Sebagai pemilik bisnis, tentunya pemasaran menjadi hal penting yang harus Anda pelihara. Sebab, suksesnya bisnis Anda ditentukan oleh pemasaran yang efektif. Dengan banyaknya konsumen potensial Anda yang memadati internet, mau tak mau Anda juga harus hadir dalam ekosistemnya dengan senjata digital marketing strategy yang tepat. Saat ini, digital marketing menjadi makhluk yang seksi untuk perkembangan bisnis Anda. Untuk lebih memahaminya, mari sama-sama belajar digital marketing bersama ChubbyRawit.
Table of Contents
Apa itu digital marketing?
Sederhananya digital marketing atau pemasaran secara digital adalah upaya pemasaran produk atau jasa menggunakan perangkat digital, terutama internet tetapi juga termasuk perangkat elektronik seperti ponsel, iklan elektronik, dan media digital lainnya. Dengan beragam taktik, Anda dapat berkomunikasi dengan calon konsumen yang menghabiskan waktu secara online.
Mengapa perlu melakukan digital marketing?
Saat ini internet kemungkinan sudah tidak lagi menjadi kebutuhan sekunder atau tersier. Bagi beberapa orang internet sudah menjadi setara urgensinya dengan sandang, pangan, dan papan karena internet menjadi sarana penting untuk mewujudkan ketiga kebutuhan primer tersebut.
Dengan perkembangan teknologi ponsel cerdas sedemikian rupa, semakin banyak pula interaksi terjadi di internet baik yang sifatnya personal maupun komersial. Dilansir dari beritasatu.com jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta jiwa. Yang berarti hampir seluruh rakyat Indonesia sudah menggunakan internet. Berikut data yang menunjukan media sosial yang paling populer dikalangan masyarakat Indonesia.
Dengan pengguna internet dan sosial media yang begitu besar, digital marketing menjadi cara terbaik Anda untuk menjangkau lebih banyak potential customer serta keputusan terbaik dalam upaya meningkatkan brand awareness bagi bisnis Anda. Sebagai pemilik bisnis, you need to join the game kalau Anda menginginkan keberlanjutan bisnis Anda. Dengan digital marketing, Anda memastikan bisnis Anda tidak hilang dari peredaran dan Anda bisa menjangkau konsumen potensial yang lebih besar.
Apa manfaat digital marketing bagi bisnis?
Selain pengguna internet yang besar, masih banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan dari Digital Marketing. Berikut beberapa manfaat digital marketing bagi bisnis atau brand Anda:
-
Low Cost
Marketing dan advertising secara tradisional merupakan mimpi buruk bagi kebanyakan bisnis dan brand karena memakan biaya yang sangat besar. Dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan pada iklan dan pemasaran tradisional, digital marketing relatif memakan biaya yang jauh lebih terjangkau. Dengan email marketing, paid ads, dan jenis lainnya, Anda bisa menjangkau lebih banyak audiens dengan marketing effort yang lebih efisien.
-
Dapat diukur dengan mudah
Tidak seperti tradisional marketing yang mengharuskan Anda menunggu berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan untuk mengevaluasi kegiatan marketing Anda, digital marketing dapat dengan mudah melakukannya dengan dukungan software seperti Google Analitik, Facebook Insight, Sprout Social dan lain lain, digital marketing memungkinkan Anda untuk melakukan pengukuran performa dengan lebih cepat dan tepat.
-
Penargetan yang tepat
Dalam aktivitas marketing, kegiatan periklanan masih menjadi cara yang efektif untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Berbeda dengan periklanan dalam pemasaran tradisional yang tidak dapat menargetkan audiens secara spesifik, digital marketing memungkinkan Anda untuk menentukan target audiens yang ingin Anda sasar berdasarkan interest, demografik, maupun psikografik.
Hal ini didukung dengan kemajuan teknologi seperti algoritma media sosial yang dapat mempelajari dan menyusun preferensi pengguna. Di sisi lain fitur seperti Google Ads, Facebook Ads juga mempermudah Anda untuk melakukan targeting.
-
Go Global
Pernahkah Anda mendengar istilah global village? Hal ini telah menjadi kenyataan melalui digitalisasi. Didukung dengan sarana koneksi internet yang dapat memangkas ruang dan waktu, digital marketing memungkinkan Anda untuk melakukan proses pemasaran secara real time di berbagai belahan dunia. Sehingga memberikan kesempatan bagi strata bisnis dari level korporat sampai pada UMKM untuk dapat go international.
Baca Juga: 20+ Istilah Penting dalam Digital Marketing yang Wajib Anda Ketahui!
Framework digital marketing
Sebelum bicara lebih jauh tentang digital marketing, ada baiknya kita memahami dulu framework digital marketing. Di ChubbyRawit, kami menggunakan PESO Framework atau singkatan dari Paid, Earned, Shared, and Owned media sebagai saluran digital yang dapat digunakan oleh bisnis atau brand untuk menyampaikan pesan Anda kepada pelanggan atau audiens yang diinginkan.
