Setiap tahun, tren visual akan terus berubah mengikuti perkembangan zaman. Apalagi dengan pesatnya teknologi yang diikuti dengan perkembangan industri kreatif membuat gaya visual baik secara grafis maupun fotografi terus berganti dan berkembang. Di tahun 2020 ini kami sudah menyiapkan rekomendasi tren visual 2020 yang bisa Anda jadikan inspirasi. Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Going Monochrome

 

 

Tren visual tahun 2020 adalah penggunaan warna-warna monochrome. Dibandingkan tren tahun 2017, monochrome pada tahun 2020 ini akan lebih sederhana. Ditambah dengan filter satu warna pada foto atau elemen parsial dalam komposisi grafik. Dengan penggunaan filter ini melibatkan warna-warna yang cenderung kontras.

Real & Raw

Source: 99designs.com

Tren real & raw muncul sebagai terwujudnya permintaan visual yang sifatnya autentik. Selain itu, secara visual cenderung lebih simpel, effortless, tampak natural bahkan tidak terpoles sama sekali. Pengambilan foto atau video yang nampak candid dan mentah juga muncul karena mengikuti tren generasi Z yang menjadi penggerak tren ini. Gaya ini dianggap lebih real, relatable dan mudah untuk diproduksi.

Shiny Metals

Source: behance.net
Source: magpie-studio.com

Shiny metal alias tampilan logam mengkilap yang berkilau akan menjadi tren visual 2020. Memiliki keunikan tersendiri, nyatanya banyak brand yang menggunakan shiny metal sebagai material packaging. Agar shiny metal ini terlihat standout, maka gaya desain yang dipilih haruslah minimalis yang klasik. Biasanya, designer memilih menggunakan warna emas untuk memunculkan kesan mewah, classy serta selera yang bagus. Untuk penggunaan warna lain diluar warna logam, ada alternatif desain dengan menambahkan sentuhan lapisan material mengkilap pada matte surface supaya lebih terlihat efek metalik.

Untuk menambah kesan elegan, bisa ditambahkan sentuhan material lapisan mengkilap pada matte surface supaya lebih terlihat efek metalik. 

Image & Text Masking

 

 

 

 

Source: graphicmama.com

Penggabungan elemen image dan text dalam sebuah desain grafis akan meramaikan tren visual 2020. Penggunaan text masking pada gambar ini dibuat agar visual terlihat minimalis, modern dan terkesan misterius serta futuristik. Namun persoalan efek yang muncul dari style visual ini, akan tergantung pada desainer yang membuat komposisi gambar dan text masking

Cyberpunk Color Schemes

 

 

source: 99designs.com

Penggunaan color palette Cyberpunk yang lebih cerah dan berani agar terlihat stand out dengan mengambil banyak inspirasi tema dunia juga menjadi tren visual 2020. Dengan kombinasi elemen oversaturated hues, neon color, yang bold dengan tingkat kecerahan tinggi akan memenuhi banyak karya-karya desain sepanjang tahun 2020.  

Street Art Styles

 

 

Yang tak kalah keren adalah hadirnya street art styles dengan membawa pengaruh retro look. Style visual ini akan meliputi berbagai jenis dan bentuk visual yang sering ditemukan di ruang terbuka. Sebut saja graffiti, street art, spray paint serta mural yang biasa ditemukan di jalan. Selain itu, street art styles tahun 2020 juga akan mengkombinasikan style punk rock 70-an, neon color 80-an, dan grunge 90-an. 

Earth Tone

 

 

Source: 99designs.com

Visual dengan warna earth tone akan kembali menjadi tren di tahun 2020. Hal ini dilatarbelakangi meningkatnya kesadaran akan gerakan go green dan eco-friendly yang menjadi fenomena global dan diikuti juga konsep visual yang akan muncul di tahun 2020. Visual dengan earth tone ini bisa dikombinasikan dengan tulisan warna putih atau warna cerah yang lain untuk mendapatkan kesan modern dan minimalis.

Nah itu adalah tren visual 2020, semoga bisa menjadi inspirasi bagi Anda. Namun yang patut diingat bahwa tren visual ini juga harus memperhatikan personality brand dan audiens ya. Bagaimanapun ini hanya referensi, aplikasikan yang sesuai dengan brand Anda.