Business

Begini Caranya Membuat Email Marketing untuk Bisnis Anda

instagram-editorial-calendarcara-membuat-email-marketing

Pada artikel sebelumnya kami telah mengulas tentang pengertian dan manfaat dari email marketing bagi bisnis serta jenis-jenisnya. Setelah membaca artikel tersebut, mungkin Anda lantas tertarik untuk memulai email marketing? Nah, Anda tidak perlu ragu lagi mulai dari mana, karena dalam artikel ini kami akan membahas tentang langkah-langkah untuk memulai email marketing yang efektif.

1. Buat Plan Email Marketing dengan Menentukan Audiens Anda

Membuat rencana membuat Anda lebih terarah dalam menjalankan email marketing. Di dalam rencana ini Anda harus mempertimbangkan beberapa aspek seperti menentukan karakteristik calon pelanggan Anda sesuai dengan produk atau jasa yang dijual.

Hal ini membantu Anda dapat lebih memahami bagaimana selera pelanggan sehingga dapat membangun komunikasi secara efektif. Akan lebih baik lagi bila Anda membuat persona calon pelanggan.

2. Buat Konten yang Menarik, Agar Target Market Anda Ingin Mendaftar dan Meninggalkan Data

Bagaimana caranya Anda ingin mengirimkan email marketing kalau database saja tidak punya? Anda harus membuat orang-orang bersedia meninggalkan data mereka atau rela subscribe artikel yang Anda buat. Anda bisa membuat artikel yang menekankan karakteristik brand, tonjolkan apa yang membuat kehadiran brand tersebut dapat menjadi solusi dari masalah yang dirasakan calon pelanggan atau cara terakhir Anda juga dapat memberikan iming-iming sedikit hadiah bagi pelanggan yang rela subscribe website Anda. Meski semua ini tidak dapat didapatkan secara instan, tapi Anda dapat mencoba secara perlahan.  

3. Kelompokkan Pelanggan dalam Database 

Setelah Anda mengetahui persona pelanggan dan sudah memiliki database, Anda bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya yaitu mengelompokan audience ke kelompok lebih kecil. Ini membantu Anda agar dapat mengirimkan email yang relevan dengan kampanye yang Anda buat.

Meski memang ada saatnya Anda mengirimkan email marketing ke semua pelanggan, tapi dengan mengirimkan email yang sesuai akan meningkatkan jumlah klik pembaca. Anda dapat mengelompokan user berdasarkan umur, minat, pendapatan, buying power, lokasi tempat tinggal, bahasa, pekerjaan, budaya dan lainnya sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

4. Tentukan Jenis Kampanye Email Marketing

Sebelum mengirimkan email marketing, tentukan terlebih dahulu kampanye yang tepat dan sesuai dengan karakteristik pelanggan. Email seperti apa yang layak dibagikan? Tidak ada rumus yang tepat harus mengirimkan penulisan seperti apa, baik itu tentang informasi produk, membagikan informasi promo, storytelling atau hanya sekedar mengirimkan artikel bermanfaat kepada pelanggan.

Meski jawaban yang kami berikan subjektif, pelajari setiap jenis kampanye email marketing lalu putuskan mana yang paling sesuai dengan karakteristik pelanggan. Ingat, sekali lagi Anda harus menyiapkan daftar email marketing yang berbeda ke pelanggan Anda, sehingga email yang Anda kirim relevan dan sesuai dengan minat serta personality mereka. 

5. Gunakan Bantuan Tools Email Marketing

Banyak perusahaan menghadapi situasi yang membingungkan seperti bagaimana dapat mengirimkan email marketing yang prosesnya rumit tapi terkesan sederhana? Jawabannya gampang, gunakan bantuan tools. Meski Anda berpikiran email marketing adalah cara konvensional, nyatanya Anda dapat memanfaatkan tools yang membuat semua ini menjadi sederhana.

Tenang saja, tools email marketing tidak harus mahal, ada banyak tools gratis yang dapat membantu Anda menghemat waktu dan uang. Berikut beberapa rekomendasi tools yang tidak berbayar dari kami.

