TIPS MENEMUKAN MENTOR BISNIS CHUBBYRAWIT

Menjadi seorang pengusaha adalah sebuah perjalanan menuju hal yang tidak pasti. Setiap hari Anda akan menemukan tantangan baru, masalah baru, serta solusi baru. Ketidakpastian ini tak lain disebabkan karena Anda tidak pernah tahu dari mana arah tantangan berikutnya akan datang. Apalagi untuk pebisnis pemula yang belum memiliki pengalaman sebelumnya.

Hanya ada satu cara untuk mengatasi kekurangan pengalaman ini dengan cepat yaitu dengan mengikuti program bimbingan atau mentoring yang memanfaatkan pengalaman orang lain untuk kesuksesan bisnis Anda. Bagi wirausahawan pemula, menemukan mentor yang tepat bisa memberikan perbedaan signifikan antara kesuksesan dan kegagalan dalam bisnis baru mereka.

Menemukan mentor bisnis yang baik ibarat menemukan harta karun yang akan berguna untuk kesuksesan bisnis. Ada lima hal yang harus diingat dalam mencari dan menemukan mentor yang tepat untuk Anda.

#1. Elaborasi Tujuan dan Harapan Anda

Sebelum mencari sosok mentor untuk bisnis Anda, tuliskan tujuan dan harapan spesifik Anda serta peran yang Anda inginkan terhadap mentor tersebut. Seorang mentor akan memberikan masukan taktis dan strategis, bukan sulap maupun pembaca pikiran. Jadi, mulailah dengan mengajukan beberapa pertanyaan kunci kepada diri Anda:

  • Apa yang ingin Anda pelajari?
  • Kapan dan di mana Anda harus lebih termotivasi?
  • Apakah Anda menginginkan seseorang yang dapat membantu usaha yang gagal?
  • Apakah Anda butuh bantuan dalam belajar lebih banyak tentang industri tertentu?
  • Apakah Anda butuh panduan bagaimana menjadi pengusaha sukses?

Semakin Anda memahami kebutuhan Anda, maka semakin baik kemungkinan Anda dalam mengidentifikasi orang yang tepat.

#2. Identifikasi Kandidat Potensial

Pada dasarnya, Anda bisa menemukan mentor dimanapun. Namun, pastikan untuk fokus pada orang yang benar-benar Anda hormati dan yang ‘satu frekuensi’ dengan Anda. Tidak penting Anda mengenal orang itu dengan baik, tapi hal tersebut bisa membantu Anda dalam menjalin keakraban. Jangan pernah mengesampingkan mentor dari industri atau generasi yang berbeda. Karena sebenarnya, acapkali perspektif dari luar justru memberikan sudut pandang yang paling berharga dan obyektif. Cobalah untuk mencari mentor di asosiasi bisnis di wilayah Anda, organisasi nirlaba, perguruan tinggi atau universitas atau bahkan di dalam keluarga Anda.

#3. Pilih Mentor Ahli

Seorang mentor idealnya harus ahli dalam industri tertentu khususnya industri yang sesuai dengan bisnis Anda serta mampu menyelesaikan masalah yang Anda hadapi. Sebaiknya jangan memilih mentor generalis, yang cenderung memberikan saran secara umum. Contoh kasus saat Anda telah menghabiskan banyak uang untuk beriklan di Facebook atau media sosial tanpa mendapatkan hasil yang bagus, maka carilah ahli dalam bidang tersebut yang dapat membimbing dan melatih Anda dengan sebaik-baiknya dalam memanfaatkan media ini (bersama dengan pilihan lain). Anda bisa memanfaatkan jasa digital marketing agency yang dapat membantu merancang, menuliskan hingga mengevaluasi konten marketing yang sesuai dengan target pasar Anda.

