10 Tips Mempertahankan Motivasi Sebagai Pengusaha

Motivasi adalah suatu hal penting yang harus dimiliki oleh setiap orang, termasuk entrepreneur atau pengusaha. Keberadaan motivasi ini sama pentingnya dengan perencanaan, perekrutan yang tepat, dan penetapan tujuan. Tanpa motivasi, maka Anda dan impian Anda akan sulit tercapai.

Tidak dapat dipungkiri, sebagai entrepreneur mungkin jauh lebih mudah kehilangan motivasi dibandingkan menjadi karyawan korporat. Mungkin Anda juga mengalaminya? Kuncinya adalah untuk tidak menyerah dan mencari cara untuk ‘mengangkat diri’ Anda pada hari-hari yang melelahkan. Untuk membantu Anda mendongkrak motivasi yang sedang redup, simak 10 cara agar Anda tetap termotivasi sebagai pengusaha.

#1 Tetapkan Goals Pribadi

Sebagai entrepreneur, Anda mungkin sudah membuat goal atau tujuan spesifik bagi bisnis Anda dan tentu saja, beberapa core values yang Anda inginkan untuk dijalani.  Namun masalah selanjutnya adalah banyak entrepreneur yang memulai bisnis, tapi mereka lupa untuk membuat tujuan pribadi mereka sendiri. Padahal, sangat penting bagi Anda untuk menuliskan alasan Anda untuk menjadi wirausaha sejak awal, baik itu di komputer Anda, selembar kertas, atau di ponsel Anda. Tujuannya agar Anda dapat membacanya kapan pun Anda merasa kehilangan motivasi.

Ada beberapa alasan yang bisa Anda pilih untuk menjadi wirausaha:

  • Anda ingin menjadi bos sendiri
  • Anda ingin membuat proyek sendiri
  • Anda menginginkan peluang untuk menumbuhkan bisnis yang Anda sukai
  • Anda ingin membuat perubahan bagi lingkungan dengan bisnis Anda

#2 Membaca atau menonton Kisah Entrepreneur Sukses

Ada ribuan, jika bukan jutaan, kisah sukses tentang wirausahawan dari segala bidang bisnis yang berhasil di dunia nyata. Anda bisa menggunakan kisah-kisah sukses itu sebagai sumber motivasi, dan yang paling penting, belajarlah darinya. Jika Anda memiliki masalah khusus yang perlu Anda atasi dalam bisnis, lihat cara orang lain melakukannya di masa lalu.

#3 Bergabung dengan Komunitas Entrepreneur

Bergabung dengan komunitas entrepreneur memungkinkan Anda untuk bertemu dengan orang-orang yang berpikiran dan memiliki visi yang sama. Komunitas ini adalah tempat para pengusaha dari berbagai industri berkumpul kembali untuk memberi tahu rekan-rekan mereka tentang motivasi serta berbagi teknik dan trik yang telah mereka terapkan dalam bisnis. Dalam komunitas ini akan memungkinkan Anda untuk membagikan berbagai pemikiran Anda dan belajar dari orang lain sambil memungkinkan Anda untuk mendiskusikan semua hal yang berkaitan dengan kewirausahaan dan bisnis.

#4 Pertahankan Rutinitas yang Sehat

Stres adalah hal yang wajar dalam bidup dan tidak bisa dihindari. Tetapi belajar tentang bagaimana mengatasinya merupakan hal yang sangat penting. Tak jarang, karena kesibukan sebagai entrepreneur sering lupa merawat diri mereka secara fisik yang bisa berdampak secara emosional. Pasalnya, kesehatan fisik dapat memiliki dampak yang sangat positif pada kesehatan mental Anda. Untuk itu, ada baiknya ada memiliki rutinitas berikut:

  • Pertahankan pola makan sehat
  • Olahraga teratur
  • Me time yang jauh dari pekerjaan Anda

#5 Buat Rutinitas Pagi Hari

Untuk memastikan Anda memiliki hari yang produktif, Anda harus memulainya dengan benar. Setelah Anda bangun, mandi, dan sarapan, Anda harus duduk dan membuat list goals untuk hari itu. Anda bisa menggunakan formula tiga perempat tujuan Anda terkait dengan bisnis dan seperempat terkait dengan pribadi. Dengan daftar tujuan yang Anda buat ini akan membantu Anda tetap fokus dan terorganisir.

