Sepanjang masa pandemi, masyarakat perlahan makin terbiasa dengan pola hidup new normal yang membuat sebagian aktivitas dilakukan secara daring atau remote. Social media menjadi platform yang paling banyak digunakan masyarakat untuk memenuhi berbagai kebutuhan hiburannya. Melihat situasi ini, meningkatkan aktivitas pemasaran dan interaksi sosial di media sosial menjadi sebuah a must have bagi para marketer.
Facebook merupakan salah satu media sosial dengan angka pengguna terbesar di Indonesia, yang sudah ada sebelum Instagram dan Tik Tok menjadi hits seperti sekarang. Karena itu, Facebook adalah social media yang paling direkomendasikan untuk mempromosikan bisnis Anda.
Nah, langkah pertama yang perlu diambil dalam mengoptimalkan bisnis di Facebook adalah dengan membuat Facebook Page. Apa sih Facebook Page itu dan bagaimana cara set up nya ? Simak penjelasannya berikut ini!
Table of Contents
Apa itu Facebook Page?
Mengutip dari socialmediaexaminer.com,
Facebook Page adalah suatu fitur dari Facebook yang berbentuk seperti halaman profil Facebook yang dirancang untuk keperluan berbisnis.
Facebook Page dilampirkan ke profil pribadi sehingga Facebook mengetahui siapa yang memiliki halaman tersebut, namun tetap dengan kemunculan akun terpisah yang dapat digunakan untuk mempromosikan bisnis, brand, atau tujuan Anda.
Karena halaman ini memang dirancang untuk penggunaan bisnis, maka Facebook Page memiliki sejumlah fitur yang tidak tersedia di profil akun biasa termasuk analitik, periklanan, dan penjadwalan posting.
Source: https://cdn.searchenginejournal.com/
Apa pentingnya Facebook Page?
Dilansir dari facebook.com, dua dari tiga pengguna Facebook dari berbagai negara telah mengunjungi halaman bisnis lokal atau Facebook Page lokal negara mereka masing – masing setidaknya sekali seminggu. Dengan menggunakan Facebook Page memungkinkan lebih dari 2 miliar orang di Facebook menemukan bisnis Anda.
Anda bisa menganggap Facebook Page itu sebagai etalase digital. Dan menyiapkan Facebook Page bisnis itu simple dan GRATIS, dan tampak mengagumkan baik di desktop maupun di seluler. Dengan fakta ini, membuat potensi keuntungan yang dapat diperoleh dengan membuat dan mengelola Facebook Page bisnis Anda pastinya cukup tinggi.
Namun, secara lebih rinci ada 5 manfaat Facebook Page bagi bisnis Anda.
1. Mempelajari target audiens Anda
Facebook Page memberi cara untuk berkomunikasi langsung dengan target audiens Anda. Konsumen, bahkan fans Anda ada di sana karena mereka mengetahui bisnis atau brand Anda dan ingin mempelajari lebih lanjut.
Meskipun mereka pasti mengharapkan untuk menerima informasi yang berguna dari halaman Facebook Anda, di sisi lain Anda juga dapat mengumpulkan detail yang bermanfaat dari mereka melalui partisipasi mereka.
Keberadaan Facebook Insights didalamnya juga memberikan informasi yang berguna tentang penggemar Anda dan bagaimana interaksi mereka di halaman Anda. Dengan kata lain, fans Anda dapat memberitahu Anda banyak hal tentang apa yang mereka inginkan melalui interaksi, komentar, dan umpan balik mereka.
Baca Juga: Mengenal Brand Persona dan Buyer Persona
2. Memanusiakan bisnis Anda
Koneksi sosial dan komunikasi yang tulus adalah bagian integral dari social media, dan Facebook Page memberi Anda kesempatan untuk menampilkan wajah, nama, dan kepribadian ke dalam brand Anda. Meskipun Facebook Page mewakili perusahaan atau bisnis Anda, namun keberadaannya juga memungkinkan Anda untuk menunjukkan sisi manusiawi bisnis Anda melalui percakapan satu lawan satu, informasi pribadi, dan interaksi non bisnis.
