Sebagai platform dengan high engagement dan growth potential, TikTok adalah aplikasi favorit bagi bisnis yang ingin solusi mereka diketahui oleh banyak orang dengan sifat viralnya. Tiktok marketing mulai digunakan oleh banyak bisnis untuk membantu mengembangkan bisnis dan menjangkau lebih banyak audiens mereka.
Menurut TikTok, 49% pengguna (lebih dari 490 juta orang) mencari dan menemukan sesuatu yang baru di aplikasi setiap bulan. Algoritme TikTok yang sangat dipersonalisasi memberikan konten yang relevan kepada pengguna melalui FYP (For You Page), membuat pengguna tetap terlibat.
Baca juga: Mengenal Tiktok dan Manfaatnya bagi Bisnis
Table of Contents
Kenapa bisnis harus mempertimbangkan Tiktok marketing
Di tahun 2022 ini, sudah semestinya Anda mempertimbangkan untuk menggunakan Tiktok marketing sebagai salah satu upaya pemasaran bisnis Anda.
Tiktok marketing adalah cara baru bagi bisnis yang ingin terus menyebarkan informasi seputar bisnis dan produknya ke lebih banyak orang dan tentunya untuk menumbuhkan penjualan.
Berikut ini adalah “TikTok’s infinite loop” atau jalur yang unik dari suatu proses pembelian di dalam aplikasi
Tiktok saat ini sedang berusaha memperbaiki proses marketing funnel yang sudah ketinggalan zaman dan tidak relevan di dunia yang terus berkembang saat ini. Pengalaman pelanggan yang lebih seamless dari jalur unik mereka menuju pembelian digambarkan sebagai “infinite loop” atau lingkaran tak terbatas.
Ini adalah lingkaran tak terbatas tanpa titik awal atau akhir, dan memberdayakan bisnis untuk membangun hubungan yang lebih bermakna dengan konsumen yang menghasilkan konsumen yang loyal terhadap bisnis Anda dan melakukan pembelian secara berulang.
Dengan memberikan konten yang relevan dan dipersonalisasi yang didasarkan preferensi dan minat pengguna, loop ini menghadirkan proses penjualan yang menghibur. Dengan Tiktok marketing, bisnis dapat membangun pengalaman konsumen yang menarik yang membuat belanja menjadi menarik dan menghibur. Menurut Studi, 44% pengguna Tiktok harian ingin konten bisnis/brand menjadi menyenangkan dan menghibur.
Baca juga: Jenis Tiktok Marketing untuk Bisnis
Tips untuk bekerja dengan algoritma Tiktok
Setelah mempertimbangkan mengapa Anda harus mulai menggunakan Tiktok marketing sebagai sarana pemasaran bisnis dan produk Anda, sekarang waktunya untuk mulai memanfaatkan segala keunggulan dari platform Tiktok ini.
Sebelum lanjut, jika Anda belum mengetahui algoritma Tiktok terbaru di tahun 2022, ada baiknya Anda membaca artikel berikut ini:
Mengenal Cara Kerja Algoritma Tiktok 2022
Setelah mengetahui cara kerja algoritma Tiktok di tahun 2022, sekarang saatnya Anda untuk memulai bekera dengan algoritma Tiktok tersebut. Berikut ini tips yang akan membantu Anda melakukan hal tersebut:
1. Beralih ke akun Tiktok pro
Tiktok memiliki dua jenis akun pro, yaitu akun Kreator dan akun Bisnis.
Beralih ke akun pro tidak akan membantu membuat video Anda seketika masuk dalam FYP, namun beralih ke akun Tiktok pro merupakan bagian penting dari menguasai algoritma Tiktok.
Hal tersebut dikarenakan akun Kreator atau Bisnis memberi Anda akses ke metrik dan insight yang dapat membantu dalam membuat strategi Tiktok marketing Anda. Memahami siapa audiens Anda, kapan mereka aktif di aplikasi, dan jenis konten apa yang mereka nikmati sangat penting jika Anda ingin membuat konten yang mereka sukai.
Berikut cara mengonversi ke akun Bisnis TikTok:
- Dari halaman profil Anda, ketuk ikon tiga garis di kanan atas layar
- Pilih Settings and privacy
- Pilih Manage account
- Pilih Switch to Business Account dan pilih kategori yang sesuai untuk bisnis Anda
2. Tentukan niche Anda
Hal pertama sebelum Anda membuat konten adalah Anda harus menentukan terlebih dahulu niche dari konten Anda. Di sini Anda juga bisa menggunakan niche yang biasa Anda gunakan di media sosial lainnya.
Namun, Anda harus benar-benar membuat strategi yang tepat ketika menentukan niche untuk Tiktok Anda. Hal ini sangat penting karena Tiktok berbeda dengan media sosial yang lain karena pengguna Tiktok menghabiskan sebagian besar waktu di FYP (For You Page).
Jika Anda dapat memanfaatkan niche yang sudah ada, Anda akan lebih mungkin untuk menjangkau audiens yang tepat.
Memahami niche dan membuat konten yang konsisten dengan niche Anda dapat membantu bisnis Anda terlihat kredibilitas di industri Anda, serta bisa mendapatkan audiens yang loyal dengan konten-konten Anda.
3. Maksimalkan momen pertama
Satu lagi hal yang perlu Anda ketahui bahwa Tiktok bukan platform yang tepat untuk menambahkan intro yang panjang di dalam konten video Anda.
Jika Anda tidak secara langsung membahas isi konten, audiens akan secara cepat scrolling ke video atau konten selanjutnya.
