branding
Posted in

Mengenal Brand Advocacy dan Pentingnya bagi Bisnis

Chubbyrawit Digital Marketing Agency

Brand advocacy

Masih ingatkah Anda salah satu upaya marketing yang dulu sering dilakukan dari mulut ke mulut, atau melalui rekomendasi teman atau keluarga.

Hal itu ternyata bisa dilakukan dengan melakukan brand advocacy.

Anda bisa membuat strategi di mana secara organik bisnis Anda dipromosikan oleh orang lain, atau mendapatkan rekomendasi dari orang lain baik secara langsung maupun melalui media sosial.

Jika Anda mengetahui konsep marketing 5A, yaitu Awareness, Appeal, Ask, Act, dan Advocate di mana Advocate ditaruh pada stage terakhir.

Konsep ini menggantikan marketing 4A yaitu Aware, Attitude, Act, dan Act Again di mana stage terakhir adalah Act Again atau melakukan pembelian lagi.

Konsep 5A dirasa lebih sesuai dengan keadaan saat ini di mana pendekatan marketing yang mengkombinasikan interaksi online dan offline yang tujuan utamanya adalah memenangkan advokasi konsumen.

Mari pelajari lebih lanjut tentang brand advocacy dan mengapa penting untuk bisnis Anda.

Apa itu Brand Advocay?

Brand advocacy adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan tindakan yang diambil oleh orang-orang yang mencintai brand Anda dan terus mendukung bisnis Anda dengan mempromosikan produk dan layanan kepada pelanggan dan prospek baru.

Dengan begitu, membantu brand Anda terlihat oleh audiens yang lebih besar dan meningkatkan pendapatan tanpa harus mengeluarkan biaya untuk iklan atau upaya marketing lainnya.

Alasan pentingnya membuat orang mendukung dan mendorong bisnis Anda adalah karena orang umumnya mempercayai rekomendasi dan konten dari teman, kerabat, atau keluarga daripada bentuk pemasaran lainnya.

Menurut data dari Salesforce, 92% konsumen online mempercayai rekomendasi dari lingkaran sosial mereka.

Brand advocacy dapat menjadi salah satu cara paling ampuh untuk membangun brand awareness, mendorong prospek baru, bahkan mendapatkan pelanggan baru.

Oleh karena itu, memiliki pendukung merek dalam organisasi Anda dapat membawa nilai yang signifikan bagi bisnis Anda.

Baca juga: Mengenal Brand Touchpoints dan Pentingnya untuk Brand Anda

Apa itu Brand Advocate?

Setelah mengetahui apa itu brand advocacy,sekarang kita beralih ke brand advocate.

Brand advocate adalah pelanggan atau karyawan yang secara proaktif berbagi tentang bisnis Anda ke jaringan mereka melalui sosial, dari mulut ke mulut, email, atau melalui konten tanpa insentif apa pun selain kecintaan mereka pada bisnis Anda.

Untuk sebagian besar bisnis, brand advocate terbaik Anda akan termasuk dalam salah satu kategori orang berikut:

  • Kepemimpinan eksekutif (C-Level, anggota dewan)
  • Mitra bisnis
  • Karyawan bisnis Anda
  • Pelanggan yang menggunakan produk atau layanan Anda
  • Siapapun yang menyukai bisnis Anda

Semua kelompok orang ini dapat menjadi kontributor berharga bagi reputasi bisnis Anda, jangkauan bisnis, dan mendorong lebih banyak penjualan.

Dengan memanfaatkan strategi brand advocacy, Anda kemudian akan fokus untuk memanfaatkan kekuatan advocate Anda untuk menjangkau lebih banyak orang secara online dan tatap muka.

Hal ini dapat dilakukan melalui:

Baca juga: Mengenal Share of Voice dan Kegunaannya untuk Brand Anda

Kenapa Brand Advocacy penting untuk bisnis?

Salah satu alasan terpenting mengapa brand advocacy penting adalah karena jauh lebih autentik dan organik, yang lebih disukai audiens dalam era digital yang bising saat ini.

76% orang mengatakan, mereka lebih cenderung memercayai konten yang dibagikan oleh orang “normal”. Brand advocate Anda adalah orang-orang yang percaya pada brand, misi, produk, dan layanan Anda dan mendukungnya tanpa dibayar langsung untuk melakukannya.

Bagi calon pelanggan yang melihat itu, jauh lebih tulus mengetahui bahwa para advocate ini tidak dibayar untuk berpromosi.

Namun di luar itu, ada banyak manfaat untuk membangun brand advocate dan memanfaatkan antusiasme mereka untuk perusahaan Anda:

  • Menumbuhkan visibilitas merek secara organik

Pasti Anda sepakat bahwa tidak ada yang mengalahkan konten dan percakapan yang otentik dan organik ketika orang menemukan atau mencari solusi untuk masalah mereka.

