Branding adalah salah satu aspek yang paling penting dari setiap bisnis, besar atau kecil, B2C ataupun B2B. Di pasar yang semakin kompetitif, terutama saat ini, sebuah strategi brand (merek) yang efektif memberikan keunggulan besar untuk berkompetisi. Tapi, sebenarnya apa itu Branding? dan bagaimana hal itu mempengaruhi bisnis kecil seperti Anda?

Arti sederhana branding adalah, janji kepada pelanggan Anda. Menyampaikan kepada pelanggan apa yang mereka harap dan dapatkan dari produk atau jasa Anda, dan membedakan penawaran produk atau jasa Anda dengan pesaing lainnya.

Merek Anda berasal dari siapa Anda, ingin dikenal sebagai apa merek Anda dan bagaimana orang mengartikan merek Anda. Merek Anda harus didasarkan sampai batas tertentu pada siapa target pelanggan yang Anda butuhkan dan inginkan.

“Merek atau Brand akan memengaruhi perilaku konsumen dalam membeli. Itu sebabnya, brand penting bagi perusahaan, khususnya mereka yang sedang merintis bisnisnya,” ucap Kukuh Indra Prasena, Founder & Director Young Entrepreneur Academy.

Contoh studi kasus dari pentingnya Branding adalah pada Brand kopi Starbucks. Meskipun di luar sana banyak produk olahan kopi, produk milik Starbucks bisa bernilai berkali-kali lipat dibandingkan produk kopi lokal pada umumnya. Ini karena, Starbucks telah memiliki merek yang kuat dan dikenal oleh masyarakat dunia.

Jadi apakah Branding itu penting? Jawabannya adalah sangat penting, karena apa? Karena Brand menempel di Ingatan, Brand adalah aset, Brand dapat menggugah sisi emosional konsumen, Brand menciptakan totalitas pada layanan usaha, Brand memudahkan pelanggan menemukan bisnis kita, Brand menciptakan kepribadian, Brand memiliki kekuatan untuk menarik konsumen, Brand juga mempengaruhi perilaku pembelian.

Di ChubbyRawit, kami membantu usaha kecil dan menengah untuk menemukan identitas brand yang diinginkan. Hubungi kami segera, konsultan kami akan membantu Anda menemukan solusi terbaik untuk Brand Anda.