Aktivitas pemasaran atau marketing merupakan salah satu komponen terpenting dalam bisnis. Tanpa marketing, bisnis tidak akan mendapatkan pelanggan, lalu apa yang terjadi dengan bisnis jika tanpa pelanggan? Silahkan Anda jawab sendiri. Sangking pentingnya, maka jangan kaget jika perusahaan besar menggelontorkan bermiliar-miliar rupiah untuk ativitas pemasaran baik offline maupun online.

Bagi bisnis kecil, tak perlu berkecil hati karena budget pemasaran yang terbatas. Terbatas, tak lantas Anda tidak bisa bersaing dengan kompetitor bukan? Hanya dibutuhkan solusi yang cerdas dalam menyikapi budget yang terbatas ini. Anda bisa memanfaatkan program loyalitas pelanggan untuk memelihara hubungan dengan pelanggan. Loyalitas pelanggan bukan hanya untuk bisnis besar saja – program yang dirancang dengan baik dapat membantu untuk berbagai skala bisnis. Inilah mengapa program loyalitas pelanggan penting bagi bisnis kecil:

  • Meningkatkan Pelanggan Setia

Program loyalitas ini dapat membantu Anda meningkatkan pelanggan berulang atau pelanggan setia Anda. Berdasarkan laporan Manta and BIA/Kelsey – sebuah perusahaan riset dan konsultan, repeat customer membelanjakan 67% lebih banyak daripada yang dilakukan oleh pelanggan baru. Keberadaan program ini, tidak hanya sebagai bentuk apresiasi dan rasa terima kasih tetapi juga memotivasi pelanggan untuk terus menjadi brand ambassador Anda. Pelanggan setia dapat dengan mudah menyebarkan informasi tentang bisnis atau produk ke jaringan profesional, pribadi dan sosial mereka. Secara otomatis, pemilik usaha akan diuntungkan karena hal ini dapat meningkatkan basis pelanggan mereka lebih banyak lagi.

  • Bersaing dalam Kompetisi

Harus diakui bahwa bukan hal yang mudah bagi usaha kecil untuk bersaing dengan merek besar mengingat sebagian besar merek besar memiliki lebih banyak sumber daya, biaya pemasaran, dan kemampuan untuk menawarkan harga yang lebih terjangkau. Jangan khawatir, program loyalitas pelanggan yang baik bisa menjadi salah satu cara mudah bagi usaha kecil untuk menunjukkan sisi pribadi Anda dan tetap kompetitif diantara pebisnis besar.

  • Tidak Memakan Banyak Biaya

Siapa bilang program loyalitas pelanggan harus menghabiskan banyak biaya pemasaran? Anda sebagai pemilik usaha kecil tidak harus mengikuti taktik yang sama dengan perusahaan besar. Asalkan Anda jeli dan dibutuhkan sedikit kecerdikan untuk mengakali program ini supaya tetap menarik bagi pelanggan. Sebagai contoh, bekerja sama dengan penyedia jasa rewards, seperti aplikasi mobile digital-rewards yang memungkinkan pelanggan Anda mendapatkan poin dari pembelian mereka dengan hanya menggunakan ponsel cerdas mereka. Anda tak perlu lagi membuang uang untuk mencetak kartu pelanggan.

Jadi, Anda sudah tahu kan bahwa program loyalitas pelanggan bukan hanya dominasi perusahaan besar saja. Anda sebagai pemilik usaha kecil pun bisa memberikan program tersebut untuk pelanggan setia Anda. Lalu, seperti apa kira-kira model dan jenis program loyalitas yang bisa serta cocok Anda terapkan untuk bisnis Anda? Berikut adalah beberapa tip dan ide program pemasaran program loyalitas untuk bisnis Anda.