Beberapa contoh sasaran bisnis dapat berupa:

  • Menghubungi calon investor
  • Menyusun strategi social media
  • Menulis konten baru untuk blog Anda

Contoh sasaran pribadi dapat berupa:

  • Menonton film yang Anda sukai
  • Berolahraga
  • Makan makanan sehat secara teratur

#6 Atur pengingat untuk diri sendiri

Meskipun Anda telah membuat daftar tujuan yang harus Anda capai tiap harinya, tapi Anda masih saja bermungkinan untuk mudah kehilangan fokus. Kehilangan fokus dapat menyebabkan perilaku mudah tersinggung dan kehilangan motivasi. Oleh sebab itu, Anda juga harus menjadi alarm bagi diri sendiri untuk senantiasa ‘on’. Anda dapat menggunakan telepon Anda untuk mengatur alarm atau pun aplikasi time management yang mengingatkan Anda untuk tugas-tugas atau pun mengatur waktu Anda

#7 Melakukan Kegiatan Inspiratif

Dalam hidup, Anda jangan hanya fokus pada pekerjaan saja. Ada baiknya Anda melakukan kegiatan lain yang dapat menumbuhkan motivasi dan mendorong kesuksesan bisnis Anda. Anda bisa menonton film-film inspirasional, baik fiksi dan dokumenter, mendengarkan podcast yang memotivasi, atau bahkan mendengarkan musik yang membangkitkan semangat. Aktivitas ini dapat dilakukan di rumah, saat sarapan atau bahkan saat perjalanan dari rumah ke kantor Anda.

#8 Tidur yang Cukup

Sebagai pebisnis, banyak yang terlena menyelesaikan tugas-tugas hingga melewatkan waktu tidur yang cukup. Padahal, kurang tidur dapat menyebabkan berkurangnya konsentrasi dan motivasi. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mendapatkan tidur yang cukup dan nyenyak untuk dapat melanjutkan tugas bisnis Anda.

#9 Menghadiahi Diri Sendiri

Memberikan insentif atau hadiah bagi diri sendiri setelah berhasil melakukan pekerjaan dengan baik adalah bagian dari menghargai diri sendiri. Sama seperti bisnis, Anda pun harus mengenali dan menghargai setiap ‘kemenangan’ kecil dalam perjalanan Anda meraih tujuan jangka panjang. Dengan memberikan rewards, Anda juga akan termotivasi untuk semakin bekerja keras mewujudkan goal bisnis Anda.

#10 Lacak Keuangan Harian

Tak hanya urusan pekerjaan atau pribadi saja, urusan keuangan pun penting untuk diperhatikan. Anda wajib melacak keuangan secara harian, baik penghasilan maupun pengeluaran. Dengan mengetahui penghasilan maupun pengeluaran harian ini, Anda akan bisa melakukan proyeksi keuangan Anda tiap bulan bahkan dalam jangka panjang.

Yang membedakan antara keberhasilan atau kegagalan dalam bisnis adalah menjadikan motivasi sebagai kebiasaan. Dan hanya Anda yang paling tahu cara terbaik untuk tetap termotivasi. Baik menggunakan cara Anda sendiri atau pun terinspirasi dari cara baru diatas, pastikan untuk selalu memupuk rasa motivasi dalam diri Anda walaupun membutuhkan waktu, dedikasi, dan latihan – seperti yang Anda harapkan dari sebuah bisnis. Tanpa disiplin diri dan tetap termotivasi, impian semudah apa pun hanya sia-sia saja. Sudahkah Anda termotivasi hari ini?