LET'S GO viral-chubbyrawit

Apakah Anda dan bisnis Anda sudah terjun ke media sosial? Bila sudah, lalu apa tujuan dari hadirnya Anda dan bisnis Anda di media sosial? Mendapatkan lebih banyak traffic? Lebih banyak pelanggan? Lebih banyak pengikut? Lebih banyak like dan komentar?

Singkatnya, Anda ingin menjadi viral di media sosial? Tapi sebenarnya viral itu apa sih? Di internet, sebuah konten bisa menyebar seperti virus jika orang menjadi ‘terinfeksi’ saat melihatnya. ‘Infeksi’ ini biasanya berasal dari bangkitnya emosi pemirsa yang mendorong mereka untuk membagi konten tersebut, serta mendiskusikannya.

Nah, bila Anda ingin ‘menginfeksi’ orang dengan konten di media sosial, ada baiknya Anda perhatikan enam tips ini. Memang tidak ada jaminan kalau video, meme, foto atau artikel Anda akan viral, tapi biasanya konten viral tersebut mengikuti kerangka dasar ini.

#1 Kenali Audience Anda

Menjadi viral bukan hanya tentang memaparkan konten Anda pada khalayak saja, namun tentang memaparkan konten kepada orang yang tepat. Anda harus mencari tahu preferensi pengikut Anda, apa yang ingin mereka lihat, serta jenis tulisan yang mereka sukai secara spontan. Orang lebih cenderung untuk berbagi posting yang beresonansi dengan mereka dan bahwa mereka merasa berhubungan dekat dengan konten tersebut.

#2 Membangun Hubungan Emosional

Setelah Anda menetapkan target audience, selanjutnya temukan cara untuk melibatkan mereka. Konten yang membosankan tidak hanya mengurangi minat, tapi juga memastikan mereka tidak akan membagikannya. Konten yang terhubung secara emosional dengan audience memiliki kesempatan lebih tinggi untuk dibagikan, biasanya jenis positif. Topik yang menimbulkan emosi kuat pada pemirsa dan mendorong mereka untuk bertindak biasanya dengan segera menjadi viral. Anda bisa mengawali dengan mempertimbangkan 6 emosi dasar – kemarahan, ketakutan, kejutan, jijik, kebahagiaan dan kesedihan. Lalu, apakah konten Anda mengilhami semua emosi ini?

 #3 Pastikan Konten yang Bermanfaat

Menciptakan konten yang sangat relevan dan bermanfaat adalah cara mudah untuk meningkatkan kemungkinan menjadi viral. Cara yang paling bagus untuk menarik perhatian audience sejak awal adalah memastikan tajuk utama Anda jelas dan cukup menarik. Tak hanya bermanfaat, pastikan Anda mempertahankan hubungan emosional dengan audience yang bisa mendorong posting Anda menjadi viral di media sosial. Selain itu, pastikan Anda membuat konten yang bisa ditindaklanjuti dan mengandung saran yang praktis untuk dilakukan.

#4 Bagikan Konten di Waktu yang Tepat

Waktu sangat penting untuk membuat postingan menjadi viral. Posting konten pada saat orang cenderung bekerja atau tertidur secara drastis mengurangi kesempatan Anda menjadi viral. Saat ini sudah banyak platform media sosial yang memiliki alat untuk mempelajari pola tampilan pengunjung Anda. Anda dapat menggunakannya untuk merencanakan postingan Anda selanjutnya agar bisa menjadi viral.

#5 Bermain Visual

Postingan blog, Tweet, Facebook dan media sosial lain dengan gambar memiliki kecenderungan untuk dibagikan. Salah satu elemen yang paling menonjol untuk menjadi viral adalah pentingnya tampilan visual yang menarik. Tidak peduli platform media sosial apa yang Anda gunakan, cukup tambahkan beberapa gambar yang relevan sehingga tidak hanya meningkatkan kesempatan Anda untuk diklik namun juga dibagikan. Video juga bisa menjadi alat yang lebih kuat untuk mengkomunikasikan pesan Anda kepada audiens Anda dengan sentuhan personal. Video dapat membangkitkan emosi dan resonansi yang lebih besar dengan audience Anda, terutama jika dimanfaatkan secara efektif untuk menceritakan sebuah kisah.

#6 Gaet Influencer

Menggaet influencer untuk berbagi konten Anda bisa mendorong konten Anda menjadi viral. Cara terbaik untuk mendekatkan diri Anda dalam radar influencer adalah dengan mencoba membangun hubungan dengan mereka. Hal ini dapat dilakukan dengan membagikan pos mereka, merekomendasikannya kepada pengikut Anda, serta mencoba memulai percakapan dengan mereka. Walaupun tidak menjamin mereka akan merespons, namun kemungkinan hal ini dapat menarik perhatian mereka, mendorong mereka untuk memeriksa konten Anda, atau bahkan membagikan posting Anda tanpa harus diminta.

Walaupun tidak semua konten yang Anda buat akan menjadi viral. Tetapi dengan mempertimbangkan tips ini dan menerapkan strategi tersebut, Anda akan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk menjadi viral dan kemungkinan untuk konten Anda yang dibagikan. Selamat mencoba!