Apa yang dimaksud dengan Pemasaran?

Jika Anda sedang merencanakan untuk berbisnis di awal tahun ini, pemasaran (marketing) merupakan hal crucial yang harus Anda kuasai. Pahami apa itu pemasaran dan coba jawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di dalam artikel ini.

Pemasaran (marketing) hadir dalam berbagai gaya tergantung pada audiens, media, dan bisnis di pasar yang sedang berkembangi. Tidak heran kalau tiap orang mendefinisikan pemasaran secara berbeda.

Bagi mereka yang berkecimpung di dunia pemasaran kemungkinan sulit untuk mendefinisikannya meskipun mereka melihat dan terlibat di dalamnya setiap hari. Istilah pemasaran seakan-akan mencakup semua hal dan variabel sehingga sulit diungkapkan dalam sebuah definisi langsung.

American Marketing Association mendefinisikan pemasaran sebagai aktivitas, serangkaian institusi, dan proses untuk membuat, berkomunikasi, memberikan dan bertukar penawaran yang memiliki nilai bagi pelanggan, klien, mitra dan masyarakat pada umumnya.

Sementara itu, Dr. Philip Kotler, ahli pemasaran ternama dari Amerika Serikat mendeskripsikan pemasaran sebagai ilmu dan seni mengeksplorasi, membuat dan menyampaikan nilai untuk memuaskan kebutuhan target pasar dengan keuntungan. Pemasaran mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan yang tak terpenuhi. Pemasaran mendefinisikan, mengukur, dan menilai ukuran pasar dan potensi keuntungan. Pemasaran menunjukkan dengan tepat segmen mana yang mampu dilayani oleh perusahaan dengan cara terbaik dan merancang serta mempromosikan produk dan layanan yang tepat.

Dari dua definisi di atas terdapat elemen-elemen yang menjadi garis besar pemasaran yaitu:

  • Melibatkan proses atau aktivitas
  • Mempromosikan produk atau layanan
  • Ditujukan untuk target pasar tertentu
  • Target potensi keuntungan

Lebih lanjut lagi, E Jerome McCarthy, profesor pemasaran dari Michigan State University mengembangkan konsep 4P dalam pemasaran. Pada dasarnya 4P ini menjelaskan bagaimana pemasaran berinteraksi dengan tiap tahap bisnis. Apa saja 4P itu? Berikut penjelasannya:

Product

Katakanlah Anda memiliki produk yang ingin dijual. Apakah yang mesti Anda lakukan? Anda mungkin tak akan berhasil jika langsung menjualnya begitu saja. Anda perlu melakukan riset pemasaran dan menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti:

“Siapa target pasar Anda?”

“Apakah produk ini cocok bagi mereka?”

“Pesan seperti apa yang akan menarik mereka supaya tertarik membeli dan lewat media apa harus disebarkan? “

Anda sebagai business owner harus dapat menjawab pertanyaan di atas dan dapat menggunakan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut untuk membantu bisnis memahami tren permintaan produk dan meningkatkan kualitas berdasarkan feedback dari pasar.

Price

Harga menentukan seberapa baik produk Anda akan diterima oleh pasar. Harga yang terlalu tinggi akan menghilangkan basis pelanggan. Harga yang terlalu rendah akan membuat pendapatan yang Anda dapat tidak sepadan dengan usaha Anda membuat produk.

Pemasar yang baik akan memeriksa harga wajar produk Anda di pasar dan membandingkannya dengan harga yang dipatok kompetitor. Dengan menggunakan data industri dan analisis pasar, Anda dapat menentukan tingkat harga yang tepat untuk produk Anda.

Place

Kesuksesan sebuah produk juga bergantung pada dimana Anda akan menjual produk. Apakah produk akan dijual di toko, mall, atau online. Tempat penjualan produk juga akan mempengaruhi biaya untuk pemasaran tentunya.

Promotion

Di bagian inilah seringkali pemasaran diartikan tumpang tindih dengan promosi. Promosi memerlukan media online atau offline untuk meningkatkan kesadaran dan minat tentang produk Anda dan akhirnya akan menghasilkan penjualan lebih. Selain itu, promosi juga bisa dilakukan melalui event atau diskon untuk lebih banyak menarik minat pembeli potensial. Dalam tahap ini, Anda akan banyak terlibat metode-metode seperti public relations, periklanan, atau promosi lewat social media.

Pada dasarnya promosi hanyalah salah satu bagian dari pemasaran.

Nah, dari pembahasan di atas harapannya dapat membantu Anda untuk memahami tujuan pemasaran dan bagaimana Anda mendefinisikannya.

Pemasaran bersilangan dengan semua area bisnis. Jadi, penting bagi Anda menggunakan pemasaran untuk meningkatkan efisiensi dan kesuksesan bisnis Anda. ChubbyRawit siap membantu menentukan konsep pemasaran yang tepat untuk produk Anda.