ONLINE MARKETING • ChubbyRawit

Setelah mengetahui manfaat dan alasan mengapa Bisnis Anda harus online, kini saatnya Anda terjun langsung ke online marketing. Ada banyak cara untuk mempromosikan bisnis Anda dan menjangkau calon pembeli secara online,  diantaranya:

#1. Website

Website adalah salah satu cara untuk mempromosikan identitas bisnis Anda. Anda dapat menggunakan elemen teks, gambar, dan audio dan video untuk menyampaikan pesan perusahaan, serta memberi tahu fitur dan manfaat produk atau layanan perusahaan kepada calon pelanggan. Dengan website juga Anda dimungkinkan untuk memperoleh manfaat dari kemampuan website untuk menangkap calon pelanggan potensial atau langsung menjual produk atau layanan secara online.

Menurut survei  yang dilakukan oleh Verisign, pada tahun 2016, menyebutkan bahwa 74% usaha kecil mengakui bahwa situs web merupakan alat bantu pemasaran online yang paling efektif untuk menciptakan kesadaran dan memperkuat hubungan dengan pelanggan, lebih baik dari alat pemasaran online lainnya. 

Salah satu klien kami, Kebun Garut, juga merasakan manfaat dari keberadaan website, “Meskipun produk kami tidak sepenuhnya dijual online, namun dengan adanya website kebungarut.com, kami mendapat banyak partner bisnis besar. Kesempatan untuk mengembangkan bisnis jadi lebih mudah”, (Rahmawati, co-founder kebungarut.com).

#2. Search Engine Marketing (SEM) dan Search Engine Optimization (SEO).

SEM (Search Engine Marketing) adalah bentuk pemasaran online pada halaman hasil mesin pencari untuk membantu pengunjung menemukan website, produk atau layanan Anda dengan membeli keyword relevan dengan bisnis Anda. SEM sering menggunakan sistem pay-per-click (PPC), dimana si pengiklan hanya akan dikenakan biaya ketika seseorang mengklik iklan mereka (juga disebut sebagai cost-per-click, atau CPC).

Berbeda dengan SEM, SEO adalah upaya pelaku bisnis untuk menampilkan website miliknya dengan keyword tertentu untuk tampil di halaman terdepan mesin pencari secara organik. Lalu apa bedanya SEO dengan SEM?

Perbedaan utama, SEM berbayar (iklan berbayar), SEO tidak. SEO lebih bersifat jangka panjang dan pemilik bisnis harus lebih sabar karena untuk berada di halaman pertama mesin pencari hasilnya tidak bisa instan layaknya SEM. Lain halnya dengan SEM yang ketika Anda membeli layanan tersebut, website Anda bisa langsung muncul di halaman utama, tentu didukung oleh jumlah bidding, relevansi iklan dan kualitas iklan.

Lalu mana yang lebih baik? SEO atau SEM? Keduanya sama-sama saling berkaitan. Keduanya saling membantu. SEM membantu bisnis Anda ditemukan secara cepat, SEO membantu meningkatkan kredibilitas bisnis Anda. Ada baiknya Anda melakukan kedua strategi ini ketika terjun dalam pemasaran online.

#3. Email Marketing

Email masih dipandang sebagai salah satu cara terbaik untuk menjaga hubungan antara bisnis dengan pelanggan lama dan calon pelanggan potensial. Neil Patel, praktisi online marketer menyebut email marketing sebagai cara untuk berkomunikasi langsung dengan pelanggan dan target market Anda secara personal. 

Ada dua kunci utama agar email marketing sukses di tahun 2018 ini, diantaranya adalah personalisasi dan segmentasi. Personalisasi artinya Anda perlu mempersonalisasikan email karena email yang dipersonalisasi memberikan tingkat buka dan konversi yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan email yang membosankan dan templated. Sedangkan segmentasi berfokus pada membagi daftar email pelanggan Anda ke dalam kelompok tertentu, yang memungkinkan Anda untuk menargetkan konten secara spesifik. Sebagai contoh bila Anda memiliki pelanggan yang telah membeli sepatu basket dan pelanggan sepatu futsal. Saat akan meluncurkan program marketing dalam bentuk promo sebaiknya Anda membagi kelompok tersebut menjadi dua bagian daftar email dan mengirim kupon sesuai dengan ketertarikan pelanggan.

#4. Iklan banner

Bila Anda ingin mempromosikan produk atau layanan Anda di ranah digital, Anda dapat membeli ruang iklan di situs-situs yang sesuai dengan target pasar Anda. Harga bervariasi tergantung pada volume traffic ke situs tersebut, serta ukuran dan penempatan iklan Anda. Ada dua pilihan bila Anda ingin memanfaatkan iklan banner dalam pemasaran online Anda.

