8 Tips Konten Social Media Menjelang Lebaran

Konten social media saat liburan

“Wah udah deket puasa dan lebaran nih! Iklan sirup mulai nongol di TV. Belum lagi di pusat perbelanjaan, isinya sirup sama biskuit kalengan!”

Sering ya mendengar kalimat diatas. Bahkan, bisa jadi meme-nya sudah banyak bertebaran di timeline social media Anda. Hal ini sudah menjadi semacam ‘tradisi’ di Indonesia dimana Ramadan dan Idul Fitri adalah dua perayaan yang meriah dan disambut antusias. Kalau sirup dan biskuit kaleng sudah sedemikian identik dengan bulan puasa dan lebaran di benak masyarakat, lantas bagaimana strategi produk atau bisnis lain untuk bisa sama suksesnya di momen liburan tersebut.

Anda bisa mengandalkan content marketing social media. Mengapa? Saat ramadan atau jelang libur lebaran terjadi perubahan pola konsumsi social media serta perilaku belanja. Berdasarkan data dari Google Insight tahun 2019 menyebutkan terjadi kenaikan untuk penelusuran seputar pakaian, perjalanan, makanan, dan kecantikan hingga 40 persen bila dibandingkan dengan hari dan bulan-bulan biasa.

Trend pencarian selama Ramadan - lebaran 2019

Jika melihat dari data tersebut, peluang yang sangat menarik untuk digarap bukan? Nah, agar Anda tidak ketinggalan dengan brand atau bisnis lainnya, ada baiknya Anda simak artikel berikut. 8 rekomendasi konten social media yang bisa Anda gunakan untuk mendongkrak penjualan atau menarik perhatian konsumen Anda saat ramadan dan lebaran. Apa saja?

#1 Konten Informasi Liburan

Saat liburan, terutama saat lebaran akan ada tradisi mudik yang dilakukan oleh sebagian besar orang. Dan ada banyak cara mudik yang dilakukan mulai dari perjalanan darat dengan mobil, kereta atau juga dengan pesawat. Mereka melewati perjalanan yang cukup panjang ini untuk melihat dan berkumpul bersama teman dan keluarga selama lebaran atau liburan. Oleh sebab itu, jadikan konten Anda di social media sebagai salah satu sumber informasi serta tips yang dapat membantu mereka untuk membuat rencana perjalanan dan liburan yang menyenangkan.

#2 Buat Promosi Liburan

Hari Raya di Indonesia baik Natal atau Idul Fitri adalah waktunya para pegawai menerima tunjangan hari raya atau THR sebagai kewajiban serta apresiasi dari perusahaan atas kinerja karyawan. Dengan adanya pembagian THR ini, otomatis menjadi sebuah peluang bagi bisnis atau brand untuk beramai-ramai meraih hati konsumen. Oleh sebab itu, liburan Hari Raya adalah waktu yang tepat untuk membuat audiens Anda tahu promosi apa yang Anda tawarkan. Pastikan untuk mempromosikan acara, diskon atau penawaran lainnya seperti Buy 1 Get 1 dan lain sebagainya di halaman social media Anda untuk memberi tahu audiens Anda dan membujuk mereka untuk membeli dengan cara Anda!

#3 Giveaway atau Kuis

Kuis atau giveaway masih menjadi salah satu cara yang bagus untuk membangun engagement dengan konsumen atau para pelanggan. Anda bisa membuat kuis dengan tema ‘Bagi-bagi THR’ seperti holiday photo challenge, atau berbagai kontes lainnya.

#4 Konten Tips dan Trik Tentang Liburan

Berbeda dengan ide konten nomor satu tentang konten informasi liburan. Konten ini lebih menitikberatkan pada berbagi tips dan trik yang terkait dengan bisnis atau brand sendiri. Sebagai contoh, bila bisnis Anda bergerak di industri bahan makanan, maka Anda bisa berbagi resep atau ide masakan untuk liburan. Bila bisnis Anda bergerak di industri otomotif, maka Anda bisa berbagi tips dan trik mudik atau liburan yang nyaman dengan mobil. Bisa dipastikan konten jenis ini akan menarik hati konsumen, bahkan mampu mendongkrak engagement karena konten ini relatable dengan apa yang mereka hadapi.  

