Tips Membuat Bio Instagram untuk Bisnis

Apakah Anda sudah memanfaatkan Instagram sebagai salah satu channel dalam strategi digital marketing Anda? Bila sudah, tentu sebuah langkah yang sangat bagus. Nah, meskipun Anda mungkin telah mengembangkan strategi untuk konten Instagram Anda, Anda mungkin mengabaikan elemen penting dalam strategi Instagram Anda. Apakah itu?

Profil alias bio pada Instagram bisnis Anda. Ya, profil Instagram Anda menciptakan kesan pertama dari brand Anda dan merupakan tulang punggung kehadiran Instagram Anda. Ini juga satu-satunya kesempatan Anda untuk memberikan tautan yang dapat diklik di manapun di Instagram. Bio pada Instagram menawarkan 150 karakter untuk menunjukkan kepada pengunjung tentang siapa Anda, apa yang Anda tawarkan, dan mengapa mereka harus melirik brand atau produk Anda.

Oleh sebab itu, Anda perlu  menginvestasikan waktu untuk membuat bio tentang brand atau bisnis Anda dengan benar. Dengan bio Instagram ini, Anda dapat memastikan bahwa profil Anda memberikan gambaran yang akurat dan menarik dari brand atau bisnis Anda di Instagram. Lantas, apa saja sih yang seharusnya dicantumkan dalam profil Instagram? Sebelum mulai mengembangkan ide tentang profil Instagram, Anda perlu memahami komponen utama dalam profil Instagram Anda.

Baca juga Social Media Tips: 6 Ide Konten Original dan Kreatif untuk Instagram

#1 Nama

Teks yang Anda masukkan di kolom ini muncul dengan huruf tebal di bagian atas bio Instagram Anda. Anda harus mencantumkan nama brand Anda, namun bukan itu saja. Kolom ini menawarkan 30 karakter yang memungkinkan Anda menyertakan variasi nama Anda atau satu/dua kata kunci untuk memperjelas brand Anda serta membantu pengguna menemukan Anda.

#2 Username

Username adalah identitas Anda di Instagram, dan ini merupakan bagian dari URL profil Anda. Jadi, pilihlah dengan hati-hati! Pastikan username Anda di Instagram konsisten dan sama dengan username Anda di social media lainnya sehingga memudahkan pengguna untuk menandai Anda di beberapa social media sekaligus.

#3 Website

Kolom ini merupakan satu-satunya tempat di Instagram dimana Anda dapat mengirim tautan yang dapat diklik. Anda dapat mengubahnya sesering yang Anda mau, sehingga Anda dapat menautkan ke konten terbaru atau yang paling penting (seperti blog atau video terbaru Anda), kampanye, atau halaman arahan yang secara khusus berbicara kepada pengunjung yang datang dari Instagram. Coba gunakan pemendek URL untuk mendapatkan statistik real-time pada pengunjung dari Instagram.

#4 Bio

Bio brand Anda harus menjelaskan tentang siapa Anda dan apa yang Anda lakukan, menyampaikan kepribadian unik brand Anda, dan menggunakan bahasa yang ditargetkan untuk menunjukkan kepada audiens ideal Anda bahwa mereka telah datang ke tempat yang tepat.

Langkah selanjutnya adalah mengisi bio akun Anda. Bingung? Simak ide, tips dan inspirasi berikut ini.

#1. Gunakan Emoji

Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan emoji pada bio Instagram brand atau bisnis Anda. Mungkin Anda akan berpikir, bukankah emoji terasa kekanakan atau terlalu imut untuk sebuah brand? Sebenarnya sah-sah saja menggunakan emoji, apalagi bila jumlah karakter yang terbatas. Dengan emoji yang tepat bisa memberi tahu pengunjung lebih banyak tentang brand Anda daripada dengan kata-kata. Emoji juga bisa lho membentuk dan menciptakan kepribadian brand Anda.

Anda bisa melihat bagaimana brand Forever 21 menggunakan serangkaian emoji dalam bio untuk menunjukkan kepada pelanggannya tentang apa yang diharapkan dari feeds brand tersebut.