Bayangkan tentang jumlah advocate karyawan, pelanggan, atau mitra yang semuanya secara organik berbicara tentang bisnis Anda secara online dan dampak yang akan dirasakan pada bisnis Anda.

  • Memanusiakan brand Anda

Kita sebagai pelanggan pastinya mendambakan interaksi dengan bisnis atau brand yang kita sukai layaknya berinteraksi dengan manusia.

Walaupun saat ini sudah banyak teknologi yang bisa menjembatani antara bisnis dengan pelanggannya seperti menggunakan chatbot, namun akan lebih memberikan kesan personalisasi jika kita bisa berinteraksi dengan pelanggan secara langsung.

Ini akan menciptakan empati, kepribadian, dan bahkan kepercayaan.

  • Brand advocates memiliki jangkauan yang lebih luas

Bisa Anda bayangkan berapa jangkauan yang akan bisnis Anda dapatkan jika Anda memiliki lebih banyak brand advocates. Mulai dari karyawan, pelanggan, mitra bisnis, atau bahkan orang-orang yang belum menjadi pelanggan namun memang menyukai bisnis atau brand Anda.

Sesederhana ketika Anda memiliki tim marketing dan menggunakan media sosial untuk bisnis Anda, brand advocate Anda akan secara spontan membagikannya di media sosial mereka masing-masing.

Rata-rata, pengguna media sosial terhubung dengan lebih dari 400 teman dan keluarga, termasuk orang yang mungkin tidak Anda targetkan. Brand advocate juga memberi Anda akses ke market yang baru.

  • Bisnis Anda akan diperhatikan oleh media dan publikasi

Ketika banyak orang membicarakan bisnis Anda secara online, bisnis Anda akan mulai dilirik oleh berbagai media atau bahkan portal berita sekaligus.

Portal berita atau media pastinya juga ingin mendapatkan perhatian dengan membahas sesuatu yang sedang ramai dibicarakan di dunia online.

Dengan begitu, bisnis Anda akan mendapatkan publikasi secara gratis oleh berbagai media atau portal berita. Tentunya peluang diperhatikan lebih banyak orang akan terbuka lebar.

Pada akhirnya Anda akan mendapatkan calon-calon pelanggan baru.

  • Lebih sedikit waktu dan uang yang dihabiskan untuk pemasaran

Walaupun dalam melakukan brand advocacy ini membutuhkan waktu dan uang di awal. Namun, dalam jangka panjang bisnis Anda akan menghemat jauh lebih banyak waktu dan uang yang dikeluarkan.

Ini adalah upaya jangka panjang yang memang tidak bisa didapatkan secara instan layaknya Anda melakukan advertising di media online.

Dalam jangka panjang, Anda akan menghemat biaya iklan karena brand advocates Anda akan melakukan promosi bisnis ataupun produk Anda secara organik.

  • Menunjukkan nilai dari produk/jasa Anda

Orang akan lebih mempercayai pesan yang disampaikan oleh orang lain daripada pesan yang disampaikan oleh bisnis.

Brand advocate memberikan lebih banyak kredibilitas pada USP dan nilai bisnis Anda, dan akan meyakinkan pelanggan lain untuk berkonversi.

Karena orang lebih mempercayai orang lain daripada pesan perusahaan, brand Anda menjadi lebih dihargai.

Orang-orang mempercayai pelanggan daripada pemimpin perusahaan, dan orang-orang juga mempercayai wawasan dari karyawan yang berbagi konten pendidikan, konten industri, dan budaya kerja.

Gabungan hal-hal ini akan menghasilkan lebih banyak bisnis, menghasilkan minat dari talenta terbaik, dan lebih banyak orang yang ingin menggunakan produk atau jasa bisnis Anda.

Baca juga: Brand Audit: Apa dan Kapan Sebaiknya Dilakukan?

Nah, itu tadi adalah penjelasan tentang brand advocacy, brand advocate, dan pentingnya suatu bisnis menerapkan brand advocacy.

Bagaimana, tertarik mencoba untuk bisnis Anda?

Tenang, di artikel selanjutnya akan dibahas tentang bagaimana membangun brand advocacy untuk bisnis Anda.

Namun, jika Anda sudah tidak sabar memulai brand advocacy untuk bisnis Anda, ChubbyRawit siap membantu Anda!

ChubbyRawit akan membantu Anda dalam menentukan strategi branding yang tepat untuk bisnis Anda.

Silakan mengisi formulir di halaman contact us, dan konsultan kami akan menghubungi Anda untuk berdiskusi tentang solusi kebutuhan marketing bisnis Anda.

 

Penulis: Bayu Pamungkas