Tidak terasa kita sudah memasuki bulan Ramadan, dimana mayoritas masyarakat Indonesia yang beragama Islam akan menjalankan ibadah puasa. Tentunya kehadiran bulan Ramadan mempengaruhi kehidupan sehari-hari. Hal ini harus diperhatikan bagi kamu yang ingin mempromosikan sesuatu atau meningkatkan penjualan di bulan puasa. Perubahan aktivitas yang terjadi saat bulan Ramadan ini dirangkum oleh mesin pencari Google. Berikut ini beberapa trik yang diberikan Google agar promosi yang kamu lakukan dapat berjalan lebih efektif :

Awal Ramadan merupakan waktu yang tepat untuk mempromosikan produk kamu

Data dari Google menyebutkan bahwa masyarakat Indonesia mulai sering mencari konten-konten yang berhubungan dengan ramadan seminggu sebelum Ramadan dan semakin tinggi di minggu-minggu awal bulan Ramadan.

Ini merupakan kesempatan yang baik bagi kamu apabila kamu ingin memperkenalkan serta mempromosikan produk kamu secara besar-besaran, kamu bisa gunakan berbagai strategi untuk menarik mereka seperti memberikan harga termurah atau obral bonus sampai voucher belanja gratis, karena fakta di lapangan menyatakan bahwa tingkat konsumsi barang maupun jasa meningkat dengan pesat di minggu pertama bulan Ramadan.

Selain itu, Google juga melaporkan bahwa pencarian konten Ramadan berakhir seminggu setelah hari Raya Idul Fitri. Pastikan kamu telah menghentikan promo Ramadan untuk produk kamu beberapa hari setelah lebaran.

Buatlah konten menarik tentang hubungan antara produk kamu dan bulan Ramadan

Buatlah konten khusus di bulan Ramadan dengan memasukkan elemen di bulan puasa agar lebih mudah ditemukan. Konten ini mampu menarik traffic website atau sosial media kamu di mesin pencari google karena faktanya dari hasil survey google internal data, pencarian kata-kata seperti “Amalan Ramadan, kultum Ramadan”, naik 800 – 1,200%. “jadwal puasa, diet puasa” naik 300%, sedangkan kata-kata “tutorial hijab dan bau mulut” naik 150-200%.

keyword ramadan_chubbyrawit

 

 

Selain itu, kamu juga bisa memasukkan informasi mengenai makanan, misalnya menu untuk berbuka puasa atau menu untuk sahur.

keyword ramadan_chubbyrawit_kata_kunci_ramadan_resep_buka_puasa_resep_sahur

 

Menurut Google, kata-kata seperti ini naik 4 kali lipat. Persiapkan konten kamu dari jauh-jauh hari agar kamu tidak perlu pusing dalam mengupload konten kamu, sebisa mungkin upload konten kamu dipagi hari karena pencarian kata Ramadan biasanya memuncak mulai dari jam 12.00 siang sampai jam 15.00 sore.

Perkuat konten kamu dengan video

Konten berupa teks atau foto sudah, jangan lupa konten video hiburan yang berkaitan dengan bulan Ramadan untuk mempromosikan sesuatu.

Menurut Google, pencarian video melalui mobile meningkat sebanyak 13% saat Ramadan dan mencapai puncaknya seminggu sebelum lebaran. Mayoritas pengguna Google akan menonton video-video hiburan di platform YouTube pada saat sahur (pukul 5.00 sampai 6.00), di siang hari (pukul 11.00 hingga 15.00), dan setelah salat Tarawih (pukul 20.00 hingga 22.00).

Optimalkan promosi kamu melalui mobile

Bulan Ramadan juga dimanfaatkan masyarakat Indonesia untuk berbelanja. Ada lima jenis barang yang mengalami lonjakan pencarian saat Ramadan, yaitu pakaian, tiket transportasi, smartphone, pulsa telepon, dan perangkat elektronik.

keyword ramadan_chubbyrawit_kata_kunci_ramadan_insight_content

 

Jika kamu ingin menjual barang-barang tersebut, jangan lupa untuk memanfaatkan promosi di mobile karena di masa-masa mudik, yaitu sekitar waktu lebaran, akses internet lewat perangkat mobile akan naik mencapai 81%

keyword ramadan_chubbyrawit_kata_kunci_ramadan_insight_shopping_consumer_behaviour

Nah sekian tips dari kami, tidak lupa segenap keluarga besar ChubbyRawit mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa minal aidin wal faizin mohon maaf lahir dan batin. Sampai bertemu di tips-tips berikutnya.