#4. Kreatif dalam Meminta Seseorang menjadi Mentor

Kebanyakan orang sukses adalah orang sibuk yang dibanjiri email dari orang-orang yang meminta masukan atau saran. Jadi, Anda harus kreatif dalam menarik perhatian orang tersebut agar bersedia menjadi mentor Anda. Anda bisa membangun hubungan, dengan mengikuti blog mereka, mengomentari artikel mereka, retweet artikel mereka (dengan men-tag mereka) dan terlibat secara aktif dengan mereka di media sosial. Yang tak kalah penting, email mereka dengan pertanyaan yang berkualitas dan berbobot. Jangan buang waktu mereka hanya untuk mendengar saran umum yang bisa Anda peroleh di tempat lain.

#5. Berkomunikasi secara Konsisten

Bila memungkinkan untuk bertemu, usahakan untuk bertemu secara konsisten. Walaupun sulit, tapi buatlah mudah satu sama lain dan bertemu di lokasi yang mudah dijangkau serta nyaman untuk keduanya. Selalu kirimkan catatan tindak lanjut (follow up) serta ucapan terima kasih. Selain itu, pastikan hubungan itu memberikan timbal balik dengan selalu memberikan update tentang bagaimana saran mereka memberi dampak terhadap bisnis Anda.

Selain kelima hal diatas, Anda juga harus memiliki beberapa daftar karakter yang penting untuk dimiliki oleh mentor.

  • Dapat Dipercaya

Untuk bisa menjalin hubungan yang baik dengan mentor demi tujuan Anda, Anda harus bisa mempercayai mentor Anda sepenuhnya. Oleh sebab itu, kepercayaan menjadi salah satu kriteria yang harus ada pada kandidat mentor.

  • Seseorang yang Anda Hormati

Ada baiknya bila Anda memilih mentor yang Anda hormati, Anda lihat dan Anda kagumi. Dengan demikian, Anda akan mendengarkan dan menghargai pendapat mereka dengan sepenuh hati.

  • Pendengar yang Baik

Pendengar yang baik bukan berarti mentor hanya mendengarkan dan setuju dengan semua yang Anda katakan. Seorang mentor yang hebat biasanya akan mengajukan pertanyaan yang sangat bagus, mendengarkan, menyelidiki lebih lanjut dan mendiskusikan situasi serta berbagi pengalaman serupa yang pernah mereka alami di masa lalu, apa yang mereka lakukan, apa yang berhasil dan tidak berhasil.

  • Memiliki Sikap Positif

Peran mentor dalam mendorong dan membangun kepercayaan diri Anda sangatlah penting. Bahkan ini menjadi salah satu manfaat terpenting dari mentorship. Seorang mentor harus bisa menjadi pendukung sekaligus pemandu sorak yang hebat serta membantu mengembalikan kepercayaan diri Anda saat mengalami kemunduran dan kegagalan.

  • Berpikiran Terbuka

Anda harus mencari mentor yang tetap berpikiran terbuka terhadap berbagai pendekatan dan situasi bisnis terutama bila Anda memiliki bisnis yang unik. Mentor yang baik adalah orang yang senantiasa berorientasi untuk belajar – orang-orang yang selalu ingin mengembangkan atau memperbaiki diri, sehingga akan memberikan dampak yang positif terhadap kepribadian Anda.

Bila Anda berhasil membangun hubungan dengan orang-orang cerdas, kredibel dan inspirasional, sebagai mentor Anda, maka potensi kesuksesan pribadi serta profesional akan tumbuh secara signifikan. Jadi, tunggu apa lagi? Kenali dan kejar mentor Anda sekarang juga!

ChubbyRawit, digital marketing agency yang memiliki misi membantu bisnis kecil dan menengah agar dapat bersaing dengan pemain besar sebelumnya serta memajukan landscape digital Indonesia, kami berkomitmen untuk dapat meberikan konsultasi, bimbingan, serta tim pekerja dalam segi branding dan pemasaran digital untuk bisnis Anda. Jangan ragu untuk meninggalkan pesan, pertanyaan atau saran dan kritik Anda pada kolom contact di bawah. Konsultan kami siap memberikan konsultasi, solusi, dan jasa terbaik bagi bisnis Anda. Feel free to contact us!