3. Membangun komunitas
Facebook Page adalah sarana yang sangat baik untuk mengumpulkan pelanggan, prospek, dan penggemar Anda untuk memberikan ulasan, berbagi pendapat, menyatakan keprihatinan, dan menawarkan feedback. Jika Facebook Page yang dibuat untuk bisnis Anda berhasil menyatukan orang, Anda dapat mengembangkan pengikut setia yang akan terus bertambah.
Nah ini dia beberapa cara untuk dapat membangun komunitas di Facebook Page, yaitu:
- Memposting tautan yang bermanfaat, relevan, dan menarik
- Meminta penggemar untuk berkontribusi dengan komentar
- Menyelenggarakan kontes dan promosi
- Menyediakan tempat untuk meninggalkan review dan feedback lainnya
- Menawarkan insentif untuk aktivitas di halaman
4. Eksis di depan klien atau pelanggan Anda setiap hari
Kebanyakan user mengunjungi Facebook setiap hari. Sehingga dengan update status secara rutin, berbagi link, video dan informasi lainnya memberi Anda kesempatan untuk terhubung dengan pelanggan Anda setiap hari.
Dengan banyaknya jumlah pengguna Facebook maka akan semakin banyak pula konsumen yang menggunakan situs ini untuk menemukan produk, layanan, dan brand untuk memecahkan masalah sehari-hari mereka.
Facebook dan jejaring sosial lainnya akan memudahkan calon pelanggan potensial menemukan Anda. Dan ketika mereka melakukannya, mereka cenderung lebih mengingat brand Anda dan membagikannya dengan koneksi mereka sendiri.
5. Kesempatan beriklan di Facebook dan Instagram sekaligus
Tahukah Anda bila dengan memiliki Facebook Page, Anda memiliki kesempatan beriklan di dua platform yaitu Facebook dan Instagram sekaligus? Ya, terutama untuk Instagram, saat Anda ingin beriklan maka Anda harus mengubah Instagram profile Anda menjadi Instagram Bisnis profil. Dan untuk dapat mengubah menjadi akun bisnis profil, Anda harus memiliki Facebook Page. Oleh sebab itu, peran Facebook Page menjadi penting apabila Anda ingin beriklan di dua platform yaitu Instagram dan Facebook itu sendiri.
Baca Juga: Mengapa Harus Melirik Facebook Ads?
Cara set-up Facebook Page
Sekarang Anda sudah tau apa itu Facebook Page dan bagaimana peran pentingnya untuk bisnis. Berikutnya Anda mungkin ingin tahu lebih banyak tentang bagaimana cara membuat Facebook Page dan setup agar optimal untuk bisnis. Berikut ini adalah langkah – langkahnya:
Buat Facebook Page Bisnis Anda
Untuk menyiapkan Facebook Page untuk bisnis, cara termudah adalah dengan klik facebook.com/pages/create lantas pilih tipe Page Anda, isi informasi yang harus dipenuhi lantas klik Create Page.
Atau Anda juga bisa melalui profil Facebook Anda dan klik tombol + (tanda plus) di beranda di sebelah nama Anda. Selanjutnya, klik tab Pages di bagian Jelajahi di bilah sisi kiri halaman beranda profil Anda.
Mengklik ini membawa ke area Halaman utama tempat Anda dapat melihat saran halaman teratas, menjelajahi undangan ke halaman lain, melihat halaman yang Anda sukai, melihat halaman yang sudah Anda kelola, atau membuat halaman baru. Anda akan mengklik Create Page.
Siapa pun memang dapat membuat Facebook Page ini, tetapi hanya perwakilan resmi (official representatives) yang dapat membuat Page untuk organisasi, bisnis, brand, atau tokoh masyarakat.
Memasang Foto Profil dan Foto Sampul Facebook Page
Tentukan nama Facebook Page sesuai dengan kategori halaman yang telah dipilih dan kepentingan bisnis Anda. Setelah memberi nama Facebook Page, berikutnya adalah memasang foto profilnya.
Foto profil Facebook Page harus berukuran 180 x 180 piksel untuk memastikan semua detail gambar ada. Untuk mengedit dan merancang foto profil Facebook Page agar sesuai bisa menggunakan tool desain gratis seperti canva.