#1. Membership atau Keanggotaan

Membership atau keanggotaan merupakan salah satu cara yang masih efektif untuk diterapkan di berbagai jenis dan skala usaha. Menawarkan pelanggan untuk menjadi member, berarti pelanggan akan mendapatkan beberapa keuntungan atau penawaran menarik lainnya dengan syarat tertentu. Misalnya, penawaran diskon 10% bagi member bisnis Anda. Selain meningkatkan loyalitas pelanggan, program ini juga bisa menarik calon pelanggan potensial untuk menggunakan produk atau layanan Anda.

#2. Klub VIP

Selain membership, Anda juga bisa mengembangkan program Klub VIP khusus anggota. Program ini menciptakan tingkat eksklusivitas yang bisa membuat pelanggan kembali berbelanja lagi dan lagi. Anda bisa memberikan reward bagi pelanggan yang telah mencapai point tertentu dengan memberikan Klub VIP ini. Untuk menerapkan program ini tidak sulit dan tidak memakan biaya tinggi kok. Anda dapat menawarkan berbagai keuntungan sebagai anggota Klub VIP seperti preview produk baru, promo berbatas waktu, proses checkout yang dipercepat, sampel gratis dan masih banyak lagi.

                                                                                       ilustrasi penawaran gratis

#3. Penawaran Gratis

Siapa yang tak tertarik dengan penawaran gratis? Celah ini bisa Anda manfaatkan untuk menarik konsumen baik pelanggan lama maupun pelanggan potensial. Cara ini cukup efektif untuk mendorong pembelian karena meningkatkan nilai pembelian. Program yang menjanjikan sesuatu yang sifatnya gratis kepada pelanggan atau berbiaya rendah merupakan cara yang populer untuk menarik pelanggan lama dan mengenalkannya pada produk baru. Salah satunya contohnya adalah program Buy-one-get-one (BOGO). Atau seperti Dunkin Donuts yang acapkali memberikan promo kepada pelanggan berupa beli 6 donut, gratis 6 donut.

#4. Upgrade Gratis

Program loyalti ini cocok untuk diterapkan bila Anda menjual perangkat lunak atau jenis aplikasi lain yang memiliki pembaruan reguler yang meningkatkan pengalaman pengguna. Anda bisa memberikan penawaran upgrade gratis ke versi terbaru untuk mempertahankan pelanggan yang sebelumnya terlibat dalam bisnis Anda.

#5. Benefit atau Hadiah Ulang tahun dan Anniversary

Untuk membuat program ini, Anda diharuskan memiliki memiliki database pelanggan. Informasi dari database ini bisa Anda pergunakan untuk memberikan keuntungan kepada pelanggan yang mengarah pada kesetiaan. Anda bisa mempertimbangkan untuk mengirimkan hadiah kecil atau kartu ucapan atau memberikan diskon khusus saat pelanggan Anda merayakan ulang tahun atau anniversary.

#6. Event Gathering

Anda bisa lho menggelar sebuah acara khusus untuk pelanggan setia Anda untuk membantu mereka mempelajari lebih dalam tentang rahasia yang membuat produk Anda istimewa. Contohnya bila Anda memiliki bisnis kedai kopi, Anda bisa mengatur pertemuan antara pelanggan setia Anda dengan pakar kopi. Dengan acara tersebut Anda menunjukkan bagaimana cara menyiapkan minuman favorit mereka, atau melakukan tes gratis dari produk baru Anda. Acara yang dikemas dalam bentuk customer gathering ini sudah pasti layak dibagikan di media sosial dengan memposting pengalaman program loyalitas Anda.