Ambil perhatian audiens di detik-detik pertama konten video Anda. Berdasarkan dari Tiktok Ads, video yang memiliki opening Tiktok dengan emosi yang kuat menciptakan peningkatan 1,7x daripada video yang dimulai dengan ekspresi netral.
4. Buat caption yang menarik
Tiktok memiliki batas maksimal 150 karakter termasuk dengan hashtag. Anda harus berusaha untuk membuat caption yang menarik dan memberi tahu pembaca kenapa mereka harus menonton video Anda.
Anda bisa menggunakan formula copywriting untuk membuat caption yang menarik. Anda juga bisa membuat pertanyaan di caption agar menciptakan percakapan di kolom komentar dengan audiens Anda.
5. Buat video yang berkualitas tinggi
Karena Tiktok adalah platform berbasis video, sudah jelas bahwa Anda harus membuat konten yang berkualitas tinggi agar bisa masuk dalam FYP.
Anda tidak perlu peralatan yang mewah dan mahal. Anda bisa menggunakan smartphone Anda untuk mengambil video dan bisa juga didukung dengan pencahayaan serta mikrofon yang memadai.
Setelah itu Anda bisa melakukan editing terhadap video Anda. Maksimal durasi yang ada di Tiktok adalah 3 menit, namun Anda bisa mentargetkan video selama 12 – 15 detik untuk membuat audiens Anda tetap terlibat.
Anda bisa mengambil video dalam format vertikal 9:16. Menurut Tiktok, video yang diambil secara vertikal rata-rata memiliki rasio tontonan 25% lebih tinggi.
Selain format video, musik juga sangat penting bagi Tiktok. Pastikan video konten yang Anda buat menggunakan musik dan Anda bisa memanfaatkan musik yang sedang tren.
6. Posting pada waktu yang tepat
Tiktok sama seperti media sosial lain pada umumnya di mana penting untuk mengetahui jam aktif audiens mereka. Dengan memposting konten pada waktu di mana audiens paling aktif menggunakan Tiktok, maka akan menaikkan kemungkinan keterlibatan audiens dengan konten Anda.
Untuk menemukan waktu saat audiens Anda paling aktif, Anda bisa cek Business atau Creator account analytics Anda dengan cara berikut ini:
- Dari halaman profil Anda, ketuk ikon tiga garis di kanan atas layar.
- Pilih Business Suite, lalu pilih Analytics.
Tiktok juga merekomendasikan untuk memposting 1-4 kali per hari untuk menguji berbagai jenis konten Anda.
7. Engage dengan pengguna Tiktok lainnya
Menurut Tiktok, 61% pengguna Tiktok lebih menyukai brand/bisnis saat mereka membuat atau berpartisipasi dalam tren di TikTok, dan 21% pengguna TikToker merasa lebih terhubung dengan brand/bisnis saat mereka mengomentari postingan orang.
Tiktok memiliki beberapa cara unik untuk berinteraksi dengan pembuat Tiktok lainnya, seperti Duet, Stitch, dan balasan video komentar.
8. Gunakan hashtag yang tepat
Anda dapat menggunakan gabungan jenis hashtag yang akan membantu membuat menempatkan video Anda di FYP, yaitu:
- Hashtag FYP
Anda bisa menggunakan hashtag seperti #fyp, #foryou, dan #foryoupage untuk membuat video Anda bisa masuk ke FYP.
Tiktok memang tidak menonfirmasi apakah ini 100% berfungsi untuk menempatkan suatu konten ke FYP, namun dengan banyaknya pengguna lain yang menggunakan hashtag ini, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencobanya.
- Trending hashtag
Anda bisa menemukan hashtag yang sedang tren dengan membuka tab Discover.
Di situ Anda bisa melihat berbagai hashtag yang sedang trending dan seberapa banyak pengguna yang menggunakan hashtag tersebut.
Pastikan untuk menggunakan hashtag yang memang berhubungan dengan bisnis maupun konten video Anda agar tetap relevan dengan target audiens Anda.
Menurut Tiktok, 61% pengguna Tiktok mengatakan mereka lebih menyukai brand/bisnis saat mereka membuat atau berpartisipasi dalam tren Tiktok.
9. Gunakan musik yang sedang tren
Berdasarkan data dari Tiktok, 67% pengguna Tiktok mengatakan mereka lebih suka video brand/bisnis yang menampilkan lagu-lagu populer atau sedang tren.
Anda bisa menemukan musik dan lagu yang sedang tren dengan cara berikut ini:
- Ketuk ikon + di bagian bawah
- Kemudian ketuk Add sound
- Setelah itu Anda akan melihat daftar lagu dan musik yang sedang tren
Baca juga: Strategi Marketing TikTok untuk Bisnis
Di atas tadi adalah tips yang bisa Anda coba untuk memanfaatkan algoritma Tiktok di tahun 2022 ini. Untuk mendapatkan hati audiens Anda, memang Anda perlu mendalami terlebih dahulu setiap platform yang akan Anda gunakan sebagai media bertemu dengan audiens.
Namun, Anda juga bisa menggunakan jasa digital marketing agency (termasuk dengan social media) untuk memudahkan Anda menjangkau lebih banyak audiens dan membantu pemasaran bisnis Anda.
Chubbyrawit siap melayani segala kebutuhan dan keperluan pemasaran Anda. Hanya dengan mengisi contact form berikut, Anda akan dihubungi oleh konsultan kami dan bersiaplah untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari bisnis Anda!
Penulis: Bayu Pamungkas