online advertising

Apa itu Social Media Ads? #Bagian 2

chubbyrawit-instagram

social media ads

 

Social Media Advertising atau kerap disebut juga dengan Social Media Ads adalah perkembangan digital dalam dunia periklanan di Internet. Tidak banyak yang menduga bahwa Social Media Ads sangat berpengaruh pada perkembangan bisnis. Salah satu keunggulan dari memasang iklan di Internet yaitu dapat efektif menggunakan call to action atau CTA yang meningkatkan efisiensi pengguna dalam pencahariannya. Selain itu UGC atau User Generated Content menjadi minat masyarakat karena dapat melihat sebuah pembuktian maupun ulasan secara real time. Pada hakikatnya pembuatan Social Media Ads ini juga berpengaruh terhadap tingkah dan perilaku masyarakat yang sehari-hari berkecimpung pada dunia informasi. Maka dari itu, Social Media Ads memiliki kesempatan emas untuk mempromosikan bisnis Anda. 

 

Dari artikel sebelumnya dapat kita simpulkan bahwa pentingnya pengemasan iklan dalam dunia internet untuk sekarang. Online Advertising atau pengiklanan di dunia internet membantu menjangkau lebih banyak pengguna untuk menyebarluaskan produk atau brand sesuai dengan target marketnya. Namun tahukah kalian bahwa ternyata Online Advertising berbeda dengan Social Media Advertising? Dalam segi sifat kedua nya sama-masa memiliki tujuan untuk mempromosikan dalam bentuk periklanan. Namun Social Media Advertising adalah salah satu jenis Online Advertising yang memiliki orientasi dalam bentuk Sosial Media yang berbeda pengemasannya dari jenis-jenis iklan sebelumnya. 

 

Apa bedanya Online Advertising dengan Social Media Advertising?

Periklanan di Indonesia memiliki perkembangan seiring dengan berkembangnya zaman. Pernahkah Anda saat menggunakan Internet untuk melihat suatu situs melihat sebuah iklan yang terpampang? Atau Anda saat sedang scrolling Social Media menemukan iklan yang lewat di berAnda Anda? Ya betul, itu adalah salah satu jenis Online Advertising yang kita bahas di artikel sebelumnya. Online advertising dan Social Media Advertising merupakan sama-sama media periklanan yang ada di Internet. Keduanya sama-sama memiliki tujuan untuk mempromosikan brand ataupun produk dalam kanal Internet. Persamaan inilah yang dapat menjadikan peluang bagi Anda yang ingin mempromosikan produknya dalam lintasan Internet. Namun apa yang membedakan Online Advertising dengan Social Media Advertising?  

Social Media Advertising atau kerap diketahui dengan Social Media Ads merupakan salah satu jenis Online Ads. Social Media Ads adalah salah satu strategi pemasaran dalam periklanan yang dimuat dalam beberapa platform Social Media. Seperti yang kita ketahui penggunaan Social Media banyak diminati dan tengah marak dalam melancarkan beberapa campaign yang diikuti oleh beberapa trend viral. Hal inilah yang menjadikan para pebisnis sebagai pilihan untuk menggunakan Social Media Ads menjadi salah satu strategi pemasaran dalam meningkatkan perkembangan interaksi masyarakat terhadap Social Media. Terlebih Social Media memiliki parameter perhitungan strategi pada setiap interaksinya atau bisa disebut dengan Algoritma. Dengan adanya sistem algoritma, dapat memudahkan Anda untuk menemukan target market, sampai dengan perilaku yang akan dapat dianalisis dan dibaca oleh program. Social Media memiliki lingkup yang sangat luas, maka dari itu perlu Anda perhatikan lagi yang sesuai dengan tujuan maupun kebutuhan bisnis Anda. 

Macam-macam Social Media Ads yang dapat Anda gunakan 

Pemilihan Social Media Ads yang ingin Anda gunakan sangatlah penting, dikarenakan pilihan platform yang banyak belum tentu sesuai dengan keperluan bisnis Anda. Social Media Ads memanglah mumpuni untuk mendongkrak promosi, hal ini dikarenakan penggunaannya yang dapat dijangkau oleh semua lapisan orang. Pemakaian Social Media juga menjadi kebutuhan yang penting dalam mendapatkan informasi pada zaman ini. Berikut kami ulas lebih lengkapnya mengenai macam-macam Social Media Ads yang mungkin sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

1. Facebook Ads

Mungkin Anda sering melihat Facebook Ads, atau bahkan pernah beriklan di Facebook Ads. Berdasarkan studi eMarketer, hampir 96 persen social media marketer menganggap Facebook Ads sebagai pilihan berbayar paling efektif dari semua jaringan sosial karena jumlah pengguna Facebook yang sangat besar. Ada miliaran orang melihat iklan yang ada di Facebook mereka setiap bulannya. Dan orang menghabiskan hampir satu jam untuk mengakses Facebook setiap hari.

Anda dapat mempromosikan Page, posting di Page Anda, tindakan yang dilakukan pengguna (Contact Us, Book Now, dan lain sebagainya) atau mempromosikan website bisnis Anda sendiri dengan Facebook Ads. Facebook Ads cenderung lebih mirip iklan bergambar daripada iklan penelusuran karena pengguna Facebook cenderung untuk terhubung dengan teman mereka, bukan untuk mencari produk untuk dibeli. Meski demikian, Facebook Ads tetap bisa menjadi saluran pemasaran yang hebat untuk bisnis yang tepat.

Menariknya, Facebook Ads sudah memiliki pengaturan tujuan kampanye yang berbeda-beda sesuai dengan tujuan marketing Anda. Apakah Anda ingin membangun brand awareness, menyuruh user untuk mengunjungi toko Anda, meminta audiens untuk hadir ke event Anda dan sebagainya. Atau secara singkatnya, Facebook memecah tujuannya menjadi tiga tahap yang memetakan buyer’s journey pelanggan Anda yaitu awareness, consideration, dan conversion.

2. Instagram Ads 

Jenis iklan Display Ads yaitu iklan yang menyajikan dalam beberapa bentuk visual maupun teks. Penggunaan Display Ads, juga efektif dalam pemasangannya dikarenakan sifatnya yang luas dan menarik minat masyarakat. Karena pada dasarnya manusia adalah makhluk visual, maka dari itu iklan dalam bentuk Display Ads memudahkan dalam penyajiannya dikarenakan dapat disajikan dengan beberapa komponen dan perpaduan yang eye catching. Dalam pembagiannya sendiri display ads juga mempunyai beberapa jenis. 

  1. Banner Ads

Banner Ads atau sering dikenal dengan iklan banner yang memfokuskan pada perpaduan gambar maupun teks. Banner Ads seringkali kita temukan tanpa kita ketahui, baik dalam bentuknya yang kecil hingga besar pada setiap website ataupun laman yang bersileweran di laman Anda. Banner Ads bisa dikatakan efektif dikarenakan pemasangannya yang dapat dilihat dan dijangkau oleh semua orang. 

  1. Contextual Ads

Berbeda dengan Banner Ads yang dapat menjangkau lebih luas, Contextual Ads lebih oriented dalam pendistribusiannya. Contextual Ads lebih menitikberatkan pada saetiap penggolongan produk ataupun brand yang sesuai konteksnya ataupun berkorelasi. Misalnya produk minuman energi akan muncul pada laman olahraga yang penggunaannya sesuai dengan minuman energi. Bentuk dari Contextual Ads dapat berupa teks tulisan sampai dengan gambar bergerak. 

  1. Site Placement Ads

Site Placement Ads merupakan salah satu bentuk Banner Ads berupa gambar dan tulisan yang memiliki link tautan untuk mengarah pada link tautan penjualan dari suatu produk atau brand. Call To Action atau (CTA) menjadikan site placement dapat membawa audiens atau pengunjung lebih efisien terhadap iklan yang sedang berlangsung. 

  1. Remarketing

Remarketing adalah jenis iklan yang menonjolkan pada loyalitas terhadap pelanggan, bentuknya pun beragam mulai dari gambar, tulisan, link, pop up, sampai dengan email list. Hal ini beranggapan sebagai reminder terhadap pembelian yang pernah dibeli atau telah dipilih sebelumnya. Strategi marketing bisnis ini sudah banyak dilakukan untuk meningkatkan pembelian terhadap audiens. 

3. Twitter Ads 

Sudah tidak asing lagi mungkin bagi Anda untuk melihat Video Ads yang sering Anda lihat di platform Internet. Video Ads menghadirkan iklan yang dibalut video audio visual yang berbayar. tahukah Anda bahwa seiring berjalannya zaman, sekarang audio ads juga sedang marak dilakukan karena banyaknya podcast yang tengah menjadi trend sekarang. Video dan Audio Ads dalam internet juga berada di beberapa platform yaitu.

  1. Youtube Ads

Youtube Ads merupakan salah satu Video Ads yang dapat dijadikan pilihan karena performanya yang cukup bagus karena aplikasi yang sudah ternama. Youtube Ads dapat dikelola pada setiap iklan video konten. Video Ads juga memiliki durasi mulai dari 10 sampai 30 detik di setiap konten di Youtube. Bukan hanya ada disetiap video konten Youtube, Youtube Ads juga hadir di beberapa lama Youtube. Iklan yang telah terintegrasi ini juga lebih targeted dikarenakan platformnya yang sudah sesuai dan menunjang.

  1. Spotify Ads 

Tidak banyak yang tahu mengenai bahwa Online Ads juga memiliki jenis Audio Ads. Hal ini merupakan pembaharuan dari Ads Radio dan beralih pada platform music dan audio. Salah satu aplikasi ternama pada Music dan Audio adalah Spotify. Aplikasi pemutar hiburan musik dan entertainment yang tidak hanya menyajikan playlist pemutar musik namun juga menghadirkan beberapa podcast beberapa genre. Sekarang Spotify juga telah mengembangkan Ads yang dapat menjadi pilihan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Terlebih dunia podcast sedang naik daun dengan adanya penunjang platform yang cocok untuk memasang iklan.

4. LinkedIn Ads 

Native Ads adalah suatu Online Ads yang telah lama populer namun jarang sekali diketahui keberadaannya. Hal ini dikarenakan bentuk Native Ads yang tidak terlalu mencolok dibanding beberapa jenis Banner Ads lainnya. Biasanya Native Ads berbentuk tulisan maupun teks dan terkadang menggunakan gambar sederhana. Penggunaan iklan ini juga menonjolkan call to action pada setiap pemasangannya dikarenakan segmentasinya yang merupakan sebuah rekomendasi konten bersponsor. Detail dari iklan ini adalah aspek rekomendasi yang digabungkan pada beberapa konten yang disponsori dan memiliki tautannya tersendiri.

5. Line Ads

Social Media Ads adalah langkah alternatif untuk sekarang, dikarenakan penggunaan sosial media yang mempunyai peluang untuk mempromosikan sebuah iklan. Penempatan strategis juga menjadi salah satu alasan untuk membentuk strategi marketing untuk bisnis Anda dalam pembuatan iklan. Sosial Media juga memiliki banyak platform dengan latar belakang yang berbeda, bisa digunakan kesempatan untuk memperluas jangkauan yang sangat memungkinkan. 

Kelebihan lainnya menggunakan Social Media Ads adalah publikasi yang cepat dapat membuat iklan lebih efektif tersampaikan dan dapat bersaing. Terlebih kehidupan Social Media sangat cepat dan mudah untuk mempublikasi produk maupun bisnis Anda. Namun, Anda juga harus tepat dalam memilih segmentasi terhadap Social Media yang akan Anda pilih.

Social Media Ads juga dibagi menjadi beberapa jenis lagi yaitu:

  1. Facebook
  2. Instagram
  3. Tiktok
  4. Twitter
  5. Linkedin

 

Baca juga: Cara Mudah Membuat Facebook Ads Untuk Bisnis Anda

 

Penggunaan Social Media Ads dapat disesuaikan oleh kebutuhan bisnis Anda, jenis-jenis Social Media Ads ini dapat digunakan sebagai acuan ataupun petunjuk bagi Anda yang masih bingung memasang Ads yang sesuai dengan segmentasi Anda. Perbedaan maupun persamaan dari beberapa jenis Social Media Ads baik dalam bentuk visual, teks, audio sampai dengan video menjadi gambaran untuk membantu Anda memilih iklan yang tepat untuk brand ataupun produk Anda. 

 

Kami hadir untuk menjawab semua kebingungan Anda terhadap pemasangan iklan, Anda sudah tidak perlu repot untuk memilih yang cocok terhadap bisnis Anda. Solusi Anda untuk lebih praktis dalam memasang iklan, kami siap melayani segala kebutuhan Anda yang sesuai dengan keperluan bisnis Anda. Silahkan isi link berikut, tim kami akan menghubungi Anda secepatnya.