yang mungkin bisa Anda pilih. Cara kerja SEO adalah menjadi website pencarian paling pertama di halaman Google. Selain mencari website terbaik untuk ditaruh di halaman paling atas, atau depan, optimasi SEO juga tidak terlepas dari pembuatannya yang tetap harus diperhatikan baik dalam segi penulisan sampai kreatifitas. SEO juga tidak memungut biaya apapun terhadap Google dalam setiap pemasangan iklannya, hal ini bisa menjadi pilihan untuk bisnis Anda berkembang dalam promosinya karena dapat menekankan budget Anda secara gratis. Namun kekurangannya adalah SEO dapat sewaktu-waktu berubah tergantung pada algoritma pengunjung dan Google akan mencabutnya. Hal ini berkaitan tentang sifatnya yang organik sehingga tidak tetap dalam setiap pemasangannya.
2. Google Ads ( Google Search Network)
Tidak jauh berbeda dengan SEO, Google Ads adalah layanan iklan search ads di Internet. Persamaan antara SEO dan Google Ads yaitu sama-sama bergantung terhadap pencaharian yang relate terhadap websitenya. Google Ads juga disebut dengan Google Search Network yang bekerja sesuai dengan PPC (Pay Per Click) yaitu saat seseorang mengklik iklan tersebut, maka mendapat bayaran dari hasil klik tersebut. Pemasangan Google Ads juga tidak gratis dan membutuhkan biaya dalam setiap pemasangannya. Namun, Google Ads memiliki kelebihan yaitu sifatnya yang permanen dan teratur sehingga iklan yang dipasang pun akan jauh lebih efektif dan memiliki dampak yang besar juga tentunya. Hal ini dikarenakan Google Ads akan menaruh iklan pada pencarian teratas di Google.Sebagai catatan ranking teratas juga disesuaikan terhadap penawaran budgeting Anda dalam setiap pemasangannya.
2. Display Ads
Jenis iklan Display Ads yaitu iklan yang menyajikan dalam beberapa bentuk visual maupun teks. Penggunaan Display Ads, juga efektif dalam pemasangannya dikarenakan sifatnya yang luas dan menarik minat masyarakat. Karena pada dasarnya manusia adalah makhluk visual, maka dari itu iklan dalam bentuk Display Ads memudahkan dalam penyajiannya dikarenakan dapat disajikan dengan beberapa komponen dan perpaduan yang eye catching. Dalam pembagiannya sendiri display ads juga mempunyai beberapa jenis.
- Banner Ads
Banner Ads atau sering dikenal dengan iklan banner yang memfokuskan pada perpaduan gambar maupun teks. Banner Ads seringkali kita temukan tanpa kita ketahui, baik dalam bentuknya yang kecil hingga besar pada setiap website ataupun laman yang bersileweran di laman Anda. Banner Ads bisa dikatakan efektif dikarenakan pemasangannya yang dapat dilihat dan dijangkau oleh semua orang.
2. Contextual Ads
Berbeda dengan Banner Ads yang dapat menjangkau lebih luas, Contextual Ads lebih oriented dalam pendistribusiannya. Contextual Ads lebih menitikberatkan pada saetiap penggolongan produk ataupun brand yang sesuai konteksnya ataupun berkorelasi. Misalnya produk minuman energi akan muncul pada laman olahraga yang penggunaannya sesuai dengan minuman energi. Bentuk dari Contextual Ads dapat berupa teks tulisan sampai dengan gambar bergerak.
3. Site Placement Ads
Site Placement Ads merupakan salah satu bentuk Banner Ads berupa gambar dan tulisan yang memiliki link tautan untuk mengarah pada link tautan penjualan dari suatu produk atau brand. Call To Action atau (CTA) menjadikan site placement dapat membawa audiens atau pengunjung lebih efisien terhadap iklan yang sedang berlangsung.
4. Remarketing
Remarketing adalah jenis iklan yang menonjolkan pada loyalitas terhadap pelanggan, bentuknya pun beragam mulai dari gambar, tulisan, link, pop up, sampai dengan email list. Hal ini beranggapan sebagai reminder terhadap pembelian yang pernah dibeli atau telah dipilih sebelumnya. Strategi marketing bisnis ini sudah banyak dilakukan untuk meningkatkan pembelian terhadap audiens.