Framework yang dibuat oleh pendiri Spin Sucks, Gini Dietrich ini juga memungkinkan Anda untuk memahami dan mempergunakan channel untuk Anda berinvestasi dalam digital marketing. Secara lebih jelasnya peran masing-masing channel digital ini akan dijelaskan berikut ini.
Paid Media
Paid media adalah penggunaan media yang harus berbayar untuk memanfaatkan medium tersebut seperti contohnya postingan berbayar (paid endorsement), sponsored content, mobile advertising, paid influencer dan paid search.
Penggunaan paid media penting dalam strategi digital marketing karena dapat memperluas jangkauan brand ke audiens yang tidak akan dapat menemukan Anda secara organik. Paid media juga membantu brand atau bisnis menargetkan orang yang tepat pada waktu yang tepat, sehingga dapat meningkatkan brand awareness Anda.
Paid media dapat dilacak melalui metrik seperti klik, conversions, visit, atau views. Penggunaan paid media adalah bentuk periklanan yang sangat efektif, namun untuk mempertahankan kinerjanya, memang membutuhkan investasi yang konsisten dan berkelanjutan.
Baca Juga: Apa Itu Paid Ads dan Mengapa Itu Penting Untuk Bisnis?
Earned Media
Earned media adalah konten tentang brand yang dibuat oleh entitas terpisah, baik itu individu atau bisnis lain. Earned media bukanlah paid media, dalam arti bahwa media yang diperoleh adalah hasil ketika bisnis melakukan sesuatu yang layak untuk dibicarakan.
Biasanya earned media ini berkaitan erat dengan public relation atau hubungan media. Apa saja cakupannya? Backlink, liputan pers, review, interview radio dan TV, blogger review serta influencer marketing. Karena sering berkaitan dengan konten viral, earned media sangat berpotensi menjangkau lebih banyak konsumen daripada paid media atau owned media.
Shared Media
Shared media adalah konten yang dibagikan di social media. Tak hanya konten social media, tetapi juga mencakup konten yang dibuat pengguna (user generated content) dan konten yang dibuat bersama mitra (co-created partner content). Shared media sudah menjadi komponen besar dalam digital marketing karena mayoritas konsumen menggunakan social media.
Shared media memiliki dua komponen yaitu menempatkan konten untuk audiens dan berinteraksi serta membangun keterlibatan dengan audiens yang dapat meningkatkan kepercayaan brand atau bisnis Anda. Anda bisa melakukan Instagram atau Facebook Live, melalui diskusi di komentar di LinkedIn, dan sebagainya.
Owned Media
Owned media adalah segala sesuatu yang perusahaan atau brand memiliki kendali penuh. Mulai dari website, blog, video, live streaming, podcast, infografis, e-book hingga white paper. Keberadaan owned media adalah aset yang mendorong tiga jenis media lainnya, dan sama pentingnya dalam membangun strategi marketing yang sukses.
Owned media sangat penting karena merupakan cara langsung bagi calon pelanggan untuk berhubungan dengan brand Anda.
Nah, setiap media atau channel diatas memiliki peran penting dalam program digital marketing Anda secara keseluruhan, memastikan bahwa saluran tersebut menghasilkan hasil yang terukur untuk memenuhi tujuan bisnis Anda dan membantu pertumbuhan brand Anda.
Jenis-jenis digital marketing
Setelah memahami manfaat serta framework digital marketing, pertanyaan yang ada dalam benak Anda selanjutnya adalah apa saja sih yang termasuk dalam digital marketing? Pada dasarnya digital marketing memiliki cakupan yang luas dengan karakteristik dan manfaat yang berbeda-beda namun saling melengkapi. Nah, untuk lebih jelasnya, simak 5 jenis digital marketing dibawah ini ya:
-
Konten marketing
Pulizzi (2012) mendefinisikan konten marketing sebagai proses pemasaran untuk menciptakan serta mendistribusikan konten yang relevan dan bernilai dalam upaya menarik, memperoleh, melibatkan audiens yang telah ditargetkan. Dengan tujuan akhir mendorong tindakan pelanggan. (Pulizzi, J. (2012) Six Useful Content Marketing Definitions.)
Konten marketing merupakan jantung dari setiap kampanye digital marketing dan merupakan elemen utama yang tidak akan berubah meski terjadi perubahan pada pasar. Dengan konten yang berkualitas tinggi, sangat relevan, serta bernilai, akan menghasiklan traffic yang besar pada saluran digital marketing Anda. Konten marketing juga dianggap sebagai paradigma pemasaran kontemporer yang memiliki long term benefits seperti membangun brand loyalty tanpa harus menggunakan teknik promosi.