  • MailChimp 

mail-chimp

MailChimp.com

Tools yang akan kami bahas pertama adalah MailChimp. MailChimp termasuk tools email marketing yang populer. Beberapa brand ternama menggunakan MailChimp sebagai tools email marketingnya. Sebagai pelaku bisnis pemula, Anda juga tidak perlu takut membayar, karena Mailchimp menyediakan layanan free bagi Anda yang ingin menjangkau pelanggan.

Anda dapat mengirimkan email sebanyak 12.000 secara gratis dan MailChimp memiliki fitur laporan dan analisis data pelanggan secara lengkap. Banyak keuntungan yang akan Anda peroleh agar dapat selalu keep in touch dengan para pelanggan menggunakan fitur-fitur Mailchimp.

  • Sender 

SenderSender.net

Selain menawarkan fitur email marketing, Sender juga memiliki fitur push notifikasi dan memiliki template yang bisa di customize dengan tambahan seperti gambar atau video. Email yang dapat dikirim sebanyak 15.000 email dengan daftar kontak 2.500 subscribers.

  • Benchmark

benchmark

Benchmarkemail.com

Hampir sama dengan Sender, Benchmark adalah salah satu email marketing tools yang kami rekomendasikan. Salah satu kelebihannya adalah tools satu ini bisa membuat desain email marketing terlihat menarik, karena Anda dapat mengedit gambar atau video secara langsung tanpa bantuan aplikasi lainnya. Selain itu, Benchmark juga memberikan layanan gratis yaitu bisa mengirimkan email sebanyak 14.000 email ke 2.000 subscribers.

  • Kirim.Email

email-marketing

Kirim.email

Email marketing satu ini berasal dari Indonesia. Dilengkapi dengan fitur A/B testing, data statistik audience yang dapat dipelajari, dan hanya perlu drag & drop pada editor yang sudah disediakan. Kelebihan lainnya adalah memiliki customer support dan tutorial berbahasa Indonesia serta pembayaran Kirim.Email yang dapat menggunakan Gopay, OVO, transfer. Untuk Anda yang ingin mendukung produk lokal Indonesia, sepertinya bisa mencoba tools email marketing satu ini.

6. Evaluasi dan Ukur

Jangan lupa untuk ukur keberhasilan yang sudah Anda capai dan evaluasi apakah email marketing yang Anda jalankan sudah efektif. Kalaupun belum, segeralah evaluasi apa yang salah dari strategi Anda. Cara agar Anda dapat mengetahui apakah strategi email marketing yang Anda jalankan berhasil adalah dengan menentukan KPI yang jelas. Dengan bantuan tools email marketing Anda juga dapat melihat klik yang terdapat pada dashboard tools yang Anda gunakan.

Baca Juga: Pentingnya Belajar dari Kompetitor Bisnis

Tips tambahan untuk menjalankan email marketing secara efektif adalah jangan lupa memperlakukan pelanggan Anda seperti manusia. Buatlah konten email marketing yang membuat pelanggan Anda merasa spesial dan diutamakan. Hindari konten yang kaku seperti chatbot dan mengirimkan email bertubi-tubi yang tentunya akan mengganggu pelanggan. Akibatnya, email Anda akan masuk ke kontak spam mereka. 

Itulah beberapa tips untuk memulai email marketing. Pada akhirnya Anda harus sering mencoba-coba email marketing untuk tahu seperti apa yang disukai oleh pelanggan Anda dengan dibantu oleh tools yang sudah direkomendasikan.

Bingung cara memulai email marketing? Konsultasikan kesulitan, keraguan dan permasalahan Anda dengan kami, ChubbyRawit – digital marketing agency di Jakarta yang akan siap membantu Anda mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, eksekusi hingga evaluasi. Isi formulir di halaman contact us dan ceritakan kebutuhan Anda baik tentang email marketing, digital marketing, branding ataupun social media management, dan konsultan kami siap membantu Anda.