#7. Program Referal

Dengan program referal ini, Anda berpeluang untuk menambah potensi pelanggan Anda. Anda bisa memanfaatkan pelanggan setia Anda untuk menggaet teman, rekan atau saudara mereka agar menggunakan produk atau layanan Anda. Sebagai imbal balik, Anda bisa memberikan diskon, point atau pun hadiah kecil sebagai bentuk apresiasi dan ucapan terima kasih atas referensi mereka.

promosi social media chubbyrawit

#8. Promosi Social Media

Program marketing dengan Social Media bisa menjadi salah satu cara ampuh bagi usaha kecil untuk mendongkrak penjualan atau pun online presence. Anda tinggal menyesuaikan platform yang cocok dengan jenis bisnis dan target market Anda. Sebagai contoh, bila bisnis Anda adalah retailer pakaian atau produk fashion, Anda bisa mengadakan giveaway atau bagi-bagi hadiah gratis di akun Instagram atau Facebook Fan Page dengan syarat tertentu. Misalnya followers Anda harus mengajak tiga atau lima orang berpartisipasi dalam program tersebut. Dengan program ini, selain Anda meningkatkan retensi pelanggan setia Anda, Anda juga berpeluang untuk menambah potensi fans/followers bahkan pelanggan baru.

Selain itu, program ini jauh lebih murah dan terjangkau karena Anda hanya cukup mengeluarkan biaya Facebook Ads atau Instagram Ads serta hadiah yang akan Anda berikan untuk pemenang giveaway tersebut. Menariknya lagi, saat Anda menggunakan Facebook Ads atau Instagram Ads akan mendapatkan insight tentang program promosi Anda, sehingga senantiasa terpantau. Sebenarnya tidaklah sulit untuk menjalankan program promosi di media sosial. Namun, bila Anda dilanda kebingungan karena merasa tidak memiliki pengetahuan tentang promosi media sosial, Anda dapat menggunakan jasa digital marketing agency untuk melakukan perencanaan konten, mengelola, hingga melakukan evaluasi terhadap jalannya kampanye atau promosi tersebut.

Lihat penawaran terbatas dari kami untuk jasa kelola Social Media (Social Media Management) Anda.

#9. Kolaborasi dengan Bisnis Lain

Tak hanya meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap produk atau layanan Anda, kolaborasi ini juga berpotensi meningkatkan jumlah penjualan dan memperluas pasar. Program ini cocok diterapkan untuk bisnis atau perusahaan yang tidak memiliki variasi produk untuk memberikan keuntungan kepada konsumen lebih dari yang mereka butuhkan. Contoh dari program kolaborasi dengan perusahaan lain adalah Starwood dan Uber. Pelanggan bisa mendapatkan poin Starwood jika mereka menautkan akun Uber mereka? Kemitraan ini sangat menguntungkan bagi para travellers  yang mungkin membutuhkan layanan hotel dan transportasi.

#10. Komunitas

Tren komunitas sudah berkembang dalam kurun waktu sepuluh tahun belakangan. Anda sebagi pemilik usaha dapat membangun dan memelihara komunitas pelanggan produk atau layanan Anda. Selain berguna untuk menjaga hubungan dengan pelanggan, adanya komunitas ini juga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Semakin kuat Anda membangun komunitas, maka semakin kuat pula loyalitas mereka terhadap produk atau layanan Anda.

Ternyata tidak sulit bukan merancang ide program marketing untuk bisnis Anda? Namun perlu diingat, untuk dapat menjalankan program ini, bisnis Anda setidaknya sudah harus memiliki audience terlebih dahulu. Dengan begitu Anda dapat memanfaatkan audience Anda untuk turut mempromosikan program ini. Selalu pantau dan ubah program secara teratur bila diperlukan agar pelanggan terus tertarik dan bersemangat dengan program marketing Anda.

Bila Anda memerlukan bantuan dalam merancang, mengeksekusi serta mengevaluasi program marketing Anda, gaet saja ChubbyRawit – digital marketing agency di Jakarta. Dengan latar belakang team kami, mulai dari IT, strategist dan marketer, art director, hingga copywritter, kami percaya kami dapat membantu membuatkan dan menjalankan strategi marketing terutama digital marketing untuk bisnis Anda. Ingin berdiskusi lebih lanjut dengan kami? Silahkan tinggalkan pertanyaan dan kontak Anda di kolom Contact Us bawah ini. Konsultan kami akan segera menghubungi Anda.