Tapi cara paling aman untuk permulaan penggunaan emoji adalah pin lokasi (?) untuk menunjukkan lokasi Anda, dan amplop (✉) untuk menunjukkan alamat email Anda. Bila brand Anda sudah menggunakan Snapchat sebagai sarana komunikasi, Anda bisa menambahkan penggunaan emoji hantu untuk akun Snapchat brand Anda. Yang pasti, carilah emoji yang sesuai untuk mengenalkan setiap item yang ingin Anda sertakan di bio Anda.

#2. Gunakan Hashtag Branded untuk Mengumpulkan User Generated Content

Tidak ada yang dapat menciptakan brand story yang jauh lebih menarik, kuat dan menyentuh selain konten dari pelanggan atau konsumen yang berinteraksi dengan brand Anda. Cara termudah untuk mengumpulkan konten tersebut adalah dengan menyertakan branded hashtag di bio Anda yang memberi cara konsumen Anda untuk membagikan konten mereka.

Contoh kesuksesan penggunaan branded hashtag adalah GoPro. Anda dapat melihat bagaimana konsep ini dapat digunakan untuk membuat feeds yang indah dan menarik sehingga membuat orang bersemangat dan tertarik untuk menggunakan produk atau brand Anda. Yang harus Anda ingat adalah bahwa hashtag apa pun yang Anda sertakan di bio Anda dapat diklik di Instagram melalui website, namun tidak di aplikasi seluler.

#3. Sertakan Call-to-Action

Seperti halnya komunikasi pemasaran yang bagus, bio Instagram Anda harus menyertakan call-to-action kepada pengunjung agar mereka melakukan yang Anda inginkan setelah mengunjungi profil Anda. Seperti yang dilakukan oleh Airbnb yang menggunakan call-to-action simpel tapi mengena yaitu ‘book from our feed’. Airbnb memahami bahwa pengunjung Instagram memiliki keingintahuan tinggi sehingga mereka memamerkan foto rumah yang menggiurkan yang tersedia untuk dipesan melalui layanan ini.

Yang jelas, Anda harus memahami tujuan konversi Anda terhadap pengguna. Jika Anda menampilkan produk yang menarik secara visual, seperti Airbnb, Anda mungkin ingin mengirim pengunjung langsung ke situs yang akan dibeli. Bila tujuan Anda adalah untuk membangun basis penggemar di Instagram, maka call-to-action yang tepat adalah meminta pengunjung untuk mengikuti feed Anda, atau untuk berbagi foto dengan branded hashtag Anda.

#4. Sertakan Informasi Kontak Anda

Menyertakan informasi kontak Anda pada bio Instagram adalah wajib. Bayangkan bila pengguna tertarik dengan produk atau layanan Anda dan ingin terhubung dengan Anda, namun bingung bagaimana caranya menghubungi Anda? Untuk itu, cantumkan informasi kontak seperti alamat email, sehingga pengguna dapat menghubungi Anda secara langsung.

#5. Tonjolkan Kelebihan Anda

Maksudnya adalah apa yang membedakan Anda dari pesaing? Profil Instagram bisnis yang bagus secara akurat menggambarkan bisnis Anda dan apa yang dilakukannya. Selain itu adalah keahlian atau layanan unik yang Anda berikan sebagai sebuah brand. Apakah bisnis Anda merupakan bisnis lokal? Apakah produk Anda dibuat secara unik? Atau berbagai fakta menyenangkan lainnya yang bisa Anda ceritakan pada pengguna tentang brand atau bisnis Anda? Cara ini juga merupakan usaha yang bagus untuk menunjukkan kepribadian brand atau bisnis Anda.

Semoga dengan ide bio IG ini, bisa menginspirasi Anda dalam bersiap untuk menciptakan bio yang menampilkan brand terbaik Anda dan ‘memaksa’ pengunjung untuk menyukai, mengikuti, dan bahkan membeli brand atau produk Anda. Selamat mencoba!