Online Presence
Posted in

7 Langkah Yang Harus Dilakukan Setelah Membuat Website

instagram-editorial-calendar

membangun-website

Mungkin Anda sudah tahu manfaat membuat website bagi bisnis. ChubbyRawit juga pernah mengulas tentang pentingnya membuat website bagi bisnis pada artikel sebelumnya. Setelah Anda tahu betapa besar manfaatnya, Anda tergerak untuk membuat website. Website bisnis Anda pun telah selesai dibuat. Lantas, setelah website Anda jadi, apa yang harus dilakukan selanjutnya?

Apakah hanya dengan membuat website, pekerjaan Anda sudah selesai?

Tentu saja belum.

Keberadaan website yang hanya sekedar ada di internet tidaklah cukup. Akan ada pertanyaan selanjutnya, bagaimana audiens Anda menemukan situs Anda? Apakah mereka tahu website Anda ada?

Untuk dapat menjawab pertanyaan ini, secara otomatis Anda harus memberitahu orang-orang bahwa website Anda aktif dan membuatnya mudah ditemukan. 

Nah, jika Anda ingin website Anda mudah ditemukan orang maka Anda memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Apa saja? Inilah langkah-langkah yang harus dilakukan setelah membuat website bisnis. 

1. Melakukan Riset Keyword

Pencarian dan email adalah dua aktivitas paling umum dilakukan di internet. Dan aktivitas pencarian informasi online ini menggunakan mesin pencari seperti Google, Bing, DuckDuckGo dan sebagainya. Sebagai pebisnis atau pemilik brand, Anda pasti ingin orang yang mencari topik yang relevan untuk menemukan website Anda.

Misalnya, Anda membuat website tentang produk herbal, maka Anda ingin orang yang mencari herbal dan khasiatnya untuk dapat menemukan website Anda. Tetapi bagaimana Anda tahu apa yang orang cari?

Anda dapat mulai dengan menggunakan keyword research tool seperti UberSuggest, Keyword.io, Secockpit. Gunakan keyword research tool gratis ini untuk melihat keyword apa saja yang dicari orang di mesin pencari.

Keyword research tool juga akan memberitahu Anda volume pencarian setiap keyword. Keyword dengan volume pencarian tinggi setiap bulannya adalah keyword terbaik untuk digunakan dalam konten website Anda agar menarik traffic organik. 

Gunakan hasil keyword research Anda untuk menginspirasi pembuatan konten baru. Memasukkan keyword ke dalam konten website Anda termasuk alt text pada gambar, judul halaman, dan meta description akan membantu audiens untuk menemukan website Anda dan imbasnya tentu saja meningkatkan traffic website Anda.

2. Mempersiapkan Google Analytics 

Jika ingin tahu berapa banyak orang yang mengakses dan engage dengan website Anda, gunakan Google Analytics. Google Analytics adalah alat gratis dan relatif mudah untuk menginstalnya di website Anda. Anda dapat menggunakan Google Analytics untuk beberapa kebutuhan sekaligus, diantaranya:

  • Melacak berapa banyak orang yang mengakses website Anda
  • Berapa lama mereka mengunjungi website
  • Berapa banyak halaman yang mereka kunjungi dalam periode waktu tertentu
  • Menghitung ROI
  • Mengukur traffic dari social media
  • Membandingkan data setiap bulan
  • Membuat laporan khusus

Keberadaan Google Analytics dapat membantu memahami lebih banyak tentang audiens Anda dan bagaimana mereka menggunakan website Anda. Anda dapat menggunakan data ini untuk menginformasikan konten baru dan menghasilkan lebih banyak konversi seperti misalnya apakah Anda ingin orang membaca blog, registrasi untuk buletin, atau melakukan pembelian. Dengan Google Analytics akan membantu kesuksesan website Anda.

3. Mengoptimalkan SEO Website 

SEO (search engine optimization) atau optimisasi mesin pencari, sangat penting untuk kesuksesan website Anda, terutama jika Anda tidak ingin membayar untuk digital ads. Mulailah dengan memasukkan keyword ke dalam judul page, header, URL, teks alt gambar, dan meta deskripsi.

Baca Juga Ini Dia Teknik-Teknik Optimasi SEO yang Wajib Anda Tahu!

Selain hal tersebut, Anda mungkin juga ingin memastikan host website Anda tidak memperlambat kinerja website. Untuk itu, temukan hosting website yang andal untuk meningkatkan kecepatan memuat halaman Anda dan mendapatkan lebih banyak traffic pencarian organik.