-
Search Engine Optimization (SEO)
Kemudahan akses, informasi yang berlimpah, menjadikan search engine menjadi opsi utama mayoritas masyarakat dalam aktivitas pencarian informasi. Di sisi lain, search engine seperti Google, Bing, dan lain-lain memunkinkan pengguna untuk mencari informasi apapun yang diingingkan hanya dengan mengetik keyword tertentu, setelah itu, sistem search engine akan secara otomatis menampilkannya.
Lalu, apa sebenarnya SEO? SEO atau Search Engine Optimization adalah proses untuk membuat peringkat situs Anda berada pada posisi teratas pada search engine seperti Google, Bing, dan lainnya. Sederhananya, semakin tinggi peringkat situs Anda pada search engine, kemungkinan brand Anda untuk dapat dilihat akan meningkat dan juga semakin banyak traffic dan penjualan yang dihasilkan brand Anda.
-
Social Media Marketing (SMM)
Dikutip dari laporan We Are Social yang berkolaborasi dengan Hootsuite, pengguna sosial media di dunia saat ini telah mencapai 4,33 Milyar per April 2021 atau sekitar 55% dari total populasi. Sementara, pengguna aktif media sosial di Indonesia tercatat sejumlah 170 juta jiwa dengan rata-rata penggunaan 3 jam per hari.
Berdasarkan laporan tersebut, tentu Social Media Marketing (SMM) menjadi tipe digital marketing yang wajib Anda gunakan. So, apa itu Social Media Marketing? Sederhananya, SMM adalah mengacu pada proses penggunaan sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, dan lain sebagainya untuk kegiatan pemasaran yang bertujuan mendapatkan traffic dan perhatian audiens. Dengan menggunakan sosial media, Anda dapat meningkatkan exposure pada bisnis/brand Anda serta membangun hubungan yang harmonis dengan audiens.
Baca Juga: 7 Tren Social Media 2021 yang Wajib Anda Tahu
-
Pay-Per-Click (PPC)
Mengutip dari revive.digital, PPC atau Pay-per-click adalah bentuk iklan di mesin pencari, seperti Google dan Bing. Ini adalah cara untuk berpindah ke bagian atas halaman hasil mesin pencari dengan cara berbayar. Mengapa disebut PPC ? karena akun iklan Anda ditagih setiap kali salah satu iklan Anda diklik. Biaya setiap iklan, atau BPK (biaya per klik), bergantung pada skor kualitas situs web Anda dan persaingan kata kunci yang dipilih.
Kampanye PPC dapat menjadi solusi jangka pendek, dan banyak yang menggunakannya untuk mengubah produk atau penawaran musiman, sebagai cara untuk meningkatkan pendapatan. Ada sekitar 4 tempat untuk Iklan di Google, So, memasukkan situs web Anda untuk kata kunci yang dipilih bisa jadi cukup tricky. Jika pekerjaan SEO adalah tentang peringkat yang ‘diperoleh’, PPC adalah tentang peringkat di halaman pertama dibeli.
-
Email Marketing
Satu lagi bentuk digital marketing lainnya adalah email marketing, dan seperti namanya, jenis digital marketing yang satu ini melibatkan email. Dilansir dari revive.digital. E-mail Marketing adalah bentuk pemasaran langsung yang mengirimkan informasi, penawaran, blog, dan lain sebagainya. Langsung ke inbox mailing list Anda.
Melalui hamparan lautan email, email marketing Anda akan muncul, tetapi triknya adalah bagaimana membuatnya dibaca. Yess, ini mungkin muncul bersamaan dengan 100-an email, dan jika Anda tidak dapat membuat email yang menarik perhatian, maka itu akan hilang.
Baca Juga: Ini Dia 7 Tren Content Marketing di 2021 yang Harus Anda Tahu
Luckily, ada tools dan digital marketing agency (seperti kami, ChubbyRawit :D), yang dapat membantu Anda. E-Mail Marketing adalah cara yang bagus untuk menjangkau customer Anda, berinteraksi dengan mereka setelah pembelian atau bahkan mengirimi mereka buletin.
Eits! Tapi hati-hati nih, mengirim email yang tidak diminta akan menempatkan Anda di kotak spam. Jadi, pastikan Anda mengumpulkan mailing list dengan cara Anda sendiri dan bukan dari pihak ketiga. Mereka harus menjadi customer Anda atau telah memilih untuk menerima email Anda.
Nah, dari penjelasan diatas setidaknya Anda kini paham garis besar digital marketing. Pertanyaan selanjutnya adalah apakah Anda mampu melakukannya sendiri atau membutuhkan tim khusus untuk melakukannya?
ChubbyRawit memiliki tim yang memberikan dukungan penuh untuk kebutuhan digital marketing Anda. Tinggalkan kontak Anda di kolom di bawah ini dan kami akan segera membantu menyelesaikan masalah digital marketing Anda. Join the game with ChubbyRawit!