study case
Posted in

Studi Kasus Online Advertising J&T Cargo: Biaya Prospek Kurang dari 35 Ribu dalam 1 Minggu!

Chubbyrawit Digital Marketing Agency

Studi Kasus Online Advertising J&T Cargo

Berbagai upaya dilakukan untuk terus mengembangkan bisnis terutama di era digital. Di mana sebelumnya iklan dilakukan secara offline, sekarang hampir semua industri bisnis beralih ke iklan online atau online advertising.

Online advertising menjadi solusi untuk bisnis yang ingin tetap menjangkau audiens dan terus meningkatkan profitabilitas. Mulai dari pilihan platform yang beragam, hingga fleksibilitas dalam penggunaannya menjadi keuntungan dari penggunaan online advertising.

Untuk Anda yang sekarang sedang menjalani bisnis ataupun Anda sebagai seorang marketer dan masih ragu menggunakan online advertising, berikut ini merupakan studi kasus dari penggunaan online advertising pada klien J&T Cargo.

J&T Cargo merupakan salah satu klien yang pernah dihandle oleh ChubbyRawit dan fokus pada online advertising.

Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui salah satu tantangan yang dihadapi oleh J&T Cargo dan bagaimana kami dari ChubbyRawit menyelesaikannya dengan online advertising.

Sekilas tentang J&T Cargo

J&T Cargo adalah perusahaan ekspres yang inovatif secara teknologi di bawah naungan J&T Group.

J&T Cargo terus meningkatkan efisiensi dan mengoptimalkan biaya logistik berdasarkan standar operasional yang tinggi, sistem transportasi dan distribusi gudang yang tangguh, dan aplikasi logistik yang canggih, untuk meningkatkan nilai bisnis distribusi bagi pelanggan dan menciptakan pengalaman logistik terbaik.

J&T Group yang didirikan pada Agustus 2015 merupakan perusahaan logistik berbasis teknologi pertama di Asia Tenggara dengan E-commerce sebagai bisnis utamanya.

Bisnisnya mencakup berbagai bidang seperti pengiriman ekspres, pengiriman kargo, pergudangan dan rantai pasok, serta jenis bisnisnya melayani pengiriman antar kota, antar provinsi dan internasional.

Baca juga: Case Study Mofomofa: Dari Branding, Social Media Hingga Activation Melalui #SayangOrangutan Festival 2019

Tantangan dalam online advertising

Sebelumnya, J&T Cargo dapat ditemukan di seluruh Indonesia. Namun pada studi kasus ini, iklan tersebut hanya menargetkan lokasi tertentu seperti Bandung, Surabaya, Bekasi, Bengkulu, Batam, Aceh, Sampit, dan Balikpapan.

Dari lokasi tadi, kita harus mendapatkan traffic dan leads terdaftar ke landing page dalam waktu 1 minggu.

Dengan area target audiens yang terbatas, kami membuat landing page untuk mengakomodir pengguna yang tertarik dengan layanan kargo untuk meninggalkan informasi mereka di landing page tersebut yang nantinya dapat ditindaklanjuti oleh J&T Cargo.

What we do

Dalam menjalankan campaign online advertising ini, ada beberapa hal yang kami lakukan. Mulai dari menyusun strategi, membuat key message, membuat landing page, menentukan platform yang akan digunakan, membuat creative material untuk bahan iklan, hingga menjalankan iklan itu sendiri.

  • Menyusun strategi

Kami menggunakan strategi “people in, regularly in, or who’ve shown interest in, your targeted locations”, artinya iklan yang kami jalankan dapat menjangkau orang-orang yang kemungkinan berada di atau secara rutin hadir di lokasi yang ditargetkan, serta orang-orang yang telah menunjukkan minat pada target lokasi tersebut.

  • Membuat key message

Sebelum masuk pada proses eksekusi baik itu pembuatan landing page maupun aset kreatif untuk kebutuhan iklan, kami membuat key message terlebih dahulu.

Key message ini nantinya yang akan menjadi fokus utama dalam mengkomunikasikan pesan untuk audiens. Key message ini pun yang akan dituangkan dalam aset kreatif dan juga landing page.

Key message setidaknya harus merangkum apa keunggulan, hal unik, atau USP yang dimiliki oleh brand yang dalam hal ini adalah J&T Cargo. Key message yang kami gunakan untuk J&T Cargo adalah “Semudah Ekspres, Samurah Kargo!

  • Membuat Landing Page

Setelah menentukan key message, sekarang adalah waktunya untuk menerapkannya pada landing page.

Sejak awal, J&T Cargo tidak memiliki landing page untuk mengumpulkan prospek dari pelanggan. Karena itulah kami membuat landing page untuk menampilkan produk, fitur, dan USP J&T Cargo. Di landing page, kami secara konsisten menampilkan key message dan key visual untuk J&T Cargo.

Oleh karena itu, ketika audiens masuk ke landing page, engagement rate bisa lebih tinggi dan audiens juga mendapatkan informasi yang lebih detail tentang produk J&T Cargo.

Tampilan landing page J&T Cargo:

Tampilan Landing Page J&T CargoLanding Page J&T Cargo

Landing Page J&T Cargo
Tampilan Landing Page J&T Cargo
  • Menentukan platform dan membuat creative material

Dalam menjalankan campaign online advertising ini, kami menggunakan berbagai platform, yaitu:

Setalah sebelumnya sudah ditentukan key message-nya, sekarang waktunya untuk membuat key visual dan pembuatan aset-aset kreatif seperti animasi, poster, dan lan-lain yang digunakan dalam menjalankan iklan

Setelah itu kami membuat creative material yang akan digunakan dalam beriklan di platform-platform tersebut.

  • Tampilan TikTok dan FB/IG Video Ads

  • Tampilan Search Engine Marketing
Tampilan SEM J&T Cargo
Tampilan SEM J&T Cargo
  • Tampilan FB / IG Ads Banner

Tampilan FB IG Ads Banner Tampilan FB IG Ads Banner

  • Menjalankan online advertising

Setelah persiapan yang diperlukan untuk menjalankan iklan sudah selesai, sekarang waktunya untuk eksekusi di masing-masing platforn.

Berikut ini setidaknya beberapa hal yang kami lakukan dalam menjalankan iklan:

  • Penargetan geografis: 7 wilayah yang dipilih di Indonesia
  • Pengaturan penargetan geografis: People in, regularly in, or who’ve shown interest in, your targeted locations
  • Menggunakan Google Tag dan Meta Pixel untuk melacak konversi
  • Menargetkan ulang pengguna yang telah mengunjungi tetapi belum melakukan konversi
  • Membuat visual berdasarkan pain point audiens

Baca juga: 10 Keuntungan Online Advertising untuk Bisnis

Hasil yang didapatkan

Setelah menjalankan campaign online advertising dalam waktu 1 minggu dan terbatas di wilayan-wilayan tertentu yang sudah disebutkan di atas tadi, berikut ini setidaknya hasil yang kami dapatkan dari online advertising tersebut:

  • Cost Per Client (CPC) – Social Media Ads: Up to Rp35,000
  • Cost Per Lead (CPL) – SEM: Up to Rp35,000
  • Top Ads No.2 on TikTok based on conversion objective

TikTok Ads

Baca juga: Mengapa Harus Menggunakan Creative & Digital Marketing Agency di Tahun 2022?

Nah, itu tadi adalah contoh penggunaan online advertising untuk studi kasus J&T Cargo.

Bagaimana, ingin segera mulai menjalankan campaign online advertising untuk bisnis Anda? Tenang, Anda bisa berkonsultasi dengan kami!

ChubbyRawit sebagai Branding & Creative Digital Marketing Agency akan mendampingi Anda dalam menjalankan aktifitas branding dan digital marketing termasuk online advertising. Layanan yang kami berikan kepada J&T Cargo juga bisa Anda dapatkan.

Silakan tinggalkan kontak Anda pada form Contact Us. Konsultan kami dengan senang hati akan membantu Anda.

Penulis: Bayu Pamungkas