4. Dapatkan Traffic Organik dari Social Media

Gunakan social media untuk mendapat perhatian! Ya, Anda bisa mendapatkan promosi gratis website Anda di platform media sosial populer seperti Twitter, Instagram, Facebook, Pinterest, dan LinkedIn.

Namun, pastikan platform yang dipilih adalah platform yang paling populer dengan audiens Anda. Mulai posting blog Anda secara teratur tentang topik tertentu pada akun social media untuk menghasilkan lebih banyak traffic ke website Anda secara gratis.

Baca Juga Website vs Social Media, Mana yang Lebih Baik?

5. Monitor Progress Website

Sebaiknya pantau kemajuan website Anda secara berkala. Periksa Google Analytics minimal satu kali dalam seminggu untuk memastikan orang masih menemukan website Anda. Selain itu, waspadai penurunan atau lonjakan traffic website secara mendadak karena ini bisa saja terjadi sesuatu di website Anda yang tidak dapat dilacak dengan benar.

Lalu bandingkan kinerja website Anda secara mingguan atau bulanan dengan minggu atau bulan sebelumnya. Analisis bagaimana orang-orang sampai ke situs Anda? Di halaman mana mereka mendarat dan di halaman mana mereka keluar dari website? Gunakan informasi ini untuk meningkatkan kinerja website Anda.

Jika pengunjung datang ke website Anda melalui Instagram, optimalkan akun Instagram dan bawa lebih banyak pengguna Instagram Anda ke website Anda. Jika bounce rate website Anda tinggi, tinjau homepage Anda.

Apakah sulit dinavigasi? Yang pasti, selalu memonitor progress website akan membantu dalam meningkatkan kinerja website Anda dan menjaga untuk tetap relevan dengan audiens Anda.

6. Memperbarui Konten Website Secara Konsisten 

Tahukah Anda bila search engine mengapresiasi website yang aktif dengan peringkat pencarian yang lebih tinggi?

Dengan membarui konten situs Anda secara teratur dan konsisten, maka mesin pencari akan menganggap website Anda aktif. Dengan berdasarkan alasan ini, banyak perusahaan fokus pada content marketing untuk menarik traffic pada website. Dan dengan blogging dapat membantu Anda mendapatkan 97% lebih banyak tautan ke website Anda.

Content marketing memungkinkan Anda menjangkau orang melalui pencarian organik diantara 200 juta orang di seluruh dunia yang menggunakan ads blocker. Dengan konten berkualitas tinggi yang dioptimalkan dengan keyword, Anda tidak perlu membayar iklan berbiaya mahal untuk mengarahkan orang ke website Anda.

Baca Juga 5 Strategi Penulisan Konten Marketing yang Menarik Leads

7. Email Marketing

Mungkin Anda menganggap email marketing remeh. Tapi faktanya, email marketing tetap merupakan alat penting untuk mengarahkan konversi dimana sebanyak 59% B2B marketer mengklaim email marketing sebagai alat penghasil pendapatan paling efektif.

Apalagi dengan penggunaan email yang diperkirakan akan mencapai 3 miliar pengguna di tahun ini, setidaknya Anda memiliki ratusan hingga jutaan orang untuk dikirimi email dengan informasi tentang website Anda. 

Untuk membangun database email audiens, Anda bisa membuat dengan formulir subscribe di website Anda. Selanjutnya, kirim nawala bulanan kepada subscriber Anda untuk membuat mereka kembali ke website Anda untuk mendapatkan konten yang fresh. Anda juga dapat membuat konten seperti infografis atau e-book untuk menghasilkan lebih banyak subscriber.

Well, ternyata memiliki website tak semudah yang dikira ya.

Ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan setelah membuat website Anda. Jadi, bukan hanya sekedar membuat website lantas berhenti begitu saja. Jangan biarkan website baru Anda diam saja di internet. Rebut perhatian miliaran orang di internet mulai hari ini dengan cara diatas dan buat website Anda sukses besar! Imbasnya tentu saja bisnis Anda juga semakin membesar. 

Baca Juga Mengapa Bisnis Harus Memiliki Website? Pentingkah? [Updated: 2020]

Bingung mau mulai dari mana?

ChubbyRawit siap membantu Anda. ChubbyRawit adalah digital marketing agency berlokasi di Jakarta yang akan membantu Anda dalam meningkatkan performa bisnis dengan meningkatkan traffic dan membangun keterlibatan konsumen secara online.

Ceritakan kebutuhan dan persoalan Anda dengan meninggalkan kontak Anda pada formulir di bawah ini, dan konsultan kami akan segera menghubungi untuk berdiskusi tentang solusi kebutuhan website dan content marketing Anda.