Motivational Hacks | ChubbyRawitMembangun sebuah bisnis terutama startup bukanlah perkara gengsi belaka. Menggeluti startup berarti Andapun bersiap dengan segala kesulitan dan kemungkinan terburuk yang mungkin saja akan Anda hadapi. Untuk mencapai kesuksesan sebagai pengusaha startup tentu membutuhkan proses dan waktu yang seringkali tidak sebentar. Bisa saja, Anda akan mengalami frustrasi di titik tertentu. Dan hal-hal tidak akan selalu berjalan dengan baik.

Tapi, untuk sukses dalam bisnis, yang dibutuhkan adalah orang yang sangat termotivasi. Tanpa motivasi, Anda tidak akan tergerak untuk memajukan startup Anda. Antusiasme adalah bahan bakar dari bisnis apapun. Dengan motivasi, Anda tidak tertekan saat statistik bisnis Anda membuat hati ciut, Anda tidak diserang paranoid saat klien tidak datang, dan Anda tidak bergeming oleh kenyataan bahwa Anda tidak memiliki koneksi bisnis.

Nah kalau Anda sedang membutuhkan motivasi, coba baca tips berikut untuk mendongkrak motivasi dan semangat Anda kembali.

Mengetahui dan Memahami W.H.Y. Anda

Ketekunan merupakan sifat yang harus dimiliki untuk menjadi pengusaha sukses. Dan satu-satunya cara untuk mengembangkan ketekunan ini adalah dengan memahami mengapa Anda berada di bisnis tersebut. Frederick Nietzsche mengatakan, ‘He who has a “WHY” can endure any HOW.’ Bila Anda mengetahui alasan utama yang mendorong Anda memulai startup, maka alasan tersebutlah yang akan membantu, membimbing dan mendorong Anda untuk terus maju bahkan ketika semangat untuk berdiri dan bergerak maju seperti nyaris tidak ada.

Perbanyak Bacaan Inspiratif dan Membangkitkan Semangat

Membaca buku biografi pebisnis yang sukses bisa menjadi sumber inspirasi dan motivasi yang sangat baik bagi pemilik startup. Anda sekaligus bisa mempelajari apa yang tidak boleh dilakukan dan bagaimana memanfaatkan situasi yang tidak menyenangkan, membuat keputusan bisnis yang sulit serta memanfaatkan peluang yang tidak dilihat orang lain. Selain itu, Anda juga bisa menemukan cara untuk tetap bertahan pada startup yang sedang Anda perjuangkan, tidak peduli betapa sulit perjalanannya. Untuk rekomendasi, coba baca buku inspiratif ini: The Hard Thing About the Hard Things: Building a Business When There Are No Easy Answers (Ben Horowitz), Startupland (Mikkel Svane), Zero to One (Peter Thiel), The Lean Startup (Eric Ries), serta rekomendasi dari bilyuner Bill Gates yaitu Business Adventures: Twelve Classic Tales from the World of Wall Street (John Brooks).

Abaikan tujuan akhir

Sebagai pengusaha startup, tujuan akhir Anda pasti mencapai sejumlah keuntungan dan penjualan. Namun, ini mungkin tampak seperti beban yang sangat besar untuk diselesaikan. Alih-alih supaya Anda lebih fokus, pecahlah tujuan besar Anda menjadi rencana yang lebih kecil seperti rencana pemasaran, risiko dan kontinjensi, penjualan pertama, dan lain sebagainya. Tugas yang lebih kecil akan lebih mudah untuk dilakukan dan Anda pun dapat menyelesaikan semua tugas dalam waktu singkat.

Berikan Bonus untuk Diri Sendiri

Seperti halnya anak-anak yang menyukai hadiah dan penghargaan, demikian juga dengan Anda. Anda bisa memotivasi diri untuk melakukan yang lebih baik dan menyelesaikan tugas dalam jangka waktu yang ditentukan dengan memberikan hadiah atau reward kepada diri sendiri. Imbalannya tak harus besar, bisa saja berupa hal kecil seperti makan malam di tempat mewah atau karaoke bersama teman. Anda akan menyadari bahwa tugas dapat diselesaikan lebih cepat dengan adanya hadiah kecil ini.

Jangan Menutup Diri

“Most people overestimate what they can do in one year and underestimate what they can do in ten years.” – Bill Gates

Bila motivasi Anda sedang berada di titik terendah, cobalah untuk berbicara dengan orang-orang di dalam dan di luar lingkaran Anda untuk melihat sesuatu dari perspektif yang berbeda. Cara ini akan membantu Anda untuk menganalisis situasi yang Anda hadapi dari sudut pandang berbeda. Hal ini juga akan mendorong Anda untuk belajar dan menemukan jalan keluar atas persoalan bisnis Anda.

Bagaimana? Tidak sulit bukan untuk menaikkan semangat Anda lagi. Jangan lupa, antusiasme adalah kata kunci dari bisnis apapun. Untuk itu, pastikan Anda memiliki antusiasme dalam menjalankan startup Anda. Salam semangat!