Setelah memasang foto profil, berikutnya adalah memasang foto sampul atau cover photo pada Facebook Page untuk memperjelas identitas bisnis Anda secara visual. Dimensi untuk foto sampul Facebook adalah 828 x 315 piksel. Hal yang perlu diingat adalah area mobile friendly berada dalam area 560 x 315 piksel, jadi jika ingin menambahkan kata-kata ke foto sampul Anda dengan menambahkan hamparan teks, pastikan itu akan terlihat di semua perangkat.
Setelah mengunggah foto sampul, klik pada gambar untuk mengisi deskripsi. Ini adalah bagian berharga dari di Facebook Page, jadi pastikan untuk memanfaatkan area ini untuk membagikan tagline atau pricelist, dan untuk menyertakan link ke situs atau halaman landing produk. Kemudian, jika seseorang mengklik foto sampul, mereka akan mengetahui lebih banyak tentang halaman atau bisnis Anda.
Lengkapi Rincian Facebook Page
Selanjutnya, isilah deskripsi singkat mengenai rencana Facebook Page yang telah dibuat, terutama tentang rencana bisnis Anda. Anda juga diharuskan untuk mengisi alamat website Anda. Berikan deskripsi yang menarik dan tetap memperjelas rencana serta tujuan Facebook Page yang telah dibuat. Lalu tambahkan Facebook Anda ke Favorit.
Jika Anda setuju, maka tinggal klik ‘Add to Favorites’ dan Facebook Page Anda akan bergeser ke arah kiri yang artinya sudah masuk ke daftar favorit. Dengan menambahkan ke favorit, maka Anda akan lebih cepat dan mudah untuk mengakses page melalui akun pribadi.
Lastly, Anda hanya diharuskan untuk mengisi rincian yang lebih lengkap tentang siapa saja nantinya yang diinginkan untuk dapat menemukan Facebook Page Anda. Ini sama halnya dengan menentukan target market bisnis. Jika Anda sudah mengisinya sesuai dengan target market bisnis Anda, selanjutnya tinggal klik ‘Save’.
Tentukan Aktivitas Perdana Facebook Page Anda
Nah akun Facebook Page Anda sudah jadi. Lantas apa yang harus dilakukan selanjutnya? Saatnya posting dan hidupkan Facebook Page Anda. Sebelum mulai mengundang orang untuk mengunjungi Facebook Page Anda, penting sekali untuk menambahkan beberapa konten (status) pada Facebook Page terlebih dulu.
Baca Juga: Mengenal Facebook Creator Studio – Tools Gratis dari Facebook
Tentunya, akan terasa aneh untuk invite orang ke Facebook Page yang masih dalam keadaan kosong dan masih terlalu awal untuk menjual produk melalui Facebook Page. Untuk itu, setidaknya post dulu kurang lebih lima status awal ke Facebook Page Anda.
Beberapa jenis status update yang yang akan membantu pertumbuhan bisnis Anda melalui Facebook Page adalah postingan gambar – gambar menarik yang relevan dengan Facebook Pagenya, berbagi link yang mengarahkan pengunjung untuk melihat konten – konten Anda di luar Facebook Page, dan menginisiasi brand activation seperti kontes giveaway atau memberikan diskon yang masih reasonable.
Begitulah penjelasan singkat tentang Facebook Page dan manfaatnya untuk bisnis. Sampai saat ini, Facebook masih jadi media sosial dengan pengguna yang sangat banyak dan dengan begitu jadi platform yang tepat untuk mengoptimalkan aktivitas marketing bisnis Anda.
Punya kendala soal set up Facebook Page dan strategi marketing dengan Facebook Page? Have a comfortable seat! ChubbyRawit, digital marketing agency di Jakarta akan selalu siap membantu Anda untuk berkonsultasi dalam membangun, mengeksekusi sekaligus evaluasi strategi social media marketing untuk perkembangan brand atau bisnis Anda.
Tinggalkan kontak Anda dengan mengisi formulir dibawah ini, dan konsultan kami akan segera menghubungi Anda.