Mengenal Share of Voice dan Kegunaannya untuk Brand Anda

Persaingan bisnis memang kian sengit. Apalagi untuk bisa memenangkan pasar, tak jarang berbagai cara dilakukan. Namun, pastikan semua cara tersebut dilakukan berdasarkan data dan fakta ya. Seperti halnya mengetahui posisi brand atau bisnis Anda di pasar ataupun industri serupa. Salah satunya bisa dilakukan dengan mengetahui share of voice

Wait, share of voice? Apakah itu? Seberapa pentingkah share of voice? Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa Anda harus mulai melacak share of voice Anda. Metrik apa saja yang digunakan untuk mengukur? 

Share of voice (SOV) adalah ukuran pasar yang dimiliki brand Anda dibandingkan dengan pesaing. Dalam ranah digital marketing, share of voice didefinisikan sebagai bagian dari percakapan yang dihasilkan oleh brand, produk atau layanan di berbagai saluran yang berbeda seperti situs berita, blog, forum, social media bahkan offline channel dibandingkan dengan kompetitor langsungnya. 

Adanya share of voice ini berguna sebagai pengukur untuk visibilitas brand dan seberapa besar Anda mendominasi percakapan di industri. Semakin banyak pangsa pasar yang Anda miliki, maka akan semakin besar popularitas dan otoritas yang Anda miliki di antara pengguna dan calon pelanggan.

Mengetahui share of voice Anda, akan memudahkan Anda dalam memiliki pemahaman yang lebih baik tentang tantangan dan posisi Anda saat ini di pasar, serta memberi Anda lebih banyak wawasan tentang bagaimana mencapai pertumbuhan, memikat calon pelanggan potensial serta mempertahankan konsumen atau audiens yang telah Anda miliki. 

Mengapa perlu melacak share of voice?

Selain alasan diatas, ada beberapa alasan lagi mengapa Anda perlu mulai melacak share of voice. 

  • Keunggulan kompetitif

Share of voice tidak hanya melacak apa yang dikatakan orang tentang bisnis Anda, tetapi juga melacak apa yang dikatakan orang tentang pesaing Anda. Dengan melacak share of voice ini, Anda berkesempatan untuk memiliki gambaran besar kompetisi dan sentimen pasar yang terjadi, sehingga Anda dapat mengantisipasi serta memberikan keunggulan bagi brand Anda.

  • Efektivitas kampanye

Pelacakan share of voice secara teratur memungkinkan Anda untuk menilai keberhasilan marketing campaign Anda. Jika pangsa pasar Anda meningkat setelah menjalankan kampanye, berarti kampanye Anda tepat sasaran sesuai dengan audiens Anda.

  • Segmentasi audiens

Anda bisa mempergunakan share of voice sebagai cara untuk mensegmentasi audiens Anda. Menghitung share of voice adalah cara yang ampuh untuk menganalisis audiens Anda, dengan mengatur data ini menjadi segmen-segmen untuk mendapatkan insight lebih dalam tentang kekuatan dan kelemahan Anda. Anda juga bisa melihat share of voice Anda berdasarkan demografi dan kategori lainnya.

  • Customer engagement

Dengan melacak share of voice, secara tidak langsung Anda telah menunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda mendengarkan mereka. Insight yang diambil dari sentimen atau analisis topik dari audiens Anda, dapat membantu untuk menentukan brand voice, engagement plan, dan konten Anda.

Bagaimana cara mengukur share of voice?

Mengukur share of voice sebenarnya bukan hal yang sulit. Anda bisa membagi metrik target yang mewakili brand Anda dengan total di pasar atau industri Anda. Berikut ini formula untuk menghitung share of voice brand Anda. 

Sebagai contoh, jika branded hashtag Anda muncul 40 kali dibandingkan dengan 50 kali untuk total pasar, maka Anda memiliki 80% SOV. Angka share of voice ini menjadikan diri Anda sebagai pemimpin di bidang Anda.

Ada beberapa metrik yang dapat digunakan untuk menghitung share of voice berdasarkan kategori yaitu:

  • Keyword organik
  • Keyword pay per click (PPC) 
  • Impressions
  • Reach
  • Revenue
  • Mentions
  • Hashtag

     Baca juga: 4 Metrik yang Wajib Kamu Pahami di Social Media

Selain menghitung secara manual, Anda juga bisa mempergunakan berbagai tools platform analitik yang secara otomatis akan menghitung share of voice Anda relatif terhadap brand serupa atau kompetitornya. Beberapa diantaranya adalah Sprout Social, Brand Watch, dan Awario. 

Well, mengukur share of voice brand atau bisnis Anda merupakan hal yang penting. Tetapi, jangan berhenti disitu saja. Di tengah ketatnya persaingan untuk mendapatkan perhatian audiens, Anda dituntut untuk lebih kreatif dan melakukan berbagai percobaan dengan berbagai marketing campaign berdasarkan data share of voice yang Anda miliki.  Selanjutnya, terus monitor share of voice yang dihasilkan dari setiap campaign atau marketing program yang Anda buat. 

     Baca juga: Mengenal Jenis Marketing Campaign SEM & GDN

Mau tahu cara meningkatkan share of voice bisnis atau brand Anda? Simak artikel kami selanjutnya ya. Segera subscribe blog ChubbyRawit agar Anda tidak terlewatkan artikel-artikel terbaru seputar branding, digital marketing dan social media.