3. Video dan Audio Ads
Sudah tidak asing lagi mungkin bagi Anda untuk melihat Video Ads yang sering Anda lihat di platform Internet. Video Ads menghadirkan iklan yang dibalut video audio visual yang berbayar. tahukah Anda bahwa seiring berjalannya zaman, sekarang audio ads juga sedang marak dilakukan karena banyaknya podcast yang tengah menjadi trend sekarang. Video dan Audio Ads dalam internet juga berada di beberapa platform yaitu.
- Youtube Ads
Youtube Ads merupakan salah satu Video Ads yang dapat dijadikan pilihan karena performanya yang cukup bagus karena aplikasi yang sudah ternama. Youtube Ads dapat dikelola pada setiap iklan video konten. Video Ads juga memiliki durasi mulai dari 10 sampai 30 detik di setiap konten di Youtube. Bukan hanya ada disetiap video konten Youtube, Youtube Ads juga hadir di beberapa lama Youtube. Iklan yang telah terintegrasi ini juga lebih targeted dikarenakan platformnya yang sudah sesuai dan menunjang.
2. Spotify Ads
Tidak banyak yang tahu mengenai bahwa Online Ads juga memiliki jenis Audio Ads. Hal ini merupakan pembaharuan dari Ads Radio dan beralih pada platform music dan audio. Salah satu aplikasi ternama pada Music dan Audio adalah Spotify. Aplikasi pemutar hiburan musik dan entertainment yang tidak hanya menyajikan playlist pemutar musik namun juga menghadirkan beberapa podcast beberapa genre. Sekarang Spotify juga telah mengembangkan Ads yang dapat menjadi pilihan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Terlebih dunia podcast sedang naik daun dengan adanya penunjang platform yang cocok untuk memasang iklan.
4. Native Ads
Native Ads adalah suatu Online Ads yang telah lama populer namun jarang sekali diketahui keberadaannya. Hal ini dikarenakan bentuk Native Ads yang tidak terlalu mencolok dibanding beberapa jenis Banner Ads lainnya. Biasanya Native Ads berbentuk tulisan maupun teks dan terkadang menggunakan gambar sederhana. Penggunaan iklan ini juga menonjolkan call to action pada setiap pemasangannya dikarenakan segmentasinya yang merupakan sebuah rekomendasi konten bersponsor. Detail dari iklan ini adalah aspek rekomendasi yang digabungkan pada beberapa konten yang disponsori dan memiliki tautannya tersendiri.
5. Social Media Ads
Social Media Ads adalah langkah alternatif untuk sekarang, dikarenakan penggunaan sosial media yang mempunyai peluang untuk mempromosikan sebuah iklan. Penempatan strategis juga menjadi salah satu alasan untuk membentuk strategi marketing untuk bisnis Anda dalam pembuatan iklan. Sosial Media juga memiliki banyak platform dengan latar belakang yang berbeda, bisa digunakan kesempatan untuk memperluas jangkauan yang sangat memungkinkan.
Kelebihan lainnya menggunakan Social Media Ads adalah publikasi yang cepat dapat membuat iklan lebih efektif tersampaikan dan dapat bersaing. Terlebih kehidupan Social Media sangat cepat dan mudah untuk mempublikasi produk maupun bisnis Anda. Namun, Anda juga harus tepat dalam memilih segmentasi terhadap Social Media yang akan Anda pilih.
Social Media Ads juga dibagi menjadi beberapa jenis lagi yaitu:
- Tiktok
Baca juga: Cara Tracking Social Media Advertising dan Mengukur Keberhasilannya
Penggunaan Online Ads dapat disesuaikan oleh kebutuhan bisnis Anda, jenis-jenis Online Ads ini dapat digunakan sebagai acuan ataupun petunjuk bagi Anda yang masih bingung memasang Ads yang sesuai dengan segmentasi Anda. Perbedaan maupun persamaan dari beberapa jenis Online Ads baik dalam bentuk visual, teks, audio sampai dengan video menjadi gambaran untuk membantu Anda memilih iklan yang tepat untuk brand ataupun produk Anda.
Kami hadir untuk menjawab semua kebingungan Anda terhadap pemasangan iklan, Anda sudah tidak perlu repot untuk memilih yang cocok terhadap bisnis Anda. Solusi Anda untuk lebih praktis dalam memasang iklan, kami siap melayani segala kebutuhan Anda yang sesuai dengan keperluan bisnis Anda. Silahkan isi link berikut, tim kami akan menghubungi Anda secepatnya.
Penulis: Aini Lasandi