Pertama, bila Anda ingin menempatkan iklan Anda langsung pada situs publisher ternama seperti situs berita online, maka budget yang harus Anda siapkan cukup besar alias sangat mahal. Kedua, bagi Anda dengan budget terbatas, manfaatkan iklan banner di jaringan Google (Google Display Network-GDN). Dengan iklan ini, secara otomatis Google akan langsung menyebarkan iklan banner yang dipasang ke seluruh jaringan atau network yang Google miliki.

#5. Social Media Marketing

“Content is king, but context is God” – Gary Vaynerchuk

Media sosial adalah cara ideal untuk berinteraksi dengan pelanggan dan calon pelanggan potensial. Kunci sukses pemasaran dengan media sosial adalah memilih platform yang sesuai dan digunakan oleh sebagian besar target pasar Anda dan berkomunikasi dua arah kepada fans/followers bisnis Anda.  

Menurut Gary Vaynerchuk, pemilik agensi media VaynerMedia menyebutkan bahwa prinsip melaksanakan social media marketing ini ‘content is king, but context is God.’ Artinya, Anda harus memahami konteks dari masing-masing platform media sosial. Selain konten yang menarik, Anda juga harus pas dalam menempatkan konten tersebut sesuai dengan platform media sosial yang Anda gunakan. Sebagai contoh, Anda tidak bisa memposting isi konten blog untuk status Facebook bisnis Anda. Facebook tidak pas bila dipergunakan untuk posting konten berbentuk artikel panjang.

Seiring dengan perubahan perilaku konsumen dan teknologi terus berkembang, tren akan selalu bergeser. Demikian pula dengan tren pemasaran media sosial yang turut berubah dengan cepat. Seiring berkembangnya platform media sosial, penyedia platform pun menyadari bahwa pendapatan iklan menjadi mesin uang nomor satu bagi mereka. Dengan kunjungan organik secara gratis tidak akan membantu tujuan mereka. Untuk itu, sebaiknya Anda menyikapinya dengan mengkombinasikan posting organik dan serta konten berbayar di media sosial demi kesuksesan rencana pemasaran Anda

#6. Content Marketing

Dengan content marketing, Anda mencoba untuk menciptakan media dan konten yang menarik untuk didistribusikan ke calon konsumen maupun pelanggan lama Anda. Pertanyaannya? Mengapa konten pemasaran itu penting? Karena content marketing berperan penting dalam SEO. Menurut Google, konten merupakan salah satu dari dua faktor peringkat teratas. Semakin baik konten yang Anda buat, semakin tinggi kesempatan yang Anda miliki untuk menghasilkan traffic baru dan prospek dari pencarian organik.

Bagi Anda yang ingin memulai strategi pemasaran SEO, Anda harus mempersiapkan diri untuk bisa menghasilkan konten. Pasalnya, satu-satunya cara orang menemukan perusahaan Anda dari penelusuran organik adalah melalui konten. Apalagi bila bisnis Anda belum memiliki citra merek yang kuat, maka Anda bisa mendongkraknya melalui konten yang dicari pengguna untuk menarik traffic ke website Anda. Tak hanya konten yang menarik saja, Anda juga harus secara konsisten melakukan posting konten di website Anda. Menurut HubSpot, perusahaan atau bisnis yang memposting setidaknya 16 konten per bulan akan menghasilkan lebih banyak traffic daripada yang tidak serta meningkatkan jumlah lead pada website.

Yang paling penting, ketika Anda memutuskan untuk menjadikan online marketing sebagai salah satu strategi bisnis ini Anda harus total dan konsisten. Tentu bukanlah hal mudah untuk menjalankan strategi pemasaran online, tapi tidak berarti mustahil untuk dilakukan. Namun, demi perkembangan dan kemajuan bisnis tak ada salahnya Anda memulai dari sekarang.

Anda ragu karena merasa tidak memiliki kemampuan atau pengetahuan tentang bagaimana caranya memulai dan mengelola pemasaran online ini? Jangan takut, karena Anda bisa menggandeng digital marketing agency untuk membantu Anda dalam merancang serta menjalankan strategi online marketing untuk bisnis Anda. ChubbyRawit digital marketing agency di Jakarta ini hadir sebagai solusi untuk membantu Anda dalam merancang, menjalankan, mengelola serta mengevaluasi strategi online marketing bisnis Anda. Hubungi kami dengan mengisi kontak Anda di formulir bawah ini, dan konsultan kami akan menghubungi Anda untuk diskusi lebih lanjut.