social media
Posted in

Tips Sukses Menguasai Algoritma Instagram Terbaru di 2021

inhouse banner 67

instagram-agoritma-2021

Pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas tentang algoritma Instagram di tahun 2021 yang bisa diantisipasi saat ini agar performa brand atau bisnis Anda di social media semakin lancar di tahun mendatang. Langkah selanjutnya setelah mengetahui algoritma Instagram adalah bagaimana cara memenangkan algoritma dan persaingan dengan kompetitor Anda. 

Satu hal yang harus diingat adalah jika ingin meningkatkan peringkat Anda dengan algoritma Instagram, hal terbaik yang dapat dilakukan adalah mendorong sebanyak mungkin interaksi baik likes, komentar, DM, simpan ke koleksi, dan share. Dengan membangun momentum bersama komunitas Anda yang sudah ada, tanpa Anda sadari konten Anda juga akan ditampilkan kepada audiens baru.

Tanpa harus berpanjang lebar, berikut ini adalah beberapa tips untuk meningkatkan peringkat algoritmik Anda untuk mempertahankan pelanggan lama dan menjangkau audiens baru. 

Baca juga: Cara Kerja Algoritma Instagram Terbaru di 2021

1. Interaksi Dengan Stiker Instagram Stories

Stiker Instagram Stories adalah cara yang bagus untuk mendorong engagement dengan audiens. Semakin banyak engagement yang postingan Anda peroleh maka akan semakin tinggi pula posisinya oleh algoritma Instagram. Ada banyak stiker Instagram, tetapi yang terbaik untuk mendorong interaksi adalah polling, sliding emoji, dan stiker ask the questions.

instagram-stories-2021

Source: instagram.com

Stiker polling dan stiker slider emoji adalah pilihan tepat untuk memenangkan engagement dengan mudah. Stiker ini cocok dan dapat digunakan untuk hampir semua bisnis atau brand. Stiker ask the question mungkin tidak selalu bisa digunakan, tetapi stiker ini juga dapat mendorong interaksi yang tulus dengan audiens Anda, yang sangat berharga untuk mendongkrak algoritma Instagram.

2. Percakapan Dengan Teks dan Komentar yang Menarik

Instagram telah mengonfirmasi bahwa komentar sangat penting dalam hal peringkat feeds. Jadi adalah sebuah ide bagus untuk mendorong sebanyak mungkin audiens untuk berinteraksi dengan postingan Anda.

Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menulis isi caption yang menarik dan dapat mendorong keterlibatan audiens dengan konten Anda. Di sini keterampilan copywriting begitu dibutuhkan untuk menciptakan kata – kata yang menarik pada caption postingan feeds atau story, sehingga audiens menjadi tergugah untuk berkomentar, atau paling tidak berinteraksi dengan postingan Anda dengan memberikan stiker emoji.

3. Maksimalkan Fitur Terbaru Instagram

Para pengguna Instagram cenderung penasaran dan tertarik untuk mencoba fitur terbaru yang diluncurkan Instagram pada aplikasinya. Penting sekali untuk mencoba memaksimalkan fitur – fitur terbaru ini untuk meningkatkan engagement audiens pada brand Anda.

Baca juga: Mengenal Instagram Shopping dan Manfaatnya Bagi Bisnis Anda

4. Optimalkan Strategi Penggunaan Hashtag

Menambahkan hashtag dalam postingan adalah salah satu cara paling efektif untuk menjangkau lebih banyak orang di Instagram, yang berarti lebih banyak “tampilan” untuk dipertimbangkan oleh algoritma Instagram. Dengan strategi hashtag yang bagus, Anda tidak hanya akan menjangkau lebih banyak orang, namun Anda juga akan menjangkau orang-orang yang relevan dengan brand Anda yang berkemungkinan besar akan terlibat dengan konten Anda.

5. Cross-Promote Konten Instagram 

Jika Anda mencari senjata pamungkas engagement yang cepat dan mudah untuk membantu meningkatkan peringkat algoritma Instagram brand Anda, cross-promote konten Instagram Anda adalah tempat yang tepat untuk memulai.

Seiring perkembangan Instagram, begitu pula jumlah saluran yang dapat Anda bagikan konten: feeds, stories, IGTV, dan Reel. Dan dengan saluran posting yang berbeda ini, Anda dapat menggunakannya secara strategis untuk mengarahkan audiens yang berbeda ke konten terbaru Anda.

instagram-feed-2021

Source: instagram.com

6. Pergunakan Direct Messages Anda Sebaik Mungkin

Sama seperti komentar dan likes, pesan langsung (Direct Messages) adalah indikator engagement yang kuat untuk algoritma Instagram. Anda mungkin telah memperhatikan bahwa akun yang Anda DM paling sering muncul di feeds Instagram Stories Anda paling awal.

Algoritma Instagram melakukan yang terbaik untuk menyajikan konten yang menurut Anda ingin Anda lihat. Salah satu cara untuk memanfaatkan ini adalah dengan mengundang audiens untuk mengirimi Anda DM pertanyaan atau masukan secara teratur, atau dengan mendorong reaksi emoji cepat atau quick emoji reactions.

Kami rekomendasikan untuk siapkan Instagram Quick Replies untuk menjawab pertanyaan DM Anda yang paling umum dengan satu sentuhan tombol.

7. Gunakan Instagram Analytics Untuk Evaluasi

Melacak dan memantau kinerja konten Anda di Instagram adalah salah satu cara paling andal untuk menggunakan algoritma Instagram. Memiliki pemahaman yang lebih baik tentang apa yang berhasil dan yang tidak akan membantu Anda membuat rencana marketing yang baik, menghemat waktu dan tenaga Anda dalam jangka panjang. 

Tetapi mendalami Instagram Analytics Anda berarti lebih dari sekadar mencari tahu foto, video, atau cerita mana yang berkinerja terbaik. Anda harus benar-benar memahami bagaimana kinerja konten Anda – dengan melacak metrik utama dari waktu ke waktu – sangat penting untuk mengetahui apa yang membantu meningkatkan peringkat Anda.

Baca Juga: 4 Metrik yang Wajib Kamu Pahami di Social Media

Itulah tips untuk untuk memenangkan algoritma Instagram. Apapun taktik yang Anda pilih untuk meningkatkan peringkat algoritma Instagram brand Anda pada tahun 2021, yang paling penting adalah tetap jaga dan tingkatkan engagement dengan audiens Anda sebagai inti strateginya.

Membangun hubungan yang tulus dengan pengikut Anda adalah cara paling ampuh untuk “meretas” algoritma dan, yang paling penting, ini juga akan menghasilkan “keajaiban” bagi brand Anda. 

Masih bingung dengan cara kerja algoritma Instagram 2021? Atau bingung bagaimana cara kongkritnya memenangkan algoritma dan persaingan di Instagram? Konsultasikan segala kesulitan, keraguan dan permasalahan Anda dengan kami, ChubbyRawit – creative digital marketing agency di Jakarta yang akan siap membantu Anda mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, eksekusi hingga evaluasi. Isi formulir di halaman contact us dan ceritakan kebutuhan Anda, konsultan kami siap membantu Anda.