Tips-Memilih-Influencer-Marketing-ChubbyRawit

Kita sering kali mendengar kata endorse namun apa sebenarna endorse? Endorse diambil dari kata Endorsement, yang dalam Bahasa Inggris berarti: Memberikan dukungan, namun di kalangan pengguna media sosial, endorse  merupakan cara iklan dimana penjual mengirim barang kepada influencer (selebritis atau public figure dari kalangan artis, tokoh politik maupun orang-orang yang memegang peran penting atau memiliki pengikut atau terkenal di komunitas/lembaga/organisasi).

Lalu mengapa memilih influencer? Alasannya mudah, mereka dipilih karena memiliki banyak followers. Sehingga diharapkan followers mereka bisa tertarik dan mengunjungi produk atau jasa pengiklan, menjadi followers baru, lalu menjadi pelanggan.

Menurut riset dari Nielsen bentuk pemasaran menggunakan influencer untuk endorse merupakan pemasaran yang paling efektif karena 92% konsumen lebih percaya apa yang dikatakan oleh orang lain dibanding yang dikatakan langsung dari pihak pemilik produk/jasa.

Selain itu, penyebab maraknya penggunaan selebriti ini adalah mulai banyaknya pengguna internet yang menggunakan ad-blocker (aplikasi blokir iklan online), sehingga semakin sulit bagi pemasar untuk menjangkau target konsumen. Namun dalam mencari influencer yang tepat, menghubungi satu per satu, negosiasi dan menjalankan promosi, bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah dan cukup menghabiskan banyak waktu.

Dengan berkembangnya sistem endorse di dunia digital saat ini bermunculan agency yang menghubungkan produk dengan para influencer. Pada kenyatannya melibatkan pihak ketiga (agency) mampu mempermudah Anda dalam memilih influencer yang tepat serta melakukan perencanaan dalam melakukan promosi.

Penggunaan pihak ketiga (agency) tentunya meminimalisir kesalahan dalam menentukan siapakah influencer yang tepat dalam memasarkan sebuah produk, namun agar sistem endorse ini dapat bekerja dengan baik maka pemilik toko online harus mempertimbangkan langkah-langkah dalam memilih influencer secara langsung ataupun melalui agency yaitu :

Lihat Track Record Terlebih Dahulu

Lihat terlebih dahulu timeline influencer tersebut, apakah dia pernah melakukan endorse untuk sebuah bisnis atau produk sebelumnya? Jika pernah ada, apakah hasilnya memuaskan? Apakah dia pernah melakukan endorse produk atau bisnis yang sejenis dengan produk yang akan dipasarkan? Jika memang belum pernah memberikan jasa endorse sama sekali, pengiklan perlu melihat beberapa poin penting seperti seberapa besar followers-nya.

Lihat Interaksinya dengan Follower

Seorang influencer dituntut untuk aktif dalam membalas komentar followers-nya apabila seorang influencer tidak mampu berinteraksi dengan followers-nya maka produk yang akan di pasarkan hasilnya akan kurang memuaskan. Interaksi yang dilakukan seorang influencer dapat dilihat apakah penulisan serta caption yang digunakan menarik dan lucu seperti Raditya Dika dengan kalimat-kalimatnya yang absurd atau Sule dengan kalimat Sunda yang lucu.

Pastikan Influencer Memiliki Kegemaran Atau Hobby Terhadap Produk yang Dipasarkan

Hasil survey dari industribisnis.com, 90% pengguna media sosial tertarik dengan influencer yang memiliki kesamaan hobby dengan produk yang di endorse, karena pengguna media sosial meyakinin selebriti tersebut merupakan orang yang ahli dan mengerti tentang produk yang di endorse.

Gunakan Influencer yang Bertolak Belakang dengan Produk

Bertolak belakang? Ya, ini merupakan cara yang unik karena sesuatu yang bertolak belakang mampu menarik perhatian orang-orang. Saat pilkada DKI Jakarta, beberapa calon gubernur menggunakan selebriti yang tidak memiliki latar belakang politik sebut saja Rapper Saykoji yang mempromosikan Ahok saat itu, atau Pelawak Sule yang sekarang banyak mempromosikan salah satu gubernur jawa barat di twitter-nya. Ketika seorang selebriti yang tidak pernah terlibat dalam dunia politik secara tiba-tiba membahas masalah politik tentunya akan mengundang reaksi di media sosial dan menarik perhatian banyak orang.

Bagaimana? Dengan memahami langkah tersebut maka sistem Endorsement yang dilakukan dapat bekerja dengan baik. Tidak ada waktu untuk mencari, bernegosiasi dengan influencer? Di ChubbyRawit, kami membantu menghubungkan brand atau jasa Anda dengan Influencer yang tepat, sehingga campaign Anda berhasil.