Recent Work: BeanGO’s new brand identity and social media marketing

The Back Story

Berawal dari Mount Coffee yang sudah berdiri sejak tahun 2015 dan menjadi supplier kopi untuk beberapa perusahaan asal Korea di Indonesia. Dalam perjalanannya, Daniel Kwak – Founder Mount Coffee asal Korea Selatan ingin meramaikan industri kopi dengan mendirikan sebuah coffee shop di Jakarta.

Kami sangat antusias saat Daniel mengajak ChubbyRawit untuk membuat strategi komunikasi menyeluruh yang luas termasuk mengembangkan brand voice, membangun identitas brand mulai dari persona, visual hingga tone yang membedakannya dengan kompetitor. Kami menciptakan platform brand, yang menetapkan standar mulai dari brand message, desain visual hingga produksi konten untuk marketing collateral dan social media marketing.

A fresh brand story

Hingga terciptalah brand BeanGO, sebagai salah satu brand coffee shop yang ditujukan untuk para pekerja kantor yang aktif dan dinamis di Jakarta. ChubbyRawit membangun brand BeanGO dari awal (start from the scratch), mulai dari Brand Story, Brand Strategy, Brand Identity hingga ke Brand Guideline.

Pemilihan nama BeanGO diambil dari permainan Bingo, merepresentasikan coffee bean on the go, yang bermakna kopi fresh untuk yang bermobilitas tinggi, ‘AHA moment’ seperti layaknya ketika mendapatkan inspirasi dan mengatakan Bingo! Dan permainan Bingo itu sendiri, permainan yang dimainkan bersama teman-teman.

Brand mission BeanGO adalah menyediakan fresh coffee untuk siapa saja yang dapat dinikmati kapan saja dan di mana saja. Keunikan BeanGO adalah menjadi coffee shop yang fokus dalam delivery kopi di Jakarta.

Audience and opportunity

Setelah melakukan riset pasar dan trend coffee shop, memberikan wawasan tentang kompetitor BeanGO serta gambaran pasar secara umum. Terbentuk pula segmen utama BeanGO terdiri dari pekerja kantoran entry level sampai mid level baik pria dan wanita dengan rentang usia 25-30 tahun. Karakteristik yang dimiliki adalah pecinta kopi, yang bisa membedakan kopi instan dan fresh coffee, bersedia mengeluarkan uang lebih untuk minum fresh coffee dengan kesibukan tinggi mengejar karir sehingga membutuhkan kopi untuk mendukung aktivitas mereka yang bisa diantar tanpa harus meninggalkan kantor. Jika suatu brand dapat memenuhi ekspektasi dan harapan dari audience mereka, besar kemungkinan audience akan membeli produk tersebut.

Inspiring action

Dengan audience beserta ekspektasi dan gaya hidup mereka, maka kami memposisikan BeanGO sebagai seorang ahli dalam kopi fresh antar. BeanGO menggunakan bahan-bahan asli tanpa perisa buatan dan terus mengembangkan produknya agar sesuai dengan mobilitas pembeli yang sangat tinggi, namun tetap peduli terhadap bahan-bahan alami yang baik untuk kesehatan dan mampu mendukung gaya hidup aktif mereka. Pesan yang sederhana namun kuat ini ditenun dengan cermat ke dalam ekosistem brand dan beresonansi dengan sangat baik terhadap target audiens BeanGO.

The design system

Gaya proaktif, dinamis, percaya diri dan profesional selaras dengan audiens dan brand messagefresh coffee delivery’ menjadi andalan desain visual BeanGO. Dengan palet warna cerah dan tipografi Cooper Hewitt bermakna kecepatan, kenyamanan, dan profesionalisme. Kesan profesional juga ditunjukkan oleh maskot BeanGO yang bernama Gori dengan ciri khas dasi yang berada di lehernya. Sedangkan kesan kecepatan atau speed dipresentasikan dalam tekstur dan pattern berupa garis putus-putus diagonal. Setiap elemen identitas brand ini harus dipergunakan secara konsisten dalam berbagai media promosi.

Content creation, brand book & social media

Strategi kami untuk membangun brand awareness BeanGO adalah launching pada social media, membuatkan konten, marketing plan dan online activation, berkolaborasi dengan influencer yang telah memiliki nama di dunia kopi dan foodiessocial media advertising serta membuat brand book BeanGO.

Kami mengembangkan strategi untuk dapat mendukung brand positioning dan brand promise klien. Kami juga membuatkan Brand book guideline sebagai pedoman serta best practice untuk tone, strategi interaksi serta tampilan dan nuansa. Karena dalam branding konsistensi adalah hal utama.