#5 Membawa Semangat Lokal

Tradisi mudik yang kental membuat acara komunitas di kampung halaman menjadi momen yang sangat ditunggu. Selain itu, nostalgia tentang kuliner, kebiasaan, serta adat atau tradisi liburan di daerah juga menjadi konten yang menarik. Berbagi momen liburan ini juga akan membuat followers atau konsumen Anda juga bersemangat berbagi tentang kejadian di lingkungan mereka.

Untuk itu, Anda juga bisa menambahkan tagar untuk menjangkau komunitas Anda dan bergabung dengan percakapan. Gunakan tagar yang relevan dan menarik bagi pelanggan di daerah Anda. Jika akun bisnis Anda bersifat publik, setiap Instagram user yang mencari tagar yang Anda gunakan akan lebih mudah menemukan konten Instagram Anda. Jangan lupa aja followers Anda untuk berinteraksi dua arah sehingga menarik pengguna baru untuk mengikuti akun Anda.

#6 Season’s Greetings

Yang tidak boleh dilupakan saat liburan hari raya adalah posting ucapan Hari Raya. Tak hanya sekedar ucapan hari raya, di momen ini juga Anda bisa mengucapkan terima kasih atas dukungan followers atau konsumen Anda sepanjang tahun. Selain itu, untuk lebih terkesan humanis ucapkan harapan Anda agar konsumen atau followers Anda menikmati liburan yang menyenangkan bersama teman dan keluarga mereka.

#7 Konten Produk

Akun social media Anda adalah tempat yang sempurna untuk mempromosikan produk dan layanan Anda pada musim liburan hari raya ini. Anda dapat membagikan konten seperti showcase barang atau produk baru bisnis Anda yang bisa menjadi referensi konsumen untuk menjadikan produk Anda sebagai pilihan terbaik untuk mereka serta menjadi hadiah yang tepat untuk semua orang terdekat mereka.

View this post on Instagram

DISKON LEBARAN S.D 6 JUNI 2019, MOTE BAG jadi Rp197,940 Wah, udah siap-siap buat mudik lebaran ya? Jangan lupa bawa Collapsible Mote Bag MOFOMOFA dalam list bawaanmu ya! Selain bisa jadi boneka orangutan, kalau dibuka bisa jadi tote bag berukuran besar untuk shopping bag, diapers bag, atau picnic bag! And say good bye to plastic with Mofomofa Mote Bag. Love earth, love mofomofa! Tersedia dalam dua motif batik yaitu parang dan parang flowers. . Features : • 100% Polyester • Non alergic material • Size: 40.5 × 53.5 cm • Available in six characters #sayangorangutan #orangutans #asliindonesia #orangutanfreedom #mofomofaestafet #indonesia #oleholehindonesia #souvenirindonesia #saveorangutan #batik #batikindonesia #diskonlebaran

A post shared by Mofomofaestafet (@mofomofaestafet) on

#8 Foto Store

Anda bisa mengambil kesempatan untuk mendapatkan traffic offline ke toko atau store Anda dengan memamerkan bagian dalam toko Anda. Posting foto keren konsumen Anda dalam sebuah event di toko. Biasanya, brand atau bisnis dengan segmen middle hingga high end kerap memanfaatkan cara ini. Selain itu, Anda juga bisa memposting konten foto yang sangat spesifik untuk toko Anda, termasuk tentang penawaran terbaru di toko atau setting toko yang menarik dan Instagramable. Tak ada salahnya juga menggandeng influencer untuk melakukan Instagram Live atau Stories Take Over di toko untuk menarik konsumen datang langsung ke lokasi.

View this post on Instagram

now in our shops: SUMMER

A post shared by kate spade new york (@katespadeny) on

 

Ternyata tak sulit bukan mempersiapkan konten untuk liburan Hari Raya. Ada banyak rekomendasi konten yang bisa Anda lakukan atau eksekusi untuk social media bisnis Anda. Di sisi teknis, agar liburan Anda tidak terganggu, Anda dapat bekerja sama dengan Digital Marketing Agency, seprti ChubbyRawit untuk mengurus semua konten liburan Anda. ChubbyRawit yang akan selalu sigap membantu Anda dalam membuat strategi, eksekusi, monitoring dan evaluasi, reporting social media ads hingga menghitung ROI social media Anda. Tinggalkan kontak Anda pada halaman contact us, dan konsultan kami akan segera menghubungi untuk berdiskusi tentang solusi kebutuhan